BALITA DAN ANAK
6 April 2020

Asupan Serat untuk Anak ala Keluarga Tarra Budiman dan Istri, Yuk Intip!

Penting untuk menjaga kelancaran sistem pencernaan Si Kecil
placeholder

Foto: Instagram.com/tarrabudiman

placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Baik itu dalam hal kebutuhan Si Kecil, maupun asupan nutrisi dan makanan yang dikonsumsi oleh anak setiap harinya.

Sayangnya memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil pun tidak selalu bisa berjalan lancar. Meskipun kita sebagai orang tua mungkin mengira nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil sudah tercukupi dengan sangat baik, bisa jadi belum tentu lho Moms.

Baca Juga: Cara Terbaik Memantau Pertumbuhan Anak dan Memenuhi Nutrisinya dengan Baik

Hal ini dialami sendiri oleh pasangan selebriti Gya Sadiqah dan Tarra Budiman dalam mengurus buah hatinya.

Ditemui dalam acara Bicara Gizi oleh Danone yang digelar di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (4/3), Tarra dan Gya menceritakan pengalaman tidak menyenangkan ketika Si Kecil Kalea sempat mengalami masalah pencernaan.

Mengalam Gangguan Buang Air Besar (BAB)

serat untuk anak

Foto: Orami Photo Stock

Orang tua akan merasa sangat khawatir apabila anaknya mengalami suatu gangguan atau sedang sakit. Gya dan Tarra seringkali khawatir ketika Si Kecil Kalea mengalami gangguan pencernaan atau gangguan BAB.

Gangguan BAB pada balita ini biasanya disebabkan karena kebutuhan serat anak tidak terpenuhi dengan baik. Hal ini juga yang terjadi pada Kalea, sehingga mempengaruhi kesehatan saluran cernanya.

Baca Juga: 3 Jenis Gangguan Pencernaan yang Sering Dialami Balita

“Tantangan bagi kami adalah seringkali kesulitan untuk mengetahui apakah Kalea sudah mengkonsumsi serat yang cukup apa belum,” terang Tarra.

Asupan Serat untuk Anak Ala Gya dan Tarra

asupan serat anak

Foto: dok. Danone

Pasangan ini bercerita, bahwa mereka pernah memberikan anaknya asupan buah pepaya, yang dikenal bagus untuk melancarkan pencernaan. Sayangnya hasil yang didapat justru berkebalikan, Kalea malah sulit untuk BAB.

Mereka pun mengaku cukup bingung sebagai orang tua baru dan otomatis menghentikan asupan pepaya untuk sang putri.

Bukan hanya pepaya saja, jika Si Kecil Kalea terlalu banyak makan sayuran hijau tertentu, dia juga akan mengalami susah BAB.

Baca Juga: 5 Sayuran Hijau Terbaik untuk MPASI Anak

"Setiap anak memiliki reaksi yang berbeda terhadap asupan yang diterimanya. Hal ini dikarenakan ada kandungan-kandungan yang bisa jadi tidak cocok," ungkap Prof. dr. Badriul Hegar, dalam kesempatan yang sama.

Karena hal ini, Gya dan Tarra pun mengaku segera melakukan perubahan dan penyesuaian terhadap asupan serat anak dengan memberikn makanan lain seperti buah naga, jeruk, apel, serta berbagai macam kacang-kacangan.

Artikel Terkait