RUPA-RUPA
26 Oktober 2020

12 Arti Mimpi Buaya, Apakah Artinya Pertanda Buruk?

Apakah sosok buaya dan arti mimpinya sama-sama bikin ngeri?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Daftar isi artikel

Apa yang pertama kali terlintas di pikiran Moms saat mendengar kata buaya? Mungkin sebagian besar bakal menjawab mengerikan hingga agresif dan mengancam nyawa.

Taring yang tajam serta kulit yang kasar membuat buaya banyak ditakuti karena dianggap berbahaya. Namun, bagaimana jika sosok buaya hadir di dalam mimpi? Apakah arti mimpi buaya ini bisa ditafsirkan sebagai sesuatu yang bersifat negatif?

Arti Mimpi Buaya

photo-1524697958400-63970dc9e178.jpg

Foto: unsplash.com

Moncongnya yang menakutkan bisa dibilang merupakan ciri buaya yang paling menonjol. Rahang buaya yang kuat dengan gigi tajam seperti pisau bisa dengan mudah mencabik dan menghancurkan mangsanya.

Fakta ini ternyata bisa merupakan sebuah kiasan yang benar dalam mimpi, di mana arti mimpi buaya bisa terkait dengan gaya komunikasi yang tidak baik.

Hal ini diungkapkan analis mimpi profesional dan penulis buku, Lauri Quinn Loewenberg, kepada The Cut.

“Panjang mulut buaya hampir setengah dari keseluruhan tubuhnya. Oleh karena itu, buaya paling sering mewakili seseorang yang memiliki mulut besar. Dan biasanya dari mulut besar itu keluar komentar tajam, kritik, atau kata-kata yang menyakitkan,” jelas Loewenberg.

Jadi pada dasarnya arti mimpi buaya mungkin mewakili seseorang yang kita tidak suka. Namun hal ini tak melulu soal orang lain, bisa jadi sosok "buaya" tersebut adalah diri kita sendiri. Untuk itu, mulailah dengan introspeksi saat menafsirkan simbolisme mimpi.

"Jika arti mimpi buaya ini bukan soal Anda, apakah ancaman dari buaya ini mungkin menyerupai hubungan dengan rekan kerja, pasangan, atau seseorang yang Anda tangani secara langsung?" ujar Loewenberg.

Meski begitu, arti mimpi buaya terlalu luas untuk ditafsirkan dalam satu makna. Karena kondisi mimpi yang berbeda memiliki simbol dan arti yang berbeda pula. Seperti contohnya 10 keadaan mimpi berikut ini.

Baca Juga: Mimpi Tentang Orang Meninggal? Ternyata Ini 18 Artinya!

1. Arti Mimpi Buaya Berukuran Besar

photo-1557174361-f19736f5ca44.jpg

Foto: unsplash.com

Ukuran dan jumlah buaya yang muncul dalam mimpi Moms menunjukkan jumlah "penyerang" dalam hidup.

“Semakin besar sesuatu, atau semakin banyak sesuatu, semakin banyak ruang yang dibutuhkannya dalam jiwa atau hidup Anda,” kata Loewenberg.

Kalau makhluk dalam mimpi tersebut berukuran sangat besar bahkan masuk dalam kategori raksasa, inilah saatnya untuk Moms mulai mengelola situasi sebelum sosok raksasa tersebut semakin tak terkendali.

2. Arti Mimpi Buaya di Dalam Kolam, Akuarium, atau Bak Mandi

photo-1516481576308-7a200f63f7c7.jpg

Foto: unsplash.com

Jika seekor buaya hadir dalam semacam lingkungan yang tertutup, arti mimpi buaya ini bisa menunjukkan jika Moms memiliki kontrol diri yang baik dan tidak membiarkan situasi lepas kendali.

"Itu menunjukkan bahwa Anda cukup pandai menahan emosi dan sisi kritis dari diri Anda, atau menghadapi orang kritis dan pemarah dalam hidup Anda," ujar Loewenberg.

3. Arti Mimpi Digigit atau Dimakan Buaya

photo-1511632271790-65247e635cce.jpg

Foto: unsplash.com

Arti mimpi buaya yang selanjutnya adalah jika Moms dalam keadaan digigit atau dimakan oleh seekor buaya dalam mimpi.

Hal ini mungkin menyiratkan kalau otak sedang memberikan sinyal pada tubuh untuk segera membebaskan diri dari apapun yang menyebabkan stres.

Loewenberg menegaskan jika mimpi digigit buaya adalah peringatan besar dari alam bawah sadar kita bahwa seseorang yang diwakili buaya ini benar-benar mulai memakan menggerogoti dan membuat Moms kewalahan.

"Dalam hal ini Anda benar-benar perlu mengambil tindakan segera," terangnya.

