RUPA-RUPA
14 Oktober 2020

10 Arti Mimpi Rambut Rontok, Apakah Mengkhawatirkan?

Tidak semua mimpi rambut rontok memiliki arti negatif lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Jika memiliki rambut rontok dalam kehidupan nyata saja menjadi sesuatu yang mengejutkan, apalagi jika itu sampai terasa di dalam mimpi. Tetntunya itu akan menjadi pengalaman yang menakutkan.

Saat bermimpi memiliki kondisi rambut yang rontok, itu bisa saja menggambarkan banyak hal. Tetapi, sebenarnya apa arti mimpi rambut rontok?

Kehilangan rambut, sebagai bagian penting dari kecantikan dan identitas memiliki makna simbolis yang kuat. Kehilangan rambut akan berdampak negatif bukan hanya di kehidupan nyata, tapi juga dalam mimpi.

Mimpi tidak muncul begitu saja, karena itu adalah representasi dari pikiran bawah sadar.

Memimpikan rambut rontok adalah simbolisme emosional yang kuat, meskipun artinya dapat ditafsirkan dengan berbagai cara untuk setiap individu. Muncul pola penjelasan umum tentang arti mimpi rambut rontok untuk sebagian besar mimpi.

Arti Mimpi Menurut Ahli

arti mimpi rambut rontok

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui arti mimpi rambut rontok, ada baiknya Moms mencari tahu terlebih dahulu apa itu arti mimpi.

Meski ada yang menganggap angin lalu, tapi ada juga yang merasa terus penasaran mengenai arti dari mimpi yang dialaminya saat tidur. Bahkan, saking penasarannya ada juga yang sampai mengalami mimpi buruk yang berujung pada masalah tidur di malam hari.

“Pengalaman bermimpi berbeda-beda bergantung pada tahap kehidupan yang kita jalani. Ketika kita lebih sibuk, maka kita akan mengurangi mimpi atau impian kita mengambil lebih banyak dari kehidupan kita sehari-hari. Ketika kita jauh dari kesibukan sehari-hari mungkin saat liburan, ada lebih banyak ruang bagi alam bawah sadar untuk berbicara, dan saat itulah mimpi berubah,” kata Dr Dwight Turner, seorang psikoterapis di UKCP.

Sebuah studi terhadap 2000 orang dewasa Inggris yang dilakukan oleh Bed SOS mengungkapkan, warga negara di sana paling sering bermimpi tentang berhubungan seks (48%), jatuh (45%) dan dikejar (37%).

Dr Keith Hearne, BSc MSc PhD, seorang psikolog Inggris yang dikenal secara internasional menambahkan, terkadang arti di balik mimpi aneh tidak sejelas yang diperkirakan sebelumnya.

“Mimpi sering salah diterjemahkan dan pesan yang sebenarnya berbeda dengan aslinya. Mereka harus dipahami secara metaforis, tidak secara harfiah," jelasnya.

Menurutnya, alam bawah sadar adalah pemandu, pelindung dan penasehat. “Jadi kita harus selalu mendengarkan,” tambah dia.

Dilansir Time, mimpi juga berkaitan dengan salah satu fase mimpi dalam tidur.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience, menemukan bahwa orang yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam tidur rapid-eye-movement (REM) atau fase ketika bermimpi terjadi, memiliki aktivitas otak terkait rasa takut yang lebih rendah ketika diberi kejutan listrik ringan pada hari berikutnya.

Penemuan ini menunjukkan bahwa mendapatkan tidur REM yang cukup sebelum mengalami pengalaman menakutkan, dapat membuat seseorang kurang rentan terhadap gangguan stres pasca-trauma atau Post Traumatics Stress Disorders (PTSD)

Studi ini bukan yang pertama menunjukkan bahwa tidur REM memberikan manfaat unik.

Beberapa ahli bahkan percaya bahwa sebenarnya kurangnya tidur REM dan kurangnya mimpi bukan hanya kurang tidur secara umum, bertanggung jawab atas banyak masalah kesehatan yang diderita orang Amerika saat ini.

Baca Juga: Mimpi Tentang Orang Meninggal? Ternyata Ini 10 Artinya!

Arti Mimpi Rambut Rontok

Hal pertama yang terlintas dalam pikiran semua orang saat membahas rambut adalah hubungannya dengan kecantikan. Rambut digunakan sebagai alat untuk tampil lebih cantik.

Gaya rambut secara visual berubah begitu banyak sehingga memiliki pengaruh besar pada penampilan di lingkungan sosial.

Saat mendapati mimpi rambut yang rontok, ada kemungkinan Moms sedang merasa kurang percaya diri dan tidak secantik biasanya menurut Psychologium. Kemungkinan arti mimpi rambut rontok lainnya adalah sebagai berikut.

