RUPA-RUPA
18 Oktober 2020

11 Arti Mimpi Menangis, Mulai dari Diri Sendiri hingga Orang Tersayang

Saatnya Moms jujur pada diri sendiri tentang apa yang dirasakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Pernahkah Moms mengalami mimpi menangis? Apakah Moms kini ingin mencari tahu arti mimpi menangis?

Bagi sebagian orang, mimpi hanyalah sekadar bunga tidur yang tak perlu diperhatikan. Namun sebagian lagi memaknai mimpi dari berbagai sudut pandang baik spiritual maupun psikologis.

Lauri Loewenberg, analis mimpi profesional sekaligus penulis mengatakan pada Harper Bazaar, jika mimpi bisa menjadi manifestasi alam bawah sadar kita.

“Mimpi adalah pikiran bawah sadar Anda. Itu adalah kelanjutan dari pemikiran tentang hari Anda,” ucapnya.

Saat kita tidur, otak membayangkan sekitar lima mimpi per malam bahkan jika kita tidak mengingatnya saat terbangun. Hal ini bisa menunjukkan banyak sekali pikiran bawah sadar yang harus dibongkar.

Ia menambahkan sebuah mimpi cenderung mengikuti pola simbolis tertentu meski pada mimpi yang dirasa aneh sekalipun. Jika Moms sedang mencari tahu arti mimpi menangis, baca lebih lanjut artikel ini.

Arti Mimpi Menangis

photo-1493836512294-502baa1986e2.jpg

Foto: unsplash.com

Menurut laman Aunty Flo, secara umum arti mimpi menangis mengindikasikan diri kita sedang melepaskan emosi tersembunyi yang ada pada dunia nyata.

Menangis berhubungan dengan bagaimana kita terkoneksi secara psikologis pada emosi kita sendiri. Hal ini sering dikaitkan dengan bagaimana perasaan kita terhadap masalah tertentu dalam hidup serta ketergantungan atau ketidakberdayaan yang kita rasakan.

Penting untuk mengingat apa saja yang menyebabkan Moms menangis dalam mimpi tersebut karena arti mimpi menangis bisa berbeda-beda tergantung bagaimana situasi mimpinya.

Untuk itulah, disarankan untuk mencatat segala detail dari mimpi yang Moms ingat termasuk elemen kecil seperti menangis dengan siapa atau di mana Moms berada ketika menangis dalam mimpi.

Ada beberapa keadaan spesifik di dalam mimpi yang membuatnya memiliki arti berbeda. Di antaranya tujuh arti mimpi menangis berikut ini:

Baca Juga: Ini 15+ Arti Mimpi Makan yang Maknanya Bisa Tak Disangka

1. Arti Mimpi Menangis Sendirian

boy-1666611_960_720.jpg

Foto: unsplash.com

Jika bermimpi melihat diri Moms menangis sendirian, arti mimpi menangis ini bisa menjadi tanda kalau Moms sedang melepaskan emosi negatif yang mungkin disebabkan oleh suatu peristiwa dalam kehidupan nyata.

Arti mimpi menangis adalah cara untuk mendapatkan kesimbangan emosional, karena kita telah mengeluarkan rasa frustrasi dan ketakutan yang tidak dapat lagi dibendung.

Meskipun mimpi sedang menangis terasa menyedihkan dan menyakitkan, namun mimpi itu sebenarnya bermakna positif.

"Dalam pandangan saya, mimpi-mimpi ini terjadi saat kita menantikan momen-momen baru dalam hidup yang membahagiakan, dan hal itu akan terjadi dalam waktu dekat," tulis Flo dalam situsnya.

2. Arti Mimpi Menangis Histeris

photo-1516585142943-4341daf22d5f.jpg

Foto: unsplash.com

Arti mimpi menangis berikutnya adalah ketika kita terlihat histeris dan tersedu-sedu dalam mimpi. Menurut kamus mimpi gipsi, ini bisa menandakan sesuatu yang negatif.

Bisa jadi karena Moms tengah berusaha menekan emosi dan menolak untuk merasakannya. Selanjutnya bisa karena Moms sedang mengingat sesuatu tentang masa lalu atau sedang mengalami masalah maupun tanda adanya masalah yang perlu diselesaikan.

Kemungkinan lain kita bermimpi menangis histeris adalah karena takut kehilangan "wajah" dalam kehidupan nyata, akibat tantangan berat yang dapat berakhir dengan rasa malu dan kegagalan.

Arti mimpi menangis histeris merupakan reaksi atas kemungkinan kita telah menahan banyak emosi seperti stres, meragukan kemampuan diri, dan emosi negatif lainnya.

Jika mimpi seperti ini datang, kita perlu meninjau kembali mengapa kita menangis dalam mimpi.

