BALITA DAN ANAK
1 Juli 2019

Wajib Tahu! Ini Aspek Keamanan saat Anak Bermain di Luar Ruangan yang Perlu Diperhatikan

Perhatikan keamanan anak juga saat bermain
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak merupakan satu hal yang penting bagi orang tua. Namun bukan hanya asupan makanan dan nutrisi anak saja yang penting untuk diperhatikan ya Moms.

Aspek lainnya seperti kegiatan fisik yang dilakukan anak seperti bermain di luar ruangan juga penting. Meski terdengar sepele, membiarkan anak bermain secara bebas memiliki banyak manfaat lho Moms,. Salah satunya untuk mengembangkan kemampuan sosialnya dan kesehatan fisiknya.

Jika hanya bermain di dalam ruangan, anak tidak akan mengenal dunia luar dan pada akhirnya bisa menjadi anak yang takut dengan orang lain.

Untuk Moms yang ingin mulai membiasakan anak bermain di luar ruangan, jangan lupa juga untuk memperhatikan aspek keamanannya ya. Apa saja aspek keamanan saat anak bermain di luar ruangan yang perlu diperhatikan? Simak ulasan berikut.

Baca Juga: 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

1. Perhatikan Batas Aman

outdoor 1.jpg

Foto: Rightstepforkids.com

Aspek keamanan saat anak bermain di luar ruangan yang perlu diperhatikan yang pertama adalah batas aman. Jika Moms membawa Si Kecil bermain di halaman belakang, penting untuk menentukan batas keamanan anak. Misalnya sampai mana anak boleh bermain atau selaus apa wilayah untuk anak bermain.

Jangan sampai orang tua lalai memperhatikan tumbuhan, binatang, atau benda berbahaya yang mungkin saja bisa melukai si buah hati. Terus perhatikan anak dan jangan pernah ditinggal, apalagi jika anak masih dalam usia balita.

2. Keamanan Alat Bermain

outdoor 2.jpg

Foto: Babysits.com

Aspek keamanan saat anak bermain di luar ruangan yang perlu diperhatikan yang selanjutnya adalah keamanan alat bermain.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang RS Pondok Indah-Pondok Indah dr Catharine Mayung Sambo, Sp. A (K) mengatakan, Jika Moms dan Dads menyediakan alat bermain untuk anak agar ia lebih tertarik dan tidak bosan, pastikan juga alat bermain tersebut aman dan sesuai dengan usia Si Kecil.

“Pastikan ukurannya tidak terlalu besar atau kecil, alat yang digunakan kuat, tingkat kesulitannya sesuai dengan kemampuan anak, dan tingginya sesuai dengan tinggi badan anak,” kata dr Catherine.

Jangan lupa juga pastikan tidak ada bagian yang tajam, berkarat, longgar, atau rusak yang dapat membahayakan anak.

Baca Juga: 4 Ide Bermain Dengan Balita Mama Saat Weekend

3. Keamanan Diri

outdoor 3.jpg

Foto: Surprisecollector.net

Aspek keamanan saat anak bermain di luar ruangan yang perlu diperhatikan yang selanjutnya adalah keamanan diri. Selain keamanan tempat bermain aspek keamanan lainnya yang perlu diperhatikan adalah keamanan diri Si Kecil.

Misanya Moms mengajak anak bersepede keliling kompleks, jangan lupa untuk memakaikannya helm, serta pelindung siku dan lutut jika diperlukan.

Jika anak bermain bola bersama temannya, jangan lupa untuk pakaikan pelindung lutut juga. Untuk bagian lengan, Moms bisa pakaikan baju lengan panjang yang tipis dan nyaman.

4. Bimbingan dan Pengawasan Orang Tua

outdoor 4.jpg

Foto: Scholastic.com

Aspek keamanan saat anak bermain di luar ruangan yang perlu diperhatikan yang selanjutnya adalah bimbingan dan pengawasan orang tua. Anak bermain di luar ruangan bersama teman, bukan berarti Moms bisa melepaskan pengawasan begitu saja.

Tetap penting untuk selalu memperhatikan anak walaupun ia sibuk bermain. Jangan sampai karena lalai sedikit, anak menjadi terluka dan celaka. Tetap pastikan mereka berada dalam pengawasan kita ya Moms.

Baca Juga: Agar Rumah Tak Berantakan, Yuk Ciptakan Tempat Bermain Anak di Rumah!

Sepenting itulah aspek-aspek keamanan saat anak bermain di luar ruangan yang perlu diperhatikan oleh orang tua. Jangan sampai kita lalai dalam menjaga anak ya Moms. Keamanan anak tetap nomor satu.

Artikel Terkait