KESEHATAN
13 Juni 2020

5 Aroma yang Bisa Bikin Kita Lebih Bahagia

Mencium aroma tertentu ternyata dapat membuat perasaan lebih bahagia. Apa saja?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms, terkadang rasa bahagia itu memang harus dicari dan bukan muncul dengan sendirinya.

Semua dilakukan semata-mata untuk menjaga kesehatan diri sendiri juga, karena kalau terlalu lama bersedih bisa berujung pada stres yang hanya merugikan. Banyak hal yang bisa bikin bahagia.

Menurut studi dari Psychological Science, memiliki percakapan yang bermakna dengan orang lain bisa bikin bahagia.

Dilansir dari The Arts in Psychotherapy, mendengarkan musik juga dipercaya dapat membuat perasaan seseorang lebih bahagia.

Banyak juga anggapan yang bilang ketika menghirup aroma tertentu bisa bikin bahagia. Benarkah?

Hubungan Aroma dengan Perasaan Bahagia

aroma yang bikin bahagia-1.jpg

Foto: labmanager.com

Faktanya, memang ada hubungannya menghirup aroma tertentu dengan perasaan bahagia yang ditimbulkan setelahnya.

Hal ini sebagian besar akan lebih sensitif dengan segala yang berkaitan dengan sensoris, seperti bau, sentuhan, dan suara.

Studi dari jurnal Chemical Senses, aroma bisa berasal dari wewangian atau apa pun yang berada di sekitar kita dapat memunculkan perasaan lebih bahagia, mampu meredakan stres, dan membuat badan lebih rileks.

Namun, semua ini tergantung pada aroma yang kita cium, Moms. Contohnya saja, aroma vanilla dianggap sebagai aroma yang membahagiakan dan kerap dijadikan untuk relaksasi.

Jenis Aroma yang Bisa Bikin Bahagia

Selain aroma parfum yang dapat membuat Moms bahagia, ternyata ada beberapa jenis aroma lainnya yang dapat memunculkan perasaan bahagia, yaitu:

1. Rumput yang Baru Dipotong

start-lawn-care-landscaping-business.jpg

Foto: entrepreneur.com

Moms suka berkebun atau bermain di alam terbuka? Nah, tahukah bahwa aroma rumput yang baru dipotong dapat membuat perasaan lebih bahagia.

Ternyata, bahan kimia yang dilepaskan oleh rumput yang baru dipotong bisa bikin seseorang lebih santai dan lebih merasakan sukacita.

Aromanya yang sangat kuat juga disebut mampu mencegah penurunan mental seiring bertambahnya usia.

2. Peppermint

aroma yang bikin bahagia-3.jpg

Foto: webmd.com

Pernahkah Moms minum teh peppermint? Pasti rasanya sangat menyegarkan, bukan?

Faktanya, daun peppermint memang dikenal dengan kemampuannya untuk meningkatkan suasana hati dan merangsang pikiran juga tubuh.

Penelitian dari Journal of the International Society of Sports Nutrition mengungkapkan, atlet yang mencium peppermint menunjukkan peningkatan kinerja atletik dan pernapasan lebih baik.

Hal ini membuktikan peppermint bisa bikin lebih bahagia, ya, Moms.

3. Bedak Bayi

aroma yang bikin bahagia-4.jpg

Foto: babycenter.com

Bedak bayi mengingatkan kita tentang kenyamanan saat masih anak-anak dan bisa juga memunculkan kenangan tentang kebahagiaan saat memiliki anak-anak kita.

Untuk itu, bedak bayi juga bisa menjadi aroma yang membuat perasaan lebih bahagia.

4. Sunscreen

aroma yang bikin bahagia-5.png

Foto: goodhousekeeping.com

Sunscreen atau tabir surya nyatanya dapat mengingatkan Moms tentang pantai yang cerah dan liburan tropis.

Efek positif dari aroma ini berhubungan dengan waktu liburan yang bebas stres, sehingga Moms bisa menjadi lebih bahagia setelah menciumnya.

5. Aroma Pasangan

aroma yang bikin bahagia-6.jpg

Foto: eharmony.co.uk

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menyebutkan, aroma pasangan dapat membantu menurunkan tingkat stres dan membuat perasaan lebih bahagia, bahkan tanpa kehadirannya secara fisik.

Studi ini menjelaskan kalau dengan mencium aroma kemeja atau baju pasangan atau tidur di sisi tempat tidur mereka saat pasangan tidak ada, bisa menimbulkan perasaan yang bahagia. Hal ini biasanya dilakukan oleh wanita. Lalu, bagaimana dengan pria?

“Biasanya reaksi pria mungkin tidak akan mengenakan kemeja pasangannya, tapi tetap bisa untuk tidur di samping tempat tidurnya atau mencium barang-barang lainnya milik pasangan untuk menimbulkan perasaan bahagia,” ucap Marlise Hofer, mahasiswa PhD di UBC Department of Psychology.

Jadi, aroma mana yang paling menjadi favorit Moms?

Artikel Terkait