SELEBRITI
8 Oktober 2019

Ardina Rasti Gelar Tedhak Siten untuk Anak Pertamanya, Ketahui Perkembangan Bayi 7 Bulan

Si Kecil sudah merasakan kecemasan jika Moms sedang tidak bersamanya, atau hendak ditinggal bersama pengasuh

Sumber: instagram.com/fairus_iloet

Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Pasangan Ardina Rasti dan Arie Dwi Andhika baru saja menggelar upacara tedhak siten yang digelar pada Senin (22/7) kemarin.

Upacara tedhak siten itu diadakan di Pendopo Kemang Kafe, Jakarta Selatan, dengan mengundang tak hanya anggota keluarga, tetapi juga kerabat dari pihak Ardina dan Arie.

Tedhak siten adalah upacara yang digelar ketika seorang anak telah berusia 7 bulan. Berasal dari kata tedhak yang berarti "melangkah", dan "siten" berasal dari kata siti yang artinya "tanah/bumi".

Sehingga, jika digabungkan, tedhak siten memiliki makna "melangkah di bumi".

Di usia 7 bulan, Si Kecil sudah mulai memiliki perkembangan tubuh yang membuat ia akan menjadi bayi yang lebih mandiri.

Si Kecil sudah mulai bisa duduk, meraih mainan dan benda yang diinginkan, dan mungkin juga sudah siap-siap merangkak.

Namun, jangan terlalu khawatir bila Moms merasa Si Kecil tampak masih belum bisa melakukan beberapa hal di masa perkembangan 7 bulan.

“Tidak semua anak melakukan hal-hal pada saat yang sama atau sesuai dengan grafik tonggak bayi yang mungkin dimiliki orang tua,” kata Carrie Brown, MD, dokter anak di Rumah Sakit Anak Arkansas di Little Rock, Arkansas, mengutip The Bump.

Ia menambahkan, “Alasan terbesar untuk khawatir adalah jika Anda merasa anak tidak membuat kemajuan menuju keterampilan baru. Maka, Anda harus berbicara dengan dokter dan melihat apakah kekhawatiran terhadap tumbuh kembang bayi memang ada."

Berikut ini perkembangan bayi 7 bulan yang bisa mulai Moms perhatikan, apakah tonggak pencapaian tumbuh kembangnya sudah sesuai?

Baca Juga: Ini Tanda-Tanda Moms Perlu Mengkhawatirkan Perkembangan Bayi

Perkembangan Bayi 7 Bulan: Komunikasi

berbicara dengan bayi

Dilansir dari American Pregnancy Association, First Year Development: Infant Development, anak usia 7 bulan juga sudah mulai mengerti arti bahasa. Bayi harus merespons ketika Moms mengatakan "tidak," meskipun bayi pada usia ini tidak selalu mengikuti perintah itu.

Selain itu, pastikan bahwa Si Kecil juga memberikan respons, setidaknya pergantian kepala, setiap kali Moms mengucapkan nama bayi.

Pada tujuh bulan, bayi mulai ahli dalam komunikasi nonverbal. Mereka dapat membuat berbagai ekspresi dengan wajah mereka, seperti senyum lebar atau cemberut.

Mereka juga sudah mulai bisa memahami bagaimana perasaan Moms dengan nada suara dan ekspresi wajah yang diberikan oleh orang tuanya.

Bayi juga harus bisa berkomunikasi secara vokal dengan membuat banyak suara yang berbeda, seperti suara saat ia tertawa, meniup gelembung, dan mengoceh konsonan tertentu seperti "da-da-da".

Perkembangan Bayi 7 Bulan: Keterampilan Motorik

perkembangan bayi berjalan

Anak berusia tujuh bulan sudah mulai belajar untuk berkeliling di lingkungan sekitarnya, meskipun tidak semua bayi melakukannya dengan cara yang sama.

Seorang bayi dapat merangkak, berlari, berguling, merangkak, atau menggabungkan keempat gerakan tersebut. Moms dapat mendorong prosesnya ini dengan menempatkan mainan di luar jangkauan Si Kecil.

Pastikan bayi aman saat berkeliling dengan menyimpan mainan atau benda lain yang berisi potongan kecil atau benda-benda yang bisa membahayakan keamanan Si Kecil.

Karena bayi sekarang dapat duduk tanpa bantuan dan meraih serta mengambil mainan, Moms bisa mengajak Si Kecil untuk bermain dengan lebih mandiri.

Bayi juga sudah mampu memegang dan minum dari cangkir, dan mungkin makan dari sendok, sehingga ia juga lebih mandiri saat waktu makan.

Si Kecil yang berusia 7 bulan seharusnya sudah punya otot kaki yang cukup kuat untuk menahan tubuhnya. Latih keterampilan ini untuk memperkuat otot-otot kaki dan membantu Si Kecil bersiap untuk berjalan.

Baca Juga: Ratna Galih Bawa Bayi Kembar Usia 2 Minggunya ke Mal, Ini Panduan Jalan-jalan dengan Bayi Baru Lahir

Perkembangan Bayi 7 Bulan: Makan

anak makan

Anak yang berusia 7 bulan seharusnya sudah mulai makan makanan padat. Sekarang Moms bisa memperkenalkan makanan yang lebih enak, seperti buah dan sayuran yang ditumbuk.

Menambahkan makanan dengan tekstur yang lebih tebal akan membantu bayi menyesuaikan diri dengan tekstur baru dan belajar cara mengunyah.

Setiap kali Moms memperkenalkan makanan baru, tunggu beberapa hari sebelum mencoba makanan yang lain dan perhatikan tanda-tanda alergi seperti diare, muntah, ruam, terhadap makanan tertentu.

Perkembangan Bayi 7 Bulan: Tumbuh Gigi

bayi tumbuh gigi

Antara bulan kelima dan ketujuh, Moms akan melihat adanya tunas gigi kecil pertama muncul dari gusi Si Kecil. Dampaknya, ia akan lebih banyak ngiler dan mungkin bayi lebih rewel dari biasanya karena proses tumbuh gigi ini.

Setelah beberapa gigi pertama muncul, Moms bisa menyikat gigi Si Kecil dengan sikat gigi khusus bayi yang lembut dengan air serta pasta gigi seukuran butir.

Namun, jangan khawatir jika bayi usia 7 bulan masih belum memiliki gigi. Pola tumbuh gigi seorang anak sangat bervariasi.

Beberapa bayi mulai tumbuh gigi di usia yang masih awal, sementara bayi lainnya tidak mengalami pertumbuhan gigi sampai usia di atas 1 tahun.

Baca Juga: Hamil Anak Pertama, Shandy Aulia Pilih Babymoon di Bali

Perkembangan Bayi 7 Bulan: Emosi

anak menangis

Di usia 7 bulan, bayi sudah mengerti bahwa ketika seseorang tidak terlihat di hadapannya, wujud orang tersebut tidak menghilang dari pikirannya. Ini yang membuat Si Kecil tak lagi terkejut dengan candaan "cilukba".

Di usia ini juga, bayi mungkin mulai mengalami kecemasan perpisahan. Ia akana menangis dan melekat pada Moms setiap kali Moms mencoba pergi. Ia juga bisa menolak ditinggalkan dengan pengasuh bayi.

Namun, jangan merasa bersalah tiap kali meninggalkan anak, karena Si Kecil kemungkinan akan berhenti menangis beberapa menit setelah Moms pergi.

Artikel Terkait