RUPA-RUPA
20 Oktober 2020

Mimpi Melihat Pesawat Jatuh? Ini 8 Artinya

Sebenarnya, apakah arti mimpi melihat pesawat jatuh selalu bersifat negatif?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tidur seharusnya menjadi waktu yang membuat relaks. Tidur dapat menjadi waktu untuk mendapatkan ketenangan, kenyamanan, dan mimpi sebagai bunganya. Tapi mimpi buruk dapat mengubah semua itu. Salah satunya saat mimpi melihat pesawat jatuh.

Mengalami mimpi kecelakaan pesawat atau mimpi buruk lainnya tidak hanya membuat tidur menjadi penyebab stress, tapi juga bisa membuat rasa gelisah saat waktu terjaga. Pernahkah Moms mengalami mimpi melihat pesawat jatuh?

Bermimpi melihat pesawat jatuh merupakan mimpi yang paling umum dialami orang, dan yang pasti menjadi sesuatu yang sangat mengerikan sehingga banyak yang mencari tahu artinya. Namun sebenarnya, gambaran mengerikan dalam mimpi tersebut akan membantu seseorang dalam memahami artinya.

Penyebab Mengalami Mimpi Buruk

arti mimpi melihat pesawat jatuh

Foto: Orami Stock Photos

Jika Moms akhir-akhir ini mengalami mimpi buruk, jangan panik. Ini tidak berarti bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi dalam kehidupan nyata atau mengalami masalah kesehatan mental. Sebaliknya, mimpi buruk dianggap sebagai cara pikiran untuk mengatasi hal-hal yang menakutkan, dan bahkan memberi informasi yang akan membantu mengatasi rasa takut tersebut.

Annie Armstrong, seorang psikoterapis mengatakan bahwa mimpi buruk adalah cara untuk memproses ketakutan, baik ketakutan yang terucap jelas dan juga ketakutan yang tidak terucapkan dan kurang disadari yang dimiliki seseorang.

“Juga dianggap bahwa mimpi buruk membantu kita mempersiapkan diri untuk skenario kasus yang lebih buruk, menyelesaikannya masalah, atau lebih memahami, bahkan mentolerir ketakutan eksistensial," jelas Annie.

Menurut studi yang dilakukan Harvard Mahoney Neuroscience Institute, mimpi buruk dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti obat-obatan, pola tidur yang tidak teratur, dan PTSD. Sebuah survei pada 2009 menemukan bahwa 80 % orang dengan PTSD sering mengalami mimpi buruk, sementara hanya sekitar 3 % orang yang tidak menderita PTSD mengalami mimpi buruk secara teratur.

Tetapi banyak yang menyebutkan bahwa stress adalah penyebab di balik mimpi buruk seseorang. "Jika kita stress, mencoba memecahkan masalah, atau mengetahui secara mendalam bahwa ada sesuatu yang salah, mimpi kita adalah kesempatan untuk menyelesaikan masalah. Mimpi dapat mengungkapkan beberapa ketakutan atau keinginan yang mendasarinya,” tambah dia.

Dengan melihat mimpi buruk dan simbol spesifik yang muncul, biasanya akan ditemukan makna makna yang lebih pribadi. Tentu saja mengetahui arti mimpi melihat pesawat jatuh tidak selalu membuatnya lebih mudah untuk ditangani.

Namun menurut Annie, solusi terbaik adalah tidak mencoba melupakan mimpi buruk tersebut. “Strategi ini bisa menjadi bumerang, karena seringkali mimpi kita menjadi lebih kuat atau menakutkan ketika kita menghindari berurusan dengan pikiran dan perasaan yang tidak nyaman," jelasnya.

Baca Juga: Atasi Rasa Bosan Anak di Pesawat Dengan 5 Cara Ini

Mimpi Buruk Menurut Penelitian

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Human Brain Mapping dan Studyfinds melaporkan, saat memimpikan hal yang buruk sebenarnya akan memicu diri untuk menghadapi situasi nyata yang dapat memicu kecemasan.

Mimpi telah menjadi topik penelitian yang populer di kalangan ilmu saraf, lebih khusus lagi di area otak yang aktif saat tertidur. Baru-baru ini ditemukan bahwa area otak tertentu bertanggung jawab atas pembentukan mimpi.

Selain itu, wilayah otak yang berbeda hanya diaktifkan tergantung pada jenis mimpi yang dialaminya. Misalnya, pikiran, emosi, dan persepsi yang mungkin muncul dalam mimpi tunggal. “Kami sangat tertarik pada rasa takut: area mana di otak yang diaktifkan saat mengalami mimpi buruk?” kata Lampros Perogamvros, seorang peneliti dari Universitas Jenewa dan Rumah Sakit Universitas Jenewa.