3. Arti Mimpi Menangis dengan Suara Kencang

photo-1564232610056-709d2788b88d.jpg

Foto: unsplash.com

Arti mimpi menangis dengan kencang adalah indikator kalau periode positif akan terjadi dalam hidup Moms. Bisa jadi dalam segi karir seperti mendapat promosi di tempat kerja atau mendapat tawaran bisnis.

Selain itu, jika di dalam mimpi tersebut ada orang lain yang mendengar tangisan kita, ada kemungkinan berkaitan dengan perubahan status atau pertemuan dengan seseorang dalam konteks romantisme.

Kalau seseorang dengan status lajang mendapat mimpi ini, ada indikasi ia akan segera bertemu dengan seseorang yang tepat dan menjadi belahan jiwanya.

Catat setiap detail mimpi yang diingat akan membantu interpretasinya, seperti seberapa keras suara tangisannya. Karena semakin keras tangisannya, semakin besar keberuntungannya.

Baca Juga: Ini Dia 14 Arti Mimpi Kebakaran

4. Arti Mimpi Bayi Menangis

arti mimpi menangis

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir Dream Moods, melihat bayi menangis dalam mimpi bisa mengindikasikan ada bagian dari diri kita yang kehilangan perhatian dan perlu dipelihara.

Arti mimpi menangis ini juga bisa berarti jika alam bawah sadar kita sedang menangis karena ada tujuan atau rencana yang gagal tercapai.

Jika bayi dalam mimpi tersebut menangis karena diabaikan dan tidak diberi perhatian, hal ini bisa berhubungan dengan diri kita yang merasa belum berhasil menunjukkan sisi terbaik dan seluruh potensi yang kita punya.

Tak berhenti di situ saja, arti mimpi menangis ini kemungkinan masih menyimpan arti lain berdasarkan kondisi kita di dunia nyata.

Jika Moms sedang merencanakan ingin punya momongan dalam jangka waktu dekat, mimpi ini mungkin saja mewakilkan perasaan takut dan cemas apabila tidak dapat mengasuh dan merawat mereka dengan baik di masa depan.

5. Arti Mimpi Menangis Bahagia

photo-1589313919917-20a299870300.jpg

Foto: unsplash.com

Melihat diri sendiri menangis dalam mimpi karena kebahagiaan atau kegembiraan adalah pertanda bahwa akan ada hal-hal besar yang datang, termasuk kabar baik dan kegembiraan yang mungkin menghampiri.

Air mata kebahagiaan mewakili resolusi dari masalah yang menyebabkan frustrasi. Hal ini juga mungkin mewakili apresiasi terhadap diri sendiri atau sesuatu yang sedang kita lakukan di dunia nyata.

Menurut kamus mimpi kuno, arti mimpi menangis bahagia bisa menandakan menerima hadiah.

Hal ini juga dapat memberi tanda Moms akan terbebas dari rasa khawatir, kemungkinan besar adanya kesuksesan di tempat kerja atau bisnis, menemui kejutan, hingga keberuntungan yang tak terduga.

6. Arti Mimpi Menangis Namun Tidak Bisa Berhenti

woman-crying-tissue-1200x900.jpg

Foto: powerofpositivity.com

Arti mimpi menangis dan tidak bisa berhenti hingga kita terbangun dalam keadaan menangis memiliki hubungan dengan kepercayaan diri sendiri.

Pesan yang tersirat dalam keadaan ini adalah cobalah untuk berpikir lebih positif dan mengingat bahwa tidak ada yang bisa melakukan sesuatu sebaik atau sesukses kita.

Baca Juga: 29+ Arti Mimpi Gigi Copot, Ternyata Tidak Selalu Buruk

7. Arti Mimpi Menangis Karena Merindukan Seseorang

photo-1521075486433-bf4052bb37bc.jpg

Foto: unsplash.com

Saat bermimpi bahwa kita menangis karena merindukan seseorang atau kehilangan seseorang akibat kematian, hal ini bisa terkait dengan masalah pribadi atau bisnis dalam hidup yang perlu ditinjau kembali.

Setelah mendapatkan mimpi tersebut, yang harus dilakukan adalah tetap tenang dan meninggalkan aspek negatif di dalamnya. Percayalah kalau sebenarnya mimpi ini membawa pesan untuk tetap fokus pada orang dan peristiwa positif.

Namun terkadang, arti mimpi menangis dan merindukan seseorang atau sesuatu dapat memiliki perasaan yang sama tentang orang tersebut di kehidupan nyata.

Melihat diri sendiri menangis karena merindukan seseorang jarang menunjukkan adanya kemungkinan kita sedang sedih atau kehilangan seseorang yang penting di kehidupan kita.

Namun, mimpi tentang seseorang yang dicintai seperti anak hilang bisa saja hanya anxiety dream, atau mimpi akibat rasa cemas. Meski begitu penting agar kita tidak mengabaikan perasaan ini untuk tetap mawas diri.

