BAYI
27 Februari 2020

Kenapa Aroma Bayi Baru Lahir Sangat Khas?

Ternyata begini penjelasannya, Moms
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Selain menggemaskan, bayi baru lahir memiliki aroma khas yang sangat enak dan membuat ketagihan. Hal ini bahkan sering kali membuat para Moms ingin terus memeluk Si Kecil agar bisa berlama-lama mencium aromanya.

Ada sesuatu yang tidak bisa Moms gambarkan, rasanya seperti kecanduan. Benar bukan, Moms? Tetapi, apa ya yang menyebabkan aroma bayi baru lahir sangat khas?

Penyebabnya Tidak Diketahui Secara Pasti

Kenapa Aroma Bayi Baru Lahir Sangat Khas? 1

Foto: pixabay.com

Tidak ada jawaban pasti mengapa bayi baru lahir bisa memiliki aroma yang sangat khas, tetapi para ilmuwan memiliki beberapa dugaan kuat. “Salah satu teorinya adalah bahwa aroma itu berasal dari bahan kimia yang dikeluarkan dari kelenjar keringat bayi,” kata George Preti, PhD, seorang ahli kimia analitik di Monell Chemical Senses Center, seperti dikutip dari Women’s Health.

Menurut Dr. Preti, aroma itu hanya bertahan sekitar enam minggu, karena metabolisme bayi berubah ketika mereka mulai makan dan minum sendiri, alih-alih mendapatkan makanan melalui tali pusar seperti saat berada di dalam rahim.

“Teori lain adalah bahwa aromanya berasal dari vernix caseosa, yang merupakan zat mirip keju putih yang melapisi kulit bayi baru lahir, tepat setelah ia hadir ke dunia. Biasanya vernix dibersihkan, tetapi aromanya dapat terus melekat pada rambut dan kulit bayi,” kata Dr. Preti.

Baca Juga: Manfaat Tes Glukosa Pada Bayi Baru Lahir

Setiap Bayi Baru Lahir Memiliki Aroma Yang Berbeda

Kenapa Aroma Bayi Baru Lahir Sangat Khas? 2

Foto: pexels.com

Sebuah tim peneliti yang terdiri dari para profesor dan peneliti dari Hamamatsu University of Medicine, Iwate University, Tsukuba University, dan Kobe University di Jepang mempelajari susunan kimiawi aroma kepala bayi beserta dampaknya pada orang-orang di sekitar mereka.

Dalam penelitian yang diterbitkan di Scientific Reports tersebut mereka mengambil sampel aroma dari kepala 5 bayi dan menemukan 37 komponen bau yang berbeda. Mereka juga menemukan bahwa bayi yang berbeda memiliki aroma yang berbeda, terutama ketika mereka pertama kali dilahirkan.

Dengan kata lain, setiap bayi lahir dengan aroma khas mereka sendiri dan ini diduga dapat membantu orang tua mengidentifikasi dan memperkuat ikatan dengan mereka.

Lebih lanjut, para ilmuwan menguji apakah orang bisa mengidentifikasi aroma bayi tertentu dari sejumlah aroma lain. Hasilnya, dalam 70% kasus, para peserta dapat mengidentifikasinya. Tingkat keberhasilan dinilai jauh lebih tinggi pada orang tua sang bayi.

Baca Juga: Mengapa Tebal Rambut Bayi yang Baru Lahir Berbeda-Beda?

Aroma Bayi Baru Lahir Memiliki Manfaat Tersembunyi

Kenapa Aroma Bayi Baru Lahir Sangat Khas? 3

Foto: unsplash.com

Ternyata, aroma yang sangat khas dari bayi baru lahir memiliki manfaat tersembunyi yang salah satunya berkaitan dengan bonding atau ikatan orang tua-bayi.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Psychology pada tahun 2013, ada bukti yang menunjukkan bahwa aroma bayi yang baru lahir dapat mempengaruhi bagian otak tertentu pada wanita.

Para perempuan yang menjadi partisipan dalam penelitian tersebut dihadapkan dengan aroma bayi baru lahir dan semua menunjukkan aktivitas di bagian otak yang terkait dengan ‘sistem penghargaan’. Di mana para wanita yang baru saja melahirkan menunjukkan aktivitas otak yang lebih tinggi di ‘pusat kesenangan’.

Para peneliti percaya aroma bayi bertindak sebagai perangsang untuk membuat para ibu merasakan kesenangan ketika merawat buah hatinya yang baru lahir, sehingga meningkatkan perawatan bayi, dan membantu mengimbangi kelelahan serta kerja keras dalam mengasuh bayi.

Baca Juga: Bayi Kuning Saat Baru Lahir? Ini Penyebab dan Cara Merawatnya

Sementara para peneliti dari Universitas Oxford mengungkapkan bahwa secara biologis bayi bergantung pada kombinasi sifat untuk memperoleh respons pemberian perawatan pada orang dewasa. Hal ini termasuk memiliki mata yang besar, pipi chubby, ocehan menggemaskan, dan tentunya aromanya yang sangat khas.

“Bayi menarik semua indera kita, yang membantu menjadikan kelucuannya sebagai salah satu kekuatan paling mendasar dan kuat yang membentuk perilaku kita,” kata Morten Kringelbach, salah seorang peneliti, sebagaimana dikutip dari Mamamia.com.au.

Meskipun belum diketahui secara pasti mengapa aroma bayi baru lahir bisa sangat khas, setidaknya sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa manfaatnya sangat luar biasa, khususnya terkait ikatan Moms dan bayi. Jadi, sudahkah Moms mencium aroma Si Kecil hari ini?

Artikel Terkait