Menurutnya, dengan menganalisis aktivitas otak berdasarkan respons peserta, pihaknya mengidentifikasi dua wilayah otak yang terlibat dalam induksi rasa takut yang dialami selama mimpi yakni insula dan korteks cingulate.

“Insula juga terlibat dalam evaluasi dan pengaturan emosi saat kita bangun, dan aktif secara otomatis setiap kali kita mulai merasa takut. Di sisi lain, korteks cingulate membantu mengontrol reaksi selama situasi yang mengancam,” jelasnya.

Lampros dan tim menemukan bahwa semakin lama seseorang merasakan ketakutan dalam mimpinya, semakin sedikit insula, cingulate, dan amigdala diaktifkan ketika orang yang sama melihat gambar negatif. “Selain itu, aktivitas di korteks prefrontal medial, yang diketahui menghambat amigdala saat ketakutan, meningkat sebanding dengan jumlah mimpi yang menakutkan,” tambahnya.

Baca Juga: 14 Tips Aman untuk Ibu Hamil Naik Pesawat

Arti Mimpi Melihat Pesawat Jatuh

Pesawat terbang adalah salah satu objek paling umum yang terlihat dalam mimpi. Pesawat dalam mimpi melambangkan pertemuan baru dalam kehidupan nyata. Ini bisa menjadi awal baru dari tujuan yang ingin dicapai, karier, atau hubungan dengan keluarga, teman, atau pasangan.

Mimpi pesawat terbang melambangkan bagian dari perjalanan dalam hidup. Bagian-bagian ini termasuk orang yang ditemui, emosi yang dimiliki, dan hal-hal yang dialami dalam hidup. Merasa takut saat mimpi melihat pesawat jatuh juga dapat berarti cerminan dari kegagalan dan ketakutan dalam kehidupan nyata.

Selain itu, apa arti mimpi melihat pesawat jatuh lainnya?

1. Adanya Masalah dan Hambatan

8 Arti Mimpi Melihat Pesawat Jatuh -1.jpg

Foto: Dreamingandsleeping.com

Arti mimpi melihat pesawat jatuh yang pertama adalah ada kemungkinan Moms sedang menghadapi masalah yang berbeda saat mencapai tujuan. Melihat pesawat jatuh dalam mimpi mencerminkan tujuan yang tidak realistis dan mengakibatkan rintangan yang mungkin akan dihadapi dalam kehidupan nyata.

Moms selalu fokus pada hal-hal yang tidak dapat dilakukan yang selalu membawa diri pada masalah. Yang terbaik adalah mengatur ulang tujuan Anda agar menjadi lebih produktif dan merencanakan tujuan dengan benar dan menganalisis hal-hal yang dapat dicapai, agar tidak muncul masalah yang sebenarnya tidak perlu ada.

Melihat pesawat jatuh dalam mimpi juga memiliki arti ada sosok yang sedang merasa cemburu atau iri dengan pencapaian Moms dalam hidup. Ada seseorang yang dekat yang berencana untuk menyabotase, mengancam, atau merugikan. Jadi Moms harus berhati-hati terhadap lingkungan sekitar.

Baca Juga: Tips Nyaman Mengajak Bayi Naik Pesawat Terbang untuk Liburan

2. Upaya yang Gagal

Makna ini terhubung dengan representasi pertama yang dijelaskan sebelumnya. Jika Moms telah menetapkan tujuan yang tidak mungkin dicapai, maka kemungkinan besar Moms akan mengalami kegagalan. Karena memiliki ambisi tinggi yang selalu berakhir dengan kekecewaan yang besar.

Moms selalu mengerahkan upaya untuk proyek atau pekerjaan yang tidak perlu dalam kehidupan nyata. Moms juga selalu mendedikasikan waktu untuk hal-hal yang sebenarnya tidak berguna. Setiap kali menghadapi kekecewaan, Moms selalu menyeret diri ke bawah dan sering kehilangan kepercayaan diri untuk mencapai tujuan hidup sebelumnya.

3. Hidup di Luar Kendali

8 Arti Mimpi Melihat Pesawat Jatuh -3.jpg

Foto: Dreams-stuff.com

Jika sebuah pesawat tiba-tiba jatuh dalam mimpi, itu berarti Moms sedang kehilangan kendali atas hidup. Moms mungkin tiba-tiba kehilangan momentum dari hal-hal yang sedang dikerjakan yang membuat Moms kecewa karena tidak sesuai keinginan.

Sebelumnya, Moms juga berpikir bahwa semuanya berjalan sesuai dengan keinginan tetapi tiba-tiba menemui hambatan dalam hidup yang di luar kendali. Karena hal itu, Moms merasa tidak berdaya dan tidak bisa melakukan apapun.

Baca Juga: Kenapa Kita Sering Mimpi Aneh Saat Sakit?

