SELEBRITI
15 Juni 2019

Ini 4 Artis dengan Gangguan Psikiatri, Enggak Nyangka!

Terlepas dari gangguan psikiatri yang diderita, mereka tetap produktif berkarya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mendengar kata gangguan psikiatri mungkin membuat Moms berpikir tentang orang gila. Namun ternyata gangguan psikiatri tidak selalu membuat orang disebut sakit jiwa.

Ternyata banyak orang yang menderita gangguan psikiatri, bahkan termasuk artis, baik dari luar negeri maupun luar negeri. Dari luar negeri, Mariah Carey, Lady Gaga, hingga Demi Lovato pernah mengaku memiliki penyakit tersebut.

Sementara itu, di Indonesia beberapa artis ternyata juga mengidap gangguan ini. Siapa saja artis dengan gangguan psikiatri? Yuk simak bersama Moms!

Baca Juga: Cerita 3 Anak Artis indonesia yang Mengidap Penyakit Langka

1. Tora Sudiro

tora.jpg

Artis dengan gangguan psikiatri yang pertama adalah Tora Sudiro. Bukan hanya perempuan, laki-laki juga bisa mengidap gangguan prikiatri, aktor Tora Sudiro, salah satunya.

Tora mengidap tourette syndrome, sebuah penyakit turunan yang menyerang saraf dan membuat sang penderita sering kali berkata-kata atau melakukan gerakan di luar kendali. Meski begitu, gangguan ini bisa disembuhkan baik melalui terapi maupun obat-obatan.

Pada 2017, Tora sempat ditangkap karena memiliki 30 butir dumolid tanpa resep dokter. Tora mengaku menggunakan dumolid karena stres dan mengalami insomnia. Selain itu, untuk meredakan sindromnya.

Baca Juga: 6 Artis yang Selamat dari Kanker Payudara

2. Vidi Aldiano

vidi.jpg

Artis dengan gangguan psikiatri yang selanjutnya adalah Vidi Aldiano. Tora bukan menjadi satu-satunya artis pria yang memiliki gangguan psikiatri. Penyanyi Vidi Aldiano juga ternyata memiliki gangguan psikiatri, yaitu anxiety attack atau serangan kecemasan yang sampai membuatnya pingsan.

Menurutnya, gangguan ini telah lama ia derita, namun tidak diceritakan, kecuali kepada orang terdekat.

Pengakuan Vidi ini pertama kali diungkap dalam akun Youtube Channel Raditya Dika. Vidi yang sempat malu untuk mengakui penyakit ini makin terbuka dan berdamai dengan keadaan yang alaminya tersebut.

Meski begitu, saat ini Vidi masih terus mencari bantuan dan berdamai dengan diri sendiri, alias self healing yang juga dipercaya bisa mengurangi kecemasan yang dialami. Karena gangguan ini, Vidi pernah membatalkan acara yang harus dia isi.

3. Dita Anggraeni

meychan.jpg

Artis dengan gangguan psikiatri yang selanjutnya adalah Dita Anggraeni. Artis yang pernah dikenal sebagai Mey Chan juga ternyata memiliki gangguan psikiatri yang disebut panic attack disorder.

Penyakit itu membuat Mey Chan kerap dilanda kepanikan dan ketakutan yang amat parah. Perasaan itu tak jarang membuatnya ingin pingsan. Untuk mengurangi dan mengobati serangan panik yang bisa terjadi kapan saja dan di mana saja ini, Mey Chan selalu membawa obat kemana saja.

Mey Chan juga mengaku berdamai dengan dirinya adalah salah satu obat terbaik dan membuat dirinya makin menghargai hidup dan masalah yang kerap kali datang.

Baca Juga: 5 Artis Indonesia Ini Meninggal karena Kanker Payudara

Itulah beberapa artis dengan gangguan psikiatri. Siapa yang sangka ya kalau mereka ternyata memiliki gangguan psikiatri dan bisa terus berkarya.

(TPW)

Artikel Terkait