RUPA-RUPA
24 Oktober 2020

Sudah Tahu Arti Mimpi Ijab Kabul? Ini 4 Kemungkinannya

Apakah arti mimpi ijab kabul selalu berkaitan dengan pernikahan?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Dina Vionetta

Kita semua memiliki mimpi, namun entah mengingatnya atau tidak setelah bangun.

Faktanya, rata-rata individu bermimpi sekitar dua jam setiap malam saat tidur, menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke.

Tidak dapat disangkal bahwa mimpi bisa jadi sesuatu yang aneh dan terkadang mimpi tersebut tidak terlalu masuk akal.

Tetapi disadari atau tidak, seringkali, mimpi tersebut meniru realitas dalam beberapa cara atau bentuk.

Meski realitas yang tergambarkan hadir secara random, namun itu biasanya adalah potongan-potongan memori tentang sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan Anda.

Apa pun yang terjadi dalam hidup Anda, kemungkinan besar itu akan berakhir dalam mimpi pada suatu saat.

Dan ini terutama berlaku untuk acara besar yang mengubah hidup, seperti sebuah pernikahan. Semua detail yang terjadi dalam pernikahan bisa saja masuk ke dalam mimpi, termasuk saat ijab kabul.

Jadi, Anda mungkin bertanya-tanya tentang apa sebenarnya arti dari mimpi proses ijab kabul dan seluruh detail dalam pernikahan tersebut, terlepas Anda belum menikah, masih menikah dan sudah tidak lagi dalam hubungan pernikahan.

“Ketika perencanaan pernikahan menghabiskan hari kita, itu juga akan menghabiskan mimpi kita di malam hari,” kata Lauri Quinn Loewenberg, analis mimpi profesional dan penulis Dream on It, Unlock Your Dreams, Change Your Life.

Dia menganalisis beberapa mimpi dari begitu banyak pengantin yang frustrasi, sehingga dia bahkan memiliki nama panggilan untuk mereka: Bridemares. Menurutnya, hari pernikahan adalah hari terpenting dalam kehidupan seseorang, yang sering kali banyak yang membayangkannya bahkan saat masih berusia muda tentang pernikahan impian.

“Tekanan yang diberikan pada mempelai perempuan dan pria agar semuanya berjalan dengan baik akan menambah banyak kecemasan yang tidak perlu ke jiwa mereka yang mengakibatkan mimpi yang menjengkelkan ini,” kata dia.

Baca Juga: Benarkah Anda Sudah Siap Menikah?

Berbagai Mimpi yang Berkaitan dengan Pernikahan

Mimpi yang Berkaitan dengan Pernikahan

Foto: Orami Photo Stock

Berikut ini adalah mimpi tentang pernikahan yang umum dialami:

1. Tidak Ada yang Datang ke Pernikahan

Ini adalah salah satu mimpi paling umum yang dimiliki oleh setiap orang yang berkaitan dengan pesta pernikahan. Berjam-jam menunggu tamu dapat membuat Anda panik dan khawatir; apakah Anda mengundang terlalu banyak orang? Bagaimana jika mereka semua datang? Bagaimana jika tidak ada yang datang?

Jika Anda bermimpi tentang yang terakhir, biasanya itu adalah hasil dari ketakutan mendasar Anda bahwa aka nada banyak masalah yang terjadi yang menyebabkan banyak yang tidak datang.

“Ini menunjukkan bahwa mimpi ini juga bisa disebabkan oleh pengantin perempuan, pengantin pria, atau bahkan salah satu orang tua mereka yang khawatir bahwa orang lain mungkin tidak merasa bahwa hari itu penting, dan tidak datang,” jelasnya.

2. Ada yang Salah dengan Gaun Moms

Pakaian pernikahan, terutama untuk pengantin, adalah salah satu pembelian pakaian yang paling penting dan juga mahal.

Jadi tidak mengherankan jika hal itu terlintas di benak seseorang siang dan malam.

“Ini mungkin terjadi ketika calon pengantin belum menemukan pakaian yang sempurna untuk hari besar mereka atau saat perubahan berlangsung terlalu lama,” kata dia.

3. Terlambat ke Pernikahan Sendiri

Lauri menemukan bahwa mimpi ini menjadi yang paling umum di antara pasangan yang merasa agak terlambat dalam hal usia untuk menikah.

“Mimpi ini juga begitu lazim hanya karena tenggat waktu yang terlibat dalam perencanaan pernikahan. Setiap kali ada tenggat waktu dalam kehidupan nyata, kita akan sering bermimpi terlambat dalam beberapa bentuk,” kata Lauri.