Baca Juga: Ini 15+ Arti Mimpi Makan yang Maknanya Bisa Tak Disangka

4. Arti Mimpi Memotong Buaya

photo-1546024023-f0ff871233e4.jpg

Foto: unsplash.com

Skenario ini, menurut Loewenberg, justru terdengar seperti pertanda baik karena segala jenis mimpi tentang memotong atau pemotongan akan berhubungan dengan keberhasilan Moms memotong sesuatu atau seseorang yang negatif dari hidup Moms.

“Jadi jika Anda memotong buaya, itu pertanda baik bahwa Anda berhasil memotong seseorang dari hidup Anda yang telah melukai perasaan Anda dengan komentar pedas mereka," jelas Loewenberg.

Namun ia memberikan pandangan lain soal ini. Loewenberg mengungkapkan mimpi tersebut bisa berarti bahwa Moms perlu mulai "memotong" sesuatu atau hubungan dengan seseorang jika memang belum melakukannya.

5. Arti Mimpi Menyelamatkan Orang Terkasih dari Buaya

photo-1549240923-93a2e080e653.jpg

Foto: unsplash.com

Menurut Loewenberg, salah satu mimpi tentang buaya yang sangat umum adalah orang tua bermimpi sedang menyelamatkan anaknya dari cengkeraman reptil yang berbahaya ini. Lalu, apa arti mimpi buaya ini?

"Anak itu mungkin menghadapi perundungan di sekolah, atau saudara kandungnya kejam kepada mereka, atau mungkin mereka tidak menerima kritik dari guru dengan baik," ungkap Loewenberg.

Hal yang sama berlaku untuk siapa pun yang bermimpi Moms sedang menyelamatkan seseorang.

Coba perhatikan apakah mereka mengalami kesulitan dengan rekan kerja, teman sebaya, atau atasan yang bersifat keras? Bagaimana membantu mereka mengelola stres yang memengaruhi Moms?

6. Arti Mimpi Berusaha Lari, Berenang, atau Kabur dari Buaya

photo-1577617156205-98bfcc8b458d.jpg

Foto: unsplash.com

Jika skenario yang ada dalam mimpi adalah gambaran diri sendiri sedang ketakutan dan berusaha kabur dari kejaran buaya, Loewenberg menyarankan untuk mulai bertanya pada diri sendiri.

Apakah ada seseorang dalam hidup Moms yang menyebabkan Moms merasa terancam atau terganggu dengan kritiknya? Arti mimpi buaya ini akan menjadi cerminan langsung bagaimana Moms bereaksi terhadap orang ini.

“Apakah Anda menghindari mereka daripada menghadapinya? Atau apakah Anda berada dalam situasi di mana Anda bisa keluar dan tidak harus berurusan dengan mereka?" jelas Loewenberg.

Baca Juga: 29+ Arti Mimpi Gigi Copot, Ternyata Tidak Selalu Buruk

7. Arti Mimpi Melihat Buaya Berenang di Bawah Permukaan Air

photo-1501808723803-f10b401a67a1.jpg

Foto: unsplash.com

Arti mimpi buaya berikutnya adalah jika Moms menyaksikan reptil bertaring banyak ini berenang di bawah permukaan air.

“Apa pun yang Anda lihat di bawah permukaan air dan ia berenang mendekati Anda, ada hubungannya dengan sesuatu dalam kehidupan nyata yang Anda tahu sedang datang,” ucap Loewenberg.

Bisa saja buaya melambangkan hasil yang Moms harapkan akan muncul dalam penilaian kinerja di kantor. Bisa juga mereka mewakili reaksi negatif yang Moms tampilkan terhadap situasi yang akan terjadi.

Saatnya bertanya pada diri sendiri, adakah hal yang menyakitkan bahkan saat tidak sengaja teringat? Ketakutan itu mungkin bermanifestasi sebagai sosok buaya yang tidak menyenangkan di dalam alam tidur Moms.

Jika Moms mendapati diri mengamati buaya tersebut dari atas perahu, Loewenberg menambahkan, itu mungkin menunjukkan bahwa Moms merasa tak rentan terhadap ancaman yang akan datang.

Makna lainnya, Moms mungkin juga merasa memiliki lebih banyak kemampuan untuk menghadapinya, baik itu berasal dari orang lain atau diri sendiri.

8. Arti Mimpi Buaya Kecil

photo-1572286473028-e317f64a7715.jpg

Foto: unsplash.com

Dilansir Dream Symbolism, arti mimpi buaya kecil kemungkinan mewakili adanya isu finansial dan kesehatan. Mimpi biasanya muncul menggunakan simbol sebagai metafora, sehingga buaya dapat mewakili hal yang terlalu sulit untuk Moms tangani.

Mimpi dapat menjadi media bagi otak memberikan sinyal pada alam bawah sadar soal kekhawatiran dan perasaan kita yang paling jujur. Seperti kekhawatiran akan masalah ekonomi dan hutang.

Ukuran buaya yang muncul dalam mimpi bisa mengintepretasikan besarnya masalah atau tekanan yang sedang dihadapi.

Buaya berukuran kecil yang hadir dalam mimpi bisa mewakili masalah yang sedang kita hadapi masih ada dalam kendali kita dan dapat diselesaikan dengan baik.

