RUPA-RUPA
22 November 2020

13 Arti Mimpi Salat, Bisa Jadi Pertanda Baik!

Sering berarti teguran, ini arti lain saat seseorang bermimpi sedang salat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mimpi adalah pengalaman dari lima fungsi kognitif, yaitu perilaku, penglihatan, emosi, pendengaran dan otak dan indera lainnya. Setiap mimpi mempunyai makna dan artinya masing-masing. Mimpi juga berkaitan dengan alam bawah sadar yang tidak bisa dikontrol oleh siapapun.

Umumnya, kejadian yang terjadi dalam mimpi tidak mungkin terjadi di dunia nyata dan juga di luar kekuatan orang-orang yang merasakan mimpi itu sendiri. Nah, apakah arti mimpi salat?

Arti Mimpi Salat Menurut Islam

13 Arti Mimpi Salat -1

Foto: Orami Photo Stock

Setiap mimpi mempunyai arti dan makna tersendiri. Berdasarkan keterangan menurut Islam, mimpi salat digolongkan menjadi satu di antara pertanda yang baik, yang biasanya dihubungkan terhadap sebuah keinginan dan harapan yang terpendam.

Meski begitu, arti mimpi salat tidak semuanya adalah pertanda baik, karena tergantung bagaimana jalan dari mimpi tersebut. Dalam Islam, salat menempati kedudukan yang tidak dapat ditandingi oleh ibadah lainnya. Salat merupakan salah satu ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Dikutip Konsultasi Syariah arti mimpi mimpi bukanlah keahlian yang bisa dipelajari dan diwariskan, namun merupakan ilmu yang disematkan oleh Allah ke dalam hati manusia.

Karena, arti mimpi disesuaikan dengan keadaan yang dialami oleh orang yang bermimpi, Nabi SAW mengajarkan agar orang yang mendapatkan mimpi buruk untuk meludah ke kiri tiga kali dan membaca doa: “Saya berlindung kepada Allah dari kejahatan setan dan dampak buruk mimpi yang saya alami,”.

Ada beberapa arti saat seseorang mimpi sedang salat seperti berikut:

Baca Juga: 5 Tips Mengajarkan Anak Salat Lima Waktu

1. Arti Mimpi Salat Berjamaah

Arti mimpi salat berjamaah atau bersama-sama adalah suatu pertanda yang baik. Hal ini menandakan bahwa seseorang akan memperoleh kemuliaan dan tercapainya keinginan yang selama ini terpendam berkat mendapat bantuan dari orang-orang di sekitarnya.

2. Arti Mimpi Salat Berjamaah dan Menjadi Muazin

Arti mimpi ini adalah sebuah pertanda yang sangat baik. Mimpi ini menandakan seseorang yang akan mendapatkan rezeki yang sangat banyak dan hidup makmur.

3. Arti Mimpi Salat Sendirian

Berbeda dengan arti mimpi salat berjamaah, mimpi melakukan salat sendirian memiliki arti sebuah imbauan. Mimpi ini adalah imbauan agar seseorang memperbaiki kualitas ibadah dan meningkatkan keimanan kepada Allah.

Ada juga yang mengartikan bahwa mimpi salat sendirian merupakan sebuah pertanda baik. Orang yang bermimpi akan dianugerahi berbagai rezeki. Selain itu, orang tersebut akan makin dipercayai oleh banyak orang.

4. Arti Mimpi Menjadi Imam Salat

Arti mimpi menjadi imam salat adalah akan diberikannya suatu tanggung jawab dan amanah yang sangat besar. Hal ini menjadi pertanda jika seseorang dapat menjalani amanah tersebut dan akan menjadi manusia yang mulia.

Baca Juga: Tips Mengajak Balita Salat Tarawih di Rumah

5. Arti Mimpi Menjadi Imam Salat yang Kurang Lancar

Arti mimpi menjadi imam saat salat tetapi kurang atau tidak lancar, merupakan pertanda seseorang sangat lemah dalam beberapa hal. Mimpi ini merupakan suatu teguran agar orang tersebut dapat meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah.

6. Arti Mimpi Dilempar Sesuatu saat Menjadi Imam Salat

Arti dari mimpi dilempar sesuatu saat menjadi imam salat adalah sebuah gambaran keadaan. Hal ini merupakan teguran bahwa seseorang buruk dalam beragama, sehingga mimpi ini menjadi imabauan agar seseorang dapat memperbaiki diri dan keimanan kepada Allah.

7. Arti Mimpi Menjadi Makmum saat Salat

Mimpi menjadi makmum adalah suatu pertanda yang baik. Hal ini menandakan bahwa orang yang memimpikanya akan mendapatkan kemuliaan hidup dan kemuliaan agama. Meski begitu, kadang mimpi ini juga merupakan peringatan agar senantiasa meningkatkan keimananan.