4. Menikah dengan Orang Lain

Ini mungkin terdengar aneh, tetapi ada alasan yang baik bagi seorang pengantin untuk memiliki mimpi ini.

“Banyak arti dari mimpi ini tergantung pada siapa yang menggantikan pengantin, karena mereka akan melambangkan kualitas atau kesalahan yang sedang dipersiapkan untuk menjadi komitmennya,” kata Lauri.

5. Pengantin Tidak Dapat Menemukan Tempat Pernikahan

Jelas Anda tahu di mana tempat pernikahan karena Anda yang memilihnya.

Tetapi jika Anda pernah bermimpi tentang tidak tahu lokasi pernikahan, biasanya itu berarti masih ada keraguan dalam rencana pernikahan.

Entah itu dari calon pria atau perempuan.

“Saat dihadapkan pada keputusan sulit, kita cenderung berkata, 'ke mana saya harus pergi'?” Jangan diingat-ingat, anggap saja ini sebagai pengingat untuk mengikat apa pun,” jelasnya.

Arti Mimpi Ijab Kabul

Dalam proses pernikahan, ijab kabul menjadi hal yang paling esensial. Sebab tanpa adanya ijab kabul, maka tidak akan ada pernikahan, tidak ada perubahan status dari calon pengantin, dan tidak akan ada penyatuan dua keluarga menjadi satu.

Ini akan menjadi perubahan besar dalam hidup seseorang. Oleh karena itu, bermimpi melihat atau melakukan ijab kabul tentu akan memiliki arti yang besar dan akan berkaitan dengan hal yang penting dalam kehidupan nyata Anda.

Jadi, apa saja arti mimpi ijab kabul tersebut? Cari tahu di sini!

1. Menunjukkan Masa-masa Sulit

4 Arti Mimpi Ijab Kabul -1.jpg

Foto: arabamericannews.com

Melihat seseorang mengucapkan ijab kabul dalam mimpi berarti akan ada masa sulit yang menunggu di depan.

Sebab dalam kenyataannya, ijab kabul adalah serah terima tanggung jawab yang besar dari seorang ayah kepada suami terkait dengan anak atau istrinya tersebut.

Bukan hanya dalam hubungan bersama pasangan, kesulitan juga bisa saja dalam bentuk lain yang berkaitan dengan perpindahan karier, perubahan hubungan saudara atau teman, dan sebagainya.

Dalam beberapa tafsir kamus mimpi, Aunty Flo mengungkapkan bahwa arti mimpi melihat ijab kabul berkaitan dengan cinta dari si pemimpi.

Melihat dua orang yang bersatu dalam mahligai pernikahan menunjukkan adanya persatuan. Dalam arti simbolis, ini bisa menjadi penyatuan pemahaman dari dua orang yang berbeda.

Dalam hidup, Anda akan membentuk diri Anda dengan cara yang jauh lebih baik dalam proses tersebut.

Baca Juga: 4 Keahlian yang Harus Dikuasai Sebelum Menikah

2. Muncul Masalah dari Masa Lalu

4 Arti Mimpi Ijab Kabul -2.jpg

Foto: Easyday.snydle.com

Jika seseorang bermimpi melihat seseorang mengucapkan ijab kabul, mungkin ini akan berarti bukan pertanda yang baik. Saat melihat suasana pernikahan yang terasa sakral saat pengucapan janji suci, berarti akan ada sesuatu yang besar di dalamnya.

Mimpi ini bisa menunjukkan beberapa masalah yang belum terselesaikan di masa lalu yang muncul lagi tanpa diharapkan. Masalah tersebut akan mengganggu kehidupan pribadi Anda dalam kehidupan nyata. Masalah yang belum terselesaikan mungkin akan membuncah dan membutuhkan perhatian lebih.

Dreams Astro Meaning mencatat, terkadang arti mimpi melihat ijab kabul merupakan cerminan dari cinta yang saat ini sedang Anda rasakan terhadap seseorang.

Hal ini tentu saja bisa berlabuh dengan baik atau bahkan bertepuk sebelah tangan. Masih ada misteri di dalamnya.

3. Siap dengan Komitmen dan Dedikasi

4 Arti Mimpi Ijab Kabul -3.jpg

Foto: Zawaj.com

Bermimpi melihat suasana ijab kabul bukan berarti selalu berkaitan dengan menikah.

