DI ATAS 5 TAHUN
15 April 2020

Asli Papua, Ini Manfaat Buah Matoa Untuk Anak

Buah khas Papua yang bentuknya mirip lengkeng
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jangankan mengenal manfaat buah matoa, sepertinya sebagian besar orang tua masih asing dengan nama dan bentuk buah yang memiliki nama latin Pometia pinnata ini ya, Moms?

Buah matoa sebenarnya berasal dari tanah Papua, dan cukup mudah ditemukan di wilayah Indonesia bagian timur.

Buah matoa berbentuk bulat dengan kulit luar berwarna merah kehijauan, tapi tekstur bagian dalamnya hampir mirip dengan buah leci, rambutan, atau lengkeng.

Bagi yang sudah pernah mencicipinya, buah matoa memiliki rasa manis yang unik seperti kombinasi rambutan, lengkeng, dan durian sekaligus.

Baca Juga: Manis dan Legit, Ini 4 Manfaat Buah Kelengkeng yang Tak Terduga!

Apa Saja Manfaat Buah Matoa?

Setelah berkenalan dengan buah matoa, mari kita simak bersama kandungan nutrisi dan berbagai manfaatnya untuk anak berikut ini.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Asli Papua, Ini Manfaat Buah Matoa Untuk Anak 1.jpg

Foto: www.youtube.com/agusyuniarso

Bukan cuma rasanya yang lezat, buah matoa juga mengandung vitamin C dan E.

Keduanya dikenal sebagai antioksidan terbaik yang bisa melindungi tubuh dari berbagai ancaman radikal bebas dan berbagai zat berbahaya lainnya.

Menurut sebuah studi yang dilansir oleh Free Radical Biology and Medicine, vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan, menguatkan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah anak terkena infeksi saluran pernapasan atas dan berbagai penyakit lain.

Baca Juga: 4 Tipe ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas) pada Anak Yang Wajib Moms Tahu

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Asli Papua, Ini Manfaat Buah Matoa Untuk Anak 2.jpg

Foto: Tokopedia.com

Buah matoa adalah salah satu buah yang memiliki kandungan tanin, sebuah senyawa yang memberikan rasa dan warna khas pada tanaman.

Tanin memiliki khasiat alami untuk mencegah pertumbuhan sebagian besar jenis jamur, bakteri, dan virus, sehingga dapat mencegah munculnya jerawat pada anak yang menjelang atau sudah memasuki masa puber.

Manfaat buah matoa bagi kesehatan kulit juga datang dari kandungan vitamin C yang berperan penting dalam produksi kolagen, serta vitamin E yang dapat melindungi kulit anak dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

3. Menenangkan

Asli Papua, Ini Manfaat Buah Matoa Untuk Anak 3.jpg

Foto: Ensiklopediaindonesia.com

Berkat kandungan vitamin E di dalamnya, makan buah matoa rupanya bisa membantu meredakan gejala stres dan cemas pada anak juga lho, Moms.

Seperti dikutip dari healthline.com, tubuh ternyata akan cepat kehilangan vitamin E saat sedang stres dan cemas.

Baca Juga: Apakah Vitamin E Membantu Cepat Hamil?

Nah, mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dapat mengembalikan keseimbangan nutrisi dalam tubuh sehingga gejala stres dan cemas pun ikut berkurang.

Sayangnya, sampai saat ini masih sangat sedikit penelitian ilmiah yang membahas tentang manfaat buah matoa. Semoga di masa depan kita bisa tahu lebih banyak tentang buah asal Papua ini ya, Moms.

Bagaimana dengan Moms, sudah pernahkah mencicipi buah matoa sebelumnya?

Artikel Terkait