8. Arti Mimpi Salat dengan Khusuk

Arti dari mimpi salat dengan khusyu adalah menandakan sesuatu terkait dengan keagamaan. Mimpi ini menjadi pertanda bahwa seseorang akan memperoleh kedudukan yang tinggi di masyarakat yang berkaitan dengan bidang keagamaan.

9. Arti Mimpi Melaksanakan Salat dengan Sempurna

Mimpi melaksanakan salat dengan baik dan sempurna memiliki pertanda yang baik. Hal ini menandakan bahwa seseorang sudah bisa mencapai kesempurnaan dalam beribadah. Selain itu, mimpi ini juga menandakan orang tersebut sudah dapat menjadi seseorang yang baik serta taat kepada perintah dan larangan Allah.

10. Arti Mimpi Salat dalam Kesulitan

Mimpi sedang salat namun mengalami kesulitan adalah pertanda bahwa selama ini seseorang belum mencapai fokus melakukan sesuatu atau lebih khususnya belum khusuk dalam beribadah, terutama salat. Ini adalah sebuah teguran.

Mungkin, orang tersebut selama ini hanya sekadar melaksanakan ibadah saja tanpa memaknainya. Mimpi ini menjadi pertanda jika seseorang akan mendapatkan sebuah ujian yang berkaitan dengan ibadah.

11. Arti Mimpi Salat Tahajud di Dalam Masjid

Orang yang memimpikannya akan mempunyai cita-cita yang cerah dan akan menggapainya dengan baik. Mimpi ini juga menandakan bahwa orang yang bermimpi tersebut adalah orang yang taat dan beriman kepada Allah SWT.

Baca Juga: Melihat Binatang dalam Mimpi? Ini Artinya!

12. Arti Mimpi Salat Jumat

Mimpi ini menunjukkan bahwa orang yang mengalami mimpi ini akan melakukan perjalanan yang mungkin jauh, tetapi perjalanan itu belum memiliki tujuan yang pasti. Pada saat yang sama, orang tersebut akan menerima kemuliaan dan juga kesuksesan berlimpah sepanjang perjalanan tersebut.

13. Arti Mimpi Salat di Depan Kabah

Jika seseorang melihat dirinya melakukan salat di Kabah dengan cara yang benar, menjalankan ruku dan sajdah lengkap dan khusyu, maka itu berarti bahwa orang tersebut teguh memegang Alquran dan Sunnah.

Sebab, shalat adalah rukun Islam (setelah Imaan) dan penghubung antara Allah dan hamba-Nya. Tetapi jika shalatnya cacat atau kurang khusyuk, itu menunjukkan bahwa orang terrsebut tidak menghargai Islam. Orang itu harus menebus kesalahannya tanpa penundaan dengan benar-benar melakukan ibadah kepada Allah.

Bermimpi Meningkatkan Kreativitas dan Pemecahan Masalah

13 Arti Mimpi Salat -2

Foto: Orami Photo Stock

Selama bermimpi, otak akan mengumpulkan informasi yang diperoleh dan kemudian menggabungkan serta menghasilkan aturan dan kesamaan yang menyeluruh, menciptakan pola pikir yang dapat membantu seseorang mengatasi masalah yang sebelumnya tidak dapat diselesaikan.

Dalam studi Brain Research, peneliti menguji hal tersebut dengan membangunkan peserta di malam hari selama tidur non-REM dan tidur mimpi, dan memberi tes yang sangat singkat: memecahkan teka-teki anagram, yakni menguraikan huruf untuk membentuk sebuah kata misalnya bartib=rabbit (kelinci).

Dalam studi lain yang dilakukan Proceedings of National Academy of Science of The United States, peneliti mengajari peserta serangkaian fakta relasional — seperti, A> B, B> C, C> D, dan seterusnya — dan menguji pemahaman mereka dengan mengajukan pertanyaan misalnya, apakan B> D atau tidak?.

Hasil dari kedua penelitian tersebut menunjukkan bahwa meski sering dianggap sepele, tetapi ini adalah salah satu operasi utama yang membedakan otak manusia dari komputer. Para peserta mampu memecahkan masalah meski dalam kondisi tidak sepenuhnya sadar.

Bermimpi juga dapat meningkatkan pemecahan masalah secara kreatif, menurut penelitian yang dilakukan di Current Biology. Dalam penelitian tersebut, peserta diajak untuk belajar menavigasi labirin virtual menggunakan trial and error dan dibantu dengan penempatan benda-benda unik di persimpangan tertentu di labirin tersebut.