1. Takut Menjadi Tua

10 Arti Mimpi Rambut Rontok -1

Foto: Orami Photo Stock

Penuaan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Kehilangan rambut merupakan salah satu konsekuensi saat tubuh semakin tua.

Rambut selalu dikaitkan secara simbolis dengan penuaan. Warnanya semakin abu-abu, ketebalannya hilang dan proses pertumbuhannya melambat.

Hal yang paling menakutkan terutama untuk perempuan adalah, hampir semua orang mengalami kerontokan rambut seiring bertambahnya usia. Semua orang sadar akan hal itu, tidak semua orang dapat menerimanya dengan mudah.

Karena itulah, arti mimpi rambut rontok seringkali diartikan dengan ketakutan akan penuaan. Untuk menentukan apakah mimpi tersebut disebabkan olehnya, Moms harus mengamati situasi.

Jika Moms masih muda dan sehat, kecil kemungkinan Moms memiliki ketakutan secara sadar atau tidak sadar menjadi tua.

Jika Moms masih muda namun memiliki rambut rontok, tanpa sadar itu mulai berubah menjadi rasa takut.

Beberapa orang mulai merasa tua ketika mendekati usia 30-an sejak mereka mulai mengalami gejala penuaan ringan. Kuncinya adalah berdamai dan menerima apa yang tidak bisa dihindari.

2. Sedang Merasa Cemas

Seperti dibahas di atas, arti mimpi rambut rontok memiliki simbolisme yang kuat dan dikaitkan dengan pengalaman yang tidak diinginkan. Meskipun bukan karena takut bertambah tua, hal itu mungkin disebabkan oleh perasaan cemas.

Arti mimpi rambut rontok mungkin pertanda ada sesuatu yang menyebabkan rasa cemas dan berubah menjadi mimpi rambut rontok di malam hari.

Ini akan berubah menjadi lebih serius dan berubah menjadi kecemasan kronis jika tidak segera melakukan tindakan.

Menurut Anxiety and Depression Association of America , gangguan kecemasan mempengaruhi lebih dari 40 juta orang dewasa di AS. Orang-orang yang menderita kecemasan sering mengalami mimpi yang jelas dan mimpi buruk yang intens.

Kehilangan rambut dalam mimpi bisa berubah menjadi mimpi buruk.

3. Kurang Percaya Diri

10 Arti Mimpi Rambut Rontok -3

Foto: Orami Photo Stock

Rambut adalah simbol kecantikan dan daya tarik. Rontok melambangkan kehilangan daya tarik dan pesona. Pasti ada alasan mengapa Moms memimpikan hal seperti itu. Apakah ada sesuatu yang terjadi dalam hidup yang membuat Moms merasa kurang cantik?

Mungkin berat badan yang bertambah atau tidak punya waktu untuk mengurus diri sendiri belakangan ini menjadi alasannya.

Pikiran bawah sadar mulai berpikir bahwa Moms tidak cantik lagi dan tanpa disadari itu akan mengganggu menunjukkan dirinya dalam mimpi dalam bentuk rambut rontok.

Untuk mengetahui arti mimpi rambut rontok, Moms harus memiliki waktu sendiri untuk mencari tahu tentang tampilan diri dan penampilan belakangan ini.

Tanyakan pada diri sendiri; apa yang berubah secara fisik? Apakah Moms senang dengan penampilan diri? Jika Moms tidak senang dengan penampilan diri, kemungkinan besar otak mengekspresikan pikiran dengan bermimpi rambut rontok.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Rambut yang Diwarnai Agar Awet dan Tetap Sehat

4. Membiarkan Sesuatu atau Seseorang Pergi

Mimpi didasarkan pada pikiran bawah sadar. Tidak semua orang mengartikan mimpi rambut rontok dengan keindahan dan daya tarik diri. Ada juga yang mengartikan bahwa arti mimpi rambut rontok bisa menjadi kehilangan seseorang atau sesuatu.

Otak mungkin sedang memberi tahu bahwa Moms akan melepaskan sesuatu atau seseorang dari hidup dan Moms menerimanya, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Hal ini dapat disebabkan oleh perubahan terbaru dalam hidup, misalnya meninggalkan pekerjaan lama, memulai hubungan baru, atau bahkan melepaskan kebiasaan lama.

Jadi, ini bisa menjadi positif atau negatif, tergantung pada diri dan apa yang terjadi baru-baru ini dalam hidup Moms.

5. Terlalu Banyak Bekerja dan Stress

10 Arti Mimpi Rambut Rontok -5

Foto: Orami Photo Stock

Arti mimpi rambut rontok sebagai sesuatu yang menakutkan dapat berarti sebuah pesan dari pikiran bahwa Moms memaksakan diri terlalu keras. Semua orang memiliki keterbatasan, namun sayangnya banyak yang terlalu memaksakan diri.