4. Perlu Mengambil Risiko

Melihat pesawat jatuh dalam mimpi bisa berarti tanda bahwa Moms harus bekerja keras agar bisa sukses dalam hidup. Moms perlu mengatasi semua kesulitan, tantangan, dan pergumulan dalam hidup untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya dalam hidup.

Ada kalanya kekuatan dibutuhkan untuk maju. Sebab, tujuan ideal yang telah ditentukan sebelumnya terntu memerlukan usaha yang tidak mudah dalam mewujudkannya.

5. Takut Kehilangan Seseorang

8 Arti Mimpi Melihat Pesawat Jatuh -5.jpg

Foto: Signmeaning.com

Kebanyakan mimpi tentang melihat pesawat jatuh terlihat sederhana, tapi ada juga yang detail. Beberapa orang yang merasakan melihat korban mengalami kecelakaan yang sebagian besar adalah orang-orang yang dicintai. Moms terkadang melihat orang tua, teman, atau pasangan dalam mimpi tersebut.

Melihat orang yang dicintai ikut terjatuh dalam kecelakaan pesawat melambangkan ketakutan akan kehilangan. Mereka mungkin menjadi korbannya, tetapi bukan berarti sesuatu yang buruk akan terjadi pada mereka di kehidupan nyata.

Arti saat melihat orang yang disayang dalam pesawat yang jatuh juga dikaitkan dengan kebutuhan akan kebebasan. Moms selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam sudut pandang orang yang dicintai, tetapi akhirnya merasa dibatasi. Moms tidak dapat menunjukkan diri yang sebenarnya saat bersama mereka.

Baca Juga: Mimpi Sakit, Hanya Bunga Tidur atau Bisa Jadi Kenyataan?

6. Merasakan Kesulitan yang Luar Biasa

Jika Moms bermimpi melihat pesawat jatuh, artinya Moms sedang berada dalam kesulitan yang luar biasa dalam hidup. Moms mungkin mengalami kesulitan yang bahkan membuat diri seseorang berpikir untuk bunuh diri.

Moms kemungkinan besar tertekan oleh hal-hal yang terjadi dalam kehidupan nyata. Ini akan membuat kecemasan meningkat dan rasa kekhawatiran memuncak. Jika merasakannya, ini adalah waktu untuk mencari bantuan dan nasihat dari keluarga, teman, atau bahkan seorang ahli.

Mimpi seperti ini menandakan perlunya merencanakan dengan cermat tujuan hidup sebelumnya. Analisis situasi saat ini dan tetapkan tujuan praktis, sehingga tidak akan kecewa pada akhirnya.

7. Kemarahan yang Tersembunyi

8 Arti Mimpi Melihat Pesawat Jatuh -7.jpg

Foto: Lifeasabutterfly.com

Arti mimpi melihat pesawat jatuh yang mengakibatkan kebakaran juga merupakan cerminan dari kemarahan dan kecemasan tersembunyi dalam hidup. Bisa saja saat ini Moms sedang merasa kewalahan oleh emosi yang kuat yang tidak dapat dikendalikan.

Hal ini sering terjadi pada orang yang menyimpan perasaannya dalam-dalam dan biasanya memiliki emosi yang terpendam. Mimpi ini sebenarnya tidak memiliki arti arti tertentu. Namun bisa juga menjadi pertanda bahwa Moms tidak akan berhasil dengan sesuatu yang sedang dilakukan karena satu kesalahan yang dilakukan dalam kehidupan nyata.

Moms mungkin akan menghadapi peristiwa yang tidak menguntungkan, dan kegagalan dalam hal-hal yang dilakukan. Ini akan menyebabkan kemarahan yang tersembunyi dapat meluap sewaktu-waktu.

Baca Juga: Yuk, Ikuti 5 Tips Menyusui di Pesawat dengan Nyaman

8. Kesuksesan Sedang Menunggu

Bermimpi selamat dan dapat bertahan saat melihat pesawat jatuh berarti kesuksesan mulai mendekati. Itu adalah refleksi dari kemampuan untuk bertahan dari segala rintangan yang dihadapi dalam kehidupan nyata.

Jika saat ini Moms sedang mengalami masalah dalam hidup namun masih memiliki mimpi untuk diwujudkan, itu berarti Moms akan berhasil mengatasi permasalahn tersebut dalam waktu dekat. Moms akhirnya akan merasakan kesuksesan.

Kesuksesan tersebut bisa terwujud dalam beberapa hal, misalnya sukses dalam karier, pendidikan, atau hubungan dengan pasangan. Moms dapat mencoba hal-hal baru dan berbeda yang diharapkan dapat membantu kesuksesan dalam hidup.

Meski kebanyak bersifat negatif, arti mimpi melihat pesawat jatuh dapat digunakan sebagai tanda yang akan membuat Moms bersiap menghadapi kemungkinan terburuk sekalipun.

Artikel Terkait