Karena menunjukkan adanya sebuah janji yang diucapkan oleh seorang suami kepada ayah, istri dan saksi, ini bisa juga berkaitan dengan sebuah komitmen.

Bisa jadi ini menandakan bahwa Anda siap untuk membuat dedikasi atau janji kepada seseorang atau sesuatu.

Karena janji yang dilakukan akan berat, berarti Anda juga siap dengan segala konsekuensi yang berada di sekitar janji tersebut.

Jika Anda memang bermimpi secara khusus tentang sumpah pernikahan, ini bisa menandakan bahwa Anda ingin mengambil langkah selanjutnya dalam sebuah hubungan yang serius.

Jika tanda ini muncul dalam mimpi, Anda kemungkinan harus bersiap dengan kemungkinan yang akan terjadi, dikutip Tell My Dream.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Harus Dihilangkan Setelah Menikah

4. Ada yang Tidak Percaya

4 Arti Mimpi Ijab Kabul -4.jpg

Foto: Thailandwedding.com

Saat bermimpi melihat proses ijab kabul, salah satu artinya adalah akan ada seseorang yang merasa tidak percaya kepada Anda.

Ini membuat Anda harus melakukan sebuah sumpah untuk mendapatkan kepercayaan tersebut, menurut Dream Mean.

Memimpikan hal tersebut berarti akan ada keluhan terkait dengan integritas Anda yang sedang dipertanyakan. Bisa saja ini terkait dengan karier, bisnis, atau hubungan percintaan Anda.

Mengambil langkah untuk bersumpah menunjukkan Anda harus bertanggungjawab dengan segala integritas diri yang teguh untuk melalui beberapa kesulitan.

Sebab, saat melanggar atau mengabaikan sumpah, biasanya akan dibarengi dengan konsekuensi dari sesuatu yang buruk yang akan menyertai urusan Anda di kemudian hari.

Karena menepati sebuah janji memerlukan usaha yang tidak mudah, hal tersebut sampai masuk ke dalam alam mimpi.

Pernikahan Menurut Penelitian

Saat memutuskan untuk melakukan ijab kabul, ini berarti Anda mulai memasuki sebuah hubungan pernikahan.

Jika saat ini Anda sedang dalam tahap merencanakan pernikahan, ada beberapa berita menarik dari Amerika Serikat yang mungkin akan mendapatkan perhatian Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Virginia di Amerika Serikat, baru-baru ini mengungkapkan bahwa pernikahan besar-besaran merupakan faktor yang mempengaruhi umur panjang sebuah pernikahan.

Meskipun demikian, sejauh ini belum ada penyebab konkrit yang ditentukan, karena hal ini diasumsikan bahwa kestabilan yang nampaknya berasal dari pernikahan besar berasal dari anggapan bahwa menikah di depan lebih banyak orang akan menunjukkan komitmen yang lebih kuat kepada pasangan.

Penulis utama studi Dr Galena Rhoades mengatakan, para peneliti mencoba untuk menjaga sikap dan perilaku saat ini sejalan dengan perilaku di masa lalu.

“Keinginan untuk konsistensi kemungkinan besar ditingkatkan oleh ekspresi niat publik. Oleh karena itu, ini berarti semakin banyak orang yang melihat proses pernikahan, semakin besar kemungkinan Anda untuk mempertahankan pernikahan,” jelasnya.

Di sisi lain, seperti yang ditunjukkan oleh Brad Wilcox, direktur dari National Marriage Project, pasangan yang memiliki jaringan pertemanan dan keluarga yang lebih besar mungkin memiliki lebih banyak bantuan dan dorongan semangat dalam menghadapi tantangan dalam kehidupan pernikahan.

“Itu adalah hal yang juga penting,” kata dia.

Penelitian tersebut telah mensurvei 418 orang dari pengambilan sampel secara acak. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa pernikahan yang dihadiri 50 atau kurang tamu 30 persen menganggap pernikahan tersebut sangat sukses.

Sebaliknya, mereka yang melaporkan lebih dari 150 tamu ternyata memiliki pernikahan yang positif dengan tingkat 47 persen.

Sementara tingkat perceraian saat ini sekitar 20 persen lebih rendah daripada lebih dari satu dekade lalu dan masih menurun, perkiraan saat ini masih menunjukkan bahwa 42 persen pernikahan yang buruk akan berakhir dengan perceraian.

Arti mimpi ijab kabul terasa lebih kompleks berkaitan dengan apa yang terlihat saat itu.

Artikel Terkait