Setelah sesi pembelajaran, kelompok dibagi menjadi dua, dengan setengah tidur siang dan setengah lagi menonton video selama 90 menit. Kadang-kadang orang yang tidur siang dibangunkan untuk menanyakan tentang isi mimpi mereka; mereka yang menonton video juga ditanyai tentang pikiran-pikiran yang ada dalam pikiran mereka.

Setelah itu, para peserta kembali mencoba untuk memecahkan labirin, dan mereka yang tidur siang secara signifikan lebih baik daripada mereka yang tidak melakukannya, seperti yang diharapkan. Tetapi para peserta yang melaporkan bermimpi tentang labirin 10 kali lebih baik dalam tugas tersebut daripada mereka yang tidur siang dan tidak bermimpi tentang labirin.

Ada alasan mengapa seseorang tidak pernah diberitahu untuk tetap sadar akan suatu masalah. Melihat isi mimpi ini, jelas terlihat bahwa peserta tidak memimpikan ulang pengalaman belajar yang tepat saat bangun.

Namun, mereka memetik bagian yang menonjol dari pengalaman belajar dan mencoba menempatkannya di dalam katalog pengetahuan yang sudah ada sebelumnya. Inilah cara bermimpi membantu kita menjadi lebih kreatif.

Meskipun manfaat dari bermimpi itu nyata, terlalu banyak dari manusia yang mengalami masalah tidur selama delapan jam penuh dan kehilangan keuntungan ini. Tapi, penelitian dengan jelas menunjukkan bahwa orang-orang yang bangga saat dirinya kurang tidur merupakan sesuatu yang salah.

Baca Juga: Waspada, 10 Mimpi Ini Bisa jadi Pertanda Kesialan dan Musibah

Mimpi Menurut Psikologi

13 Arti Mimpi Salat -3

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir Psychreg, mimpi merupakan topik yang menarik dalam psikologi. Faktanya, mimpi telah dipelajari berkali-kali dan menurut beberapa psikolog, mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang sifat mimpi dapat meningkatkan pengetahuan diri dan membantu pertumbuhan pribadi.

Mimpi adalah rangkaian sensasi, emosi, ide, dan gambaran yang muncul tanpa disengaja dalam pikiran seseorang selama tahap tertentu dalam tidur. Mimpi terjadi pada tahap gerakan mata cepat (REM) saat tidur karena ini adalah saat aktivitas otak tinggi dan paling mirip dengan saat bangun.

Saat di REM, tahap istirahat yang mendalam adalah waktu yang khas untuk mendengkur. Terlepas dari apa yang mungkin diharapkan, mimpi terjadi tepat pada fase REM terakhir dari setiap siklus. Tampaknya seseorang tidak mendengkur saat bermimpi, karena kondisi ini muncul dalam berbagai tahap istirahat.

Ini adalah gerakan mata yang terus menerus selama tidur yang mengidentifikasi tidur REM; Namun, mimpi dapat terjadi selama tahap tidur lainnya, tetapi mimpi ini cenderung kurang berkesan dan kurang jelas.

Diperkirakan bahwa mimpi yang mengandung objek atau subjek tertentu dapat memberi tahu tentang kepribadian, dan apa yang bermain di dalam pikiran sesorang.

Salah satu fakta unik tentang mimpi adalah adanya mimpi pada laki-laki dan perempuan. Ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa laki-laki lebih sering bermimpi tentang senjata daripada perempuan, sementara perempuan lebih sering bermimpi tentang referensi pakaian daripada laki-laki.

Perempuan cenderung memiliki mimpi yang sedikit lebih lama yang menampilkan lebih banyak karakter. Ketika berbicara tentang karakter yang biasanya muncul dalam mimpi, laki-laki bermimpi tentang laki-laki lain dua kali lebih sering daripada tentang perempuan, sementara perempuan cenderung bermimpi tentang kedua jenis kelamin secara setara.

Baca Juga: Moms dan Dads, Ini Tips Salat Tanpa Diganggu Anak

Mimpi laki-laki cenderung memiliki konten dan aktivitas fisik yang lebih agresif, sedangkan mimpi perempuan mengandung lebih banyak penolakan, serta lebih banyak percakapan daripada aktivitas fisik, dilansir penelitian di Science Direct.

Psikolog Dr Jennie Parker dari University of the West of England mengatakan, laki-laki lebih mungkin bermimpi tentang seks daripada perempuan.

“Dan perempuan lebih mungkin lebih sering mengalami mengalami mimpi buruk,” kata dia.

Kabar baiknya, arti mimpi salat lebih banyak bersifat positif. Artinya, meski ada beberapa hal yang harus diwaspadai, namun semuanya demi kebaikan orang yang bermimpi tersebut.

Artikel Terkait