8. Arti Mimpi Menangis di Atas Kasur

photo-1526725702345-bdda2b97ef73.jpg

Foto: unsplash.com

Tempat tidur dalam mimpi adalah representasi dari zona nyaman kita, dan melihat diri kita merasa tertekan serta menangis di tempat tidur dapat menggambarkan bahwa kita perlu melepaskan rasa sedih, kehampaan, dan ketidak bahagiaan kita dalam hidup.

Karena arti mimpi menangis ini, penting untuk menciptakan lingkungan yang positif bagi orang-orang di sekitar kita dan tentunya memastikan bahwa kenyamanan tersebut juga dapat kita diberikan kepada orang lain.

9. Arti Mimpi Pasangan Menangis

photo-1494368308039-ed3393a402a4.jpg

Foto: unsplash.com

Siapapun pasti tidak ingin melihat orang yang dicintainya berada dalam situasi sulit. Sehingga bermimpi melihat pasangan kita menangis bisa menjadi hal luar biasa menyedihkan.

Arti mimpi menangis ini bisa menunjukkan bahwa Moms akan menghadapi kesalah pahaman kecil dalam waktu dekat.

Di samping itu, bisa berarti akan ada masalah yang menghampiri dan mimpi ini adalah peringatan bahwa kita tidak boleh membiarkan masalah tersebut menguasai emosi kita.

Tantangan-tantangan ini dapat dikaitkan dengan kepribadian atau pengalaman pribadi kita. Oleh karena itu, kita perlu tetap tenang dan berhati-hati dalam menghadapi semua situasi.

Baca Juga: Mimpi Tentang Orang Meninggal? Ternyata Ini 18 Artinya!

10. Arti Mimpi Melihat Teman Menangis

photo-1484973768669-7fb6b5451095.jpg

Foto: unsplash.com

Arti mimpi menangis selanjutnya adalah ketika kita melihat seseorang atau teman sedang menangis.

"Dari penelitian saya, ini merupakan pertanda bagus. Sedangkan dalam cerita rakyat terutama kamus mimpi gipsi, bisa berarti keberuntungan akan hadir dalam hidup anda," tulis Flo dalam situsnya.

Bisa jadi, arti mimpi menangis ini adalah saat yang tepat untuk memulai bisnis atau usaha yang selama ini diidam-idamkan atau waktu yang tepat untuk memperbaiki hubungan dengan seseorang.

Namun, saat mimpi semacam ini hadir dalam tidur, ada kemungkinan lain jika orang tersebut sedang membutuhkan dukungan Moms di masa depan.

Jika seseorang yang hadir dalam mimpi tersebut memiliki kolerasi kuat dengan Moms di dunia nyata, tak ada salahnya memulai perbincangan santai untuk menawarkan bantuan.

Arti mimpi menangis ini juga dapat mengindikasikan akan terjalinnya hubungan yang baik dan erat dengan seseorang.

11. Arti Mimpi Ayah Menangis

photo-1512581574034-6f1da619c5fa.jpg

Foto: unsplash.com

Poin terakhir adalah melihat ayah menangis di dalam mimpi kita. Hal ini dapat menandakan sesuatu yang besar akan terjadi dalam hidup kita.

Pada umumnya, ayah adalah sosok yang kuat dan merupakan lambang dari fondasi rumah tangga yang kokoh. Oleh karena itu, di beberapa budaya melihat seorang ayah menangis adalah hal yang tidak biasa.

Dalam kebanyakan kasus, ayah akan melakukan apa pun untuk menyembunyikan emosi dan kesedihan mereka dari sekitar.

Jika kita memutarbalikkannya, ada kemungkinan arti mimpi menangis berarti Moms akan menghadapi hal yang sangat emosional sehingga merasa perlu menyembunyikan apa yang sedang Moms rasakan.

Perubahan besar yang akan terjadi juga mungkin mempengaruhi gaya hidup Moms saat ini.

Bagaimana pengaruhnya terhadap Moms akan sangat bergantung pada sikap dan situasi hidup Moms saat ini.

Moms dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari segala kejadian termasuk melihat sisi positif kehidupan jika terus maju menjalaninya. Penting untuk fokus pada sisi positif hidup Moms.

"Sosok ayah dalam mimpi adalah tentang otoritas sehingga menurut saya mimpi ini bisa berarti akan ada perubahan yang akan datang terkait dengan karir," jelas Flo.

Itu tadi adalah 11 arti mimpi menangis yang mungkin saja kita alami. Mimpi tersebut bisa meninggalkan kesan dan pengaruh berbeda-beda pada setiap orang.

Sehingga penting untuk Moms memvalidasi perasaan apa yang dominan muncul sesaat setelah bangun dan mengingat mimpi tersebut.

Jangan menunda untu menuliskan detail dari mimpi yang baru saja dialami jika memang mimpi tersebut berdampak besar secara emosional.

Jika Moms merasa memiliki ikatan pribadi yang kuat dengan mimpi tersebut, tak ada salahnya menghubungi psikoanalisis untuk berkonsultasi dan mendapat interpretasi.

Artikel Terkait