KESEHATAN
26 Juni 2019

Arswendo Atmowiloto Menderita Kanker Prostat, Ketahui Penyebab dan Gejalanya

Bisa menimbulkan masalah pada organ reproduksi pria
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Kanker memang menyerang siapa saja tanpa pandang bulu. Saat ini seniman Arswendo Atmowiloto, dikabarkan tengah melawan kanker prostat. Hal ini diketahui dari unggahan beberapa kerabat dekat Arswendo, salah satunya Rudolf Puspa.

Melalu akun media sosial Twitter, Rudolf memberitahukan pada publik, bahwa temannya tengah melawan kanker prostat 2 bulan ini.

“Arswendo dua bulan ini terkena kanker prostat. Sudah dua kali dioperasi. Kondisinya tadi pagi 23 Juni, drop lalu dibawa dengan ambulans ke RS Pertamina. Mohon doanya," tulis Rudolf seperti dikutip dari CNN Indonesia.

Penyakit kanker memang penyakit berbahaya yang tidak boleh dianggap sepele dan harus segera di tangani. Mungkin kita sudah sering mendengar penyakit kanker payudara, tetapi bagaimana dengan kanker prostat? Yuk kita cari tahu lebih lanjut.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini 3 Perbedaan Tumor Payudara dan Kanker Payudara

Apa Itu Kanker Prostat?

kanker prostat

Kanker prostat adalah kanker yang terjadi pada prostat, kelenjar kecil yang berbentuk mirip kenari pada pria. Kelanjar ini terletak pada bagian dasar kandung kemih, dan bertugas membawa urine dari kandung kemih ke alat kelamin pria.

Selain itu, kelenjar prostat juga berfungsi menghasilkan cairan mani, cairan yang dikeluarkan bersama sperma saat pria ejakulasi.

Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling umum pada pria. Biasanya kanker prostat tumbuh lambat dan pada awalnya terbatas pada kelenjar prostat.

"Kanker prostat lebih umum merupakan penyakit yang diderita oleh pria," kata Shea Connell, pemimpin penelitian di Universitas East Anglia dan Rumah Sakit Universitas Norfolk.

Meskipun beberapa jenis kanker prostat tumbuh lambat dan mungkin membutuhkan perawatan yang tidak begitu intensif atau bahkan tidak sama sekali, ada juga jenis-jenis lain yang sifatnya lebih agresif dan dapat menyebar dengan cepat.

Baca Juga: 9 Faktor Risiko Kanker Payudara, Apakah Moms Memilikinya?

Penyebab Kanker Prostat

kanker prostat

Kanker prostat bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya:

  • Usia, tidak dapat dipungkiri, rsiko kanker prostat akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia kita.
  • Ras, Fakta menunjukkan pria kulit hitam memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat daripada pria dari ras lain.

Pada pria kulit hitam, kanker prostat juga lebih cenderung menjadi agresif dan berkembang lebih ganas.

"Kanker prostat tidak buta warna," kata Dr. Ruth Etzioni, ahli biostatistik Fred Hutch yang mempelajari perbedaan rasial dan skrining pada kanker prostat dan kanker lainnya. “Ini adalah salah satu perbedaan paling dramatis dalam kanker," lanjutnya.

  • Sejarah Keluarga, jika pria dalam keluarga Moms ada yang pernah menderita kanker prostat, risiko terjadinya kanker ini mungkin semakin besar.

Juga, bila Moms memiliki riwayat keluarga dengan gen pernah menderita kanker payudara atau riwayat keluarga yang sangat kuat akan kanker payudara, risiko kanker prostat juga akan lebih tinggi.

  • Obesitas, pria gemuk yang didiagnosis dengan kanker prostat mungkin lebih cenderung memiliki penyakit lanjut yang lebih sulit untuk diobati.

Baca Juga: Gejala Awal Kanker Serviks yang Sering Diabaikan dan Pengobatannya

Gejala Kanker Prostat

kanker prostat

Mengutip dari Mayo Clinic, bagi pria yang menderita penyakit kanker prostat, penyakit ini tidak akan menimbulkan gejala apa pun pada tahap awal.

Namun jika kanker makin membesar atau kelenjar prostat mengalami peradangan, penderita akan merasakan beberapa gejala berupa gangguan buang air kecil, darah dalam air mani yang dikeluarkan, merasa tidak nyaman di daerah panggul, sakit tulang, dan disfungsi ereksi.

Menurut Dr. Niels Johnsen, urolog dari UW Medicine, masalah yang timbul pada fungsi seksual umum terjadi setelah perawatan untuk kanker prostat. Baik pembedahan maupun radiasi dapat memiliki efek berbahaya pada saraf, pembuluh darah, dan jaringan di penis yang diperlukan untuk ereksi.

"Penting untuk mengetahui bahwa ada banyak opsi untuk melakukan penyembuhan,” kata Dr. Johnsen.

Sangat berbahaya kan Moms kanker prostat itu? Makanya selalu jaga kesehatan diri kita, agar terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya.

Artikel Terkait