9. Arti Mimpi Menemukan Buaya yang Mati

photo-1501155547479-4539245670bd.jpg

Foto: unsplash.com

Menemukan buaya yang mati dalam mimpi dapat memiliki arti negatif, tulis psikolog yang mendalami penafsiran mimpi, Jennifer Smith, dalam laman Psychologium. Hal ini dapat diinterpretasikan seseorang tengah kehilangan kekuatan dan keberanian.

Kemungkinan besar arti mimpi buaya ini karena Moms merasa terlalu banyak bekerja, sangat lelah, dan seolah tak punya cukup kekuatan untuk terus maju menjalani hidup.

Sangat penting untuk memastikan diri Moms mengambil istirahat yang cukup dan membiarkan pikiran dan tubuh Moms pulih dari stres.

Baca Juga: 20 Arti Mimpi Potong Rambut, Apa Maknanya?

10. Arti Mimpi Buaya Sedang Bertarung Satu Sama Lain

photo-1563305751-e76c2718dfbf.jpg

Foto: unsplash.com

Melihat dua buaya bertarung satu sama lain melambangkan energi negatif yang terbentuk di dalam diri sebagai arti mimpi buaya.

Bisa jadi lingkungan saat ini membuat Moms merasa tertekan dan mengalami stres, karena belum beradaptasi dengan situasi tersebut, dan Moms perlahan menjadi tidak sabaran dan menyebabkan Moms menjadi agresif.

Untuk menjaga kestabilan emosional, penting untuk mengatasi akar masalahnya dan tidak menyalurkan kemarahan pada hal-hal yang memiliki efek negatif pada diri Moms.

Jangan sampai suasana hati yang buruk karena bekerja merusak hubungan dengan pasangan atau menjauhkan diri dari lingkungan pertemanan.

11. Arti Mimpi Melihat Buaya Bersama Anak-anaknya

photo-1501155863270-71f570b1ddbe.jpg

Foto: unsplash.com

Masih dilansir Psychologium, bermimpi melihat seekor buaya sedang bersama anak-anaknya menunjukkan adanya naluri orang tua yang kuat dalam diri Moms.

Jika Moms sudah memiliki anak, berarti Moms menganggap diri Moms sebagai orang tua yang baik dan hebat. Jika Moms belum memiliki momongan, maka Moms akan menjadi sosok orang tua yang baik.

Buaya melindungi anak-anak mereka dengan nyawa mereka dan Moms akan melakukan hal yang sama.

12. Arti Mimpi Buaya Berwarna Emas

photo-1496420253762-09e09d0136a2.jpg

Foto: unsplash.com

Pada dunia nyata, normalnya buaya berwarna cokelat, abu-abu, atau hijau gelap menyerupai warna tanah dan lumpur.

Namun, bagaimana dengan arti mimpi buaya dengan jenis buaya yang berwarna emas? Bermimpi tentang buaya emas menyimbolkan penggunaan kecerdasan dan energi secara maksimal untuk memperoleh kekayaan dalam hidup.

Jika Moms melihatnya dalam mimpi, mungkin saja Moms harus mulai menggunakan ide dan pemikiran Moms untuk mulai menghasilkan lebih banyak keuntungan. Hal ini akan meningkatkan kualitas hidup dan membantu Moms mengembangkan diri.

Selama ribuan tahun, mimpi banyak diyakini sebagai salah satu pengalaman yang bersifat spiritual dan dapat dianalisis dengan berbagai cara.

Analisis mimpi bergantung pada topik, karakter, atau latar tertentu yang kita impikan hingga keadaan saat ini yang sedang kita alami dalam hidup.

Saat aligator muncul dalam mimpi, itu bisa jadi pertanda bahwa seseorang telah menemukan naluri tersembunyi di dalam diri. Hal ini juga bisa berarti bahwa seseorang sedang mengalami pengkhianatan atau penipuan.

Namun di dunia modern, orang memandang arti mimpi buaya dengan sedikit berbeda. Mimpi ini tak hanya berarti bahwa ada sesuatu yang berat akan terjadi di kemudian hari.

Sebagian orang percaya bahwa memimpikan hewan ini adalah hal yang baik, karena ini menandakan dimulainya proses penyembuhan diri atau inner healing.

Kembali lagi, mimpi sifatnya bisa sangat personal dan berbeda-beda tafsirnya bagi setiap orang walaupun memiliki mimpi serupa. Bermimpi tentang buaya, dan mengetahui seperti apa arti mimpi buaya tentunya bisa membuat Moms bertanya-tanya.

Jika Moms pernah mengalami mimpi sejenis ini, berhentilah sejenak dan pikirkan tentang keadaan hidup Moms saat ini dan bagaimana buaya dapat berhubungan dengan situasi tersebut.

Mimpi adalah pengalaman yang terpusat dan artinya akan berubah berdasarkan kasus per kasus.

Artikel Terkait