Setelah berjam-jam bekerja dan mengonsumsi minuman berkafein, otak memimpikan gambar-gambar yang membuat stres seperti rambut rontok.

Ini memberi tahu bahwa terlalu stress dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius. Moms harus mencoba untuk rileks dan sedikit menjauh dari pekerjaan dalam suatu waktu.

6. Takut Kehilangan Kendali

Memiliki rambut menandakan rasa awet muda, penuh energi dan cantik. Tetapi di balik mimpi kerontokan rambut bisa berarti sesuatu yang sama sekali berbeda, salah satunya takut kehilangan kendali atas sesuatu.

Arti mimpi rambut rontok bisa terkait dengan pekerjaan atau hubungan. Apakah Moms merasa hidup yang terkendali? Apakah ada hal-hal yang tampaknya menjauh dari diri? Jika demikian, kemungkinan besar hal-hal ini menghantui diri masuk melalui mimpi.

Baca Juga: 5 Nutrisi Atasi Rambut Rontok

7. Takut Mati

10 Arti Mimpi Rambut Rontok -7

Foto: Orami Photo Stock

Segala jenis ketakutan pada akhirnya bermuara pada hal yang sederhana; ketakutan akan kematian. Arti mimpi tentang rambut rontok bisa dikaitkan dengannya.

Seringkali orang mengabaikan pemikiran tentang kematian karena itu adalah subjek yang membuat stress.

Menghindari secara sadar bisa bekerja untuk berhenti memikirkannya. Namun, pikiran bawah sadar tidak. Semua pikiran yang tersembunyi dan terdesak tinggal di sana dan menunjukkan diri dalam bentuk mimpi yang tidak menyenangkan.

8. Kehilangan Rambut dalam Kehidupan Nyata

Pernahkah Moms menonton film horor dan pada malam yang sama memimpikan makhluk menakutkan yang ada di dalam film? Ini terjadi karena selama tidur, otak memproses semua hal yang dirasakannya sepanjang hari.

Kemungkinan dari arti mimpi rambut rontok, Moms terus memerhatikan lebih banyak rambut rontok daripada biasanya.

Pernahkah Moms memperhatikan lebih banyak rambut di kamar mandi atau di sisir akhir-akhir ini? Setiap orang akan kehilangan sebagian rambut setiap hari. Ini adalah proses alami, tetapi jumlah yang berlebihan tidak sehat.

9. Takut Kehilangan Hasrat Seksual

10 Arti Mimpi Rambut Rontok -9

Foto: Orami Photo Stock

Secara budaya, baik pria maupun perempuan dipandang muda, vital, dan menarik bila memiliki rambut tebal dan lebat.

Tidak peduli bagaimana rambut mereka dipotong dan ditata, dan berapa pun panjangnya, rambut sehat adalah tanda kesehatan dan daya tarik.

Seiring bertambahnya usia dan rambut yang mulai menipis, rapuh, atau bahkan rontok, sehingga tidak lagi dianggap menarik secara konvensional.

Jadi, arti mimpi rambut rontok mungkin saja seseorang yang bermimpi tentang rambut rontok berarti sedang merasa takut kehilangan potensi seksual atau daya tariknya.

Ini bisa jadi karena bertambahnya usia atau faktor lain. Terkadang, orang tua baru akan bermimpi rambut rontok karena merasa bahwa peran barunya sebagai orang tua telah melucuti identitas seksual.

Di lain waktu, orang yang berat badannya naik, sakit, atau mengalami masa sulit lainnya akan bermimpi kehilangan rambut karena takut tidak menarik lagi.

Baca Juga: 5 Penyebab Utama Rambut Rontok

10. Bentuk Transformasi

Arti mimpi rambut rontok bukan hanya memiliki arti negatif atau sesuatu yang menyedihkan. Mimpi rambut rontok atau botak dapat berarti bahwa hidup akan berubah, atau akan melalui semacam transformasi pribadi.

Menjadi botak dalam mimpi sering diartikan sedang memamerkan diri kepada dunia siapa Moms sebenarnya. Botak bisa berarti sesuatu yang cantik saat Moms bermimpi mengalami rambut rontok. Ini bisa menjadi awal dari babak baru dalam hidup.

Jika bermimpi rambut yang rontok, artinya Moms harus mengamati kehidupan dan kondisi diri dalam kehidupan nyata.

Itu dia Moms, ragam arti mimpi rambut rontok yang bisa melambangkan terjadinya sesuatu dalam kehidupan.

Artikel Terkait