SELEBRITI
9 Oktober 2019

Ashanty Didiagnosis Mengidap Penyakit Autoimun, Ini 3 Selebriti Indonesia yang Juga Mengidap Penyakit Autoimun

Qory Sandioriva sempat menjalani pengobatan ke Korea Selatan lho Moms

Sumber: instagram.com/ashanty_ash

Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Ashanty baru saja mengetahui kalau dirinya ternyata mengidap penyakit autoimun. Penyakit autoimun sendiri adalah kondisi saat sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh pengidapnya.

Beberapa penyakit autoimun di antara lupus, Rheumatoid arthritis, Diabetes tipe 1, Multiple sclerosis (MS), penyakit Graves, dan Psoriasis.

Ashanty memang mengaku memiliki beberapa keluhan, seperti pelupa, kerap cemas dan mudah stres tapi tidak tahu sakit apa. Untungnya dirinya ikut check up saat mengantarkan suaminya, Anang Hermansyah untuk medical check up juga.

Awal mengetahui, dia sangat takut, apalagi setelah mencari tahu lewat internet tentang penyakit ini, dirinya makin parno.

Untungnya dirinya menemukan dokter yang andal dan membuat dirinya tenang bahkan kalau rajin terapi sangat mungkin Bunda Ash bisa sembuh.

Bunda Ash bukan satu-satunya selebriti Indonesia yang mengidap autoimun. Mau tahu siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

Baca Juga: Ibunda Mikha Tambayong Meninggal karena Autoimun, Ini Gejala dan Faktor Risiko Penyakit Autoimun

1. Raditya Dika

radit.jpg

Foto: instagram.com/raditya_dika/

Raditya Dika mengidap penyakit autoimun dan menjelaskan perihal penyakitnya tersebut di akun Youtube-nya. Berbeda dengan Ashanty dan memilih pengobatan di dalam negeri, Radit justru berobat di Negeri Singa dan kerap kali ditemani sang istri Anissa Aziza dan sang anak.

Selain untuk memeriksakan kondisinya, Radit mengajak keluarganya sekaligus untuk liburan. Setidaknya, Radit memeriksakan penyakitnya tersebut setahun sekali di Singapura.

Hingga kini, Radit belum pernah benar-benar menjelaskan jenis autoimun apa yang dideritanya.

Baca Juga: Raditya Dika Jalani Pengobatan untuk Penyakit Autoimun yang Dideritanya, Begini Ceritanya

2. Qory Sandioriva

qory.jpg

Foto: instagram.com/qorysandioriva

Mantan Putri Indonesia ini sudah lama mengetahui kalau dirinya mengidap penyakit autoimun. Bahkan pada 2009, dirinya pingsan secara tiba-tiba tanpa ada penyebabnya.

Saat masih menikah dengan Ramon Y Tungka, Ramon sampai meminta Qory Sandioriva untuk tidak bekerja karena penyakitnya tersebut.

Qory pun sampai berobat ke Korea Selatan untuk kesembuhan penyakitnya itu. Dirinya menjelaskan, badannya yang menggemuk pun karena penyakit tersebut, selain kulitnya sering kali memerah dan perih saat tersentuh.

Untungnya, saat ini Qory sudah sembuh dan dirinya ingin kembali menikah dan menambah anak.

3. Olivia Lazuardy

oliv.jpg

Foto: instagram.com/olivialazuardy

Selebgram dan beauty influencer Olivia Lazuardy menceritakan tentang penyakit autoimun yang dideritanya yaitu psoriasis.

Jadi psoriasis itu efeknya jadi bikin efek kulit kering, merah, iritasi, dan kadang-kadang kalau parah banget bisa sampai berdarah, seperti yang Olivia ungkapkan di akun Instagram-nya.

Sama dengan Qory, Olivia juga menderita penyakit ini sudah 10 tahun, sejak dirinya masih remaja. Pemicu kambuhnya penyakit ini pun beragam, kadang kalau kelelahan dan stres penyakit Olivia ini bisa kambuh.

Dirinya bahkan pernah bangun tidur dengan baju yang sudah berdarah-darah. Olivia mengatakan bahwa kondisi psoriasis ini tidak bisa disembuhkan, tetapi, bisa dikontrol dengan memerhatikan pola makan.

Baca Juga: Selebgram Olivia Lazuardy Mengidap Penyakit Autoimun Psoriasis, Ketahui 5 Faktanya

Itulah beberapa artis yang tengah berjuang mengendalikan penyakit autoimun yang mereka derita. Semoga mereka selalu diberikan kesehatan ya Moms.

(TPW)

Artikel Terkait