PROGRAM HAMIL
30 April 2019

Atasi Gusi Bengkak Saat Hamil Dengan Cara Ini

Gusi bengkak saat hamil menjadi hal yang umum terjadi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Perubahan fisik saat hamil memang bisa saja mengganggu. Perubahan tersebut terjadi di berbagai tubuh, mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Moms mungkin mengalami gusi bengkak saat hamil.

Gusi yang bengkak mungkin terasa sakit dan lebih rentan mengalami pendarahan. Kondisi ini akan semakin sering terjadi selama kehamilan. Radang gusi saat hamil ini disebut gingivitis.

Lantas apa yang menyebabkan kondisi ini? Kehamilan gingivitis atau gusi bengkak saat hamil disebabkan oleh perubahan hormon yang meningkatkan aliran darah ke jaringan gusi.

“Hal ini akan menyebabkan gusi ibu hamil menjadi lebih sensitif, mudah mengalami infeksi dan bengkak,” ujar Roger W, M.D, seorang dokter obgin dan penulis buku Mayo Clinic Guide To A Healthy Pregnancy Harms, sebagaimana dikutip dari americanpregnancy.org.

Baca Juga : Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Ibu Hamil

Perubahan hormon ini juga menghambat respons normal tubuh terhadap bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dalam suatu waktu. Jika sensitif, Moms bisa mengalami infeksi berkepanjangan.

Selain itu, radang gusi ini membuat plak lebih mudah menumpuk di gigi saat sedang hamil. Hal tersebut bisa membuat Moms jadi lebih rentan terhadap radang gusi.

Tingkat keparahan gingivitis kehamilan atau radang gusi saat hamil biasanya meningkat pada trimester kedua.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak Saat Hamil

gusi bengkak hamil 01
Foto: Medical News Today

Perawatan gigi yang baik sangat penting dilakukan selama kehamilan. Moms harus menyikat gigi setidaknya dua kali sehari. Jangan lupa untuk memakai dental floss setidaknya sekali sehari.

Memilih pemakaian sikat gigi yang lembut juga dapat mengurangi iritasi pada gusi.

Selama hamil, Moms juga harus menjaga pembersihan gigi secara profesional terjadwal dan mendiskusikan masalah dengan dokter gigi. Hamil tak membuat Moms absen untuk melakukan pemeriksaan gigi secara rutin.

Jika gingivitis dibiarkan dan tidak terkendali, kondisi tersebut dapat menyebabkan bentuk penyakit gusi yang lebih serius yang disebut periodontitis.

Periodontitis selama kehamilan meningkatkan kemungkinan kelahiran prematur.

Nah, kondisi ini bisa Moms cegah dengan kebersihan mulut yang baik. Salah satu langkah mudahnya adalah melakukan pemeriksaan rutin ke dokter. Jadi tak perlu ada yang dikhawatirkan lagu bukan?

Selain pemeriksaan rutin, ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk mengatasi gusi yang bengkak dan memiliki kesehatan mulut yang lebih sehat. Untuk pemeriksaan ke dokter, lakukan setidaknya satu pemeriksaan oral selama kehamilan.

Baca Juga : 4 Langkah Aman Mengatasi Sakit Gigi Saat Hamil

Moms bisa menggunakan air garam hangat untuk berkumur setiap hari atau atau berkala. Masukkan 1 sendok the garam untuk satu gelas air hangat.

Selain berkumur, Moms perlu menyikat gigi dua kali sehari terutama setelah muntah yang diakibatkan oleh morning sickness.

Muntah bisa meningkatkan asam pada mulut yang berujung pada kerusakan gigi. Kesehatan gigi nyatanya berhubungan dengan nutrisi.

Jadi, Moms juga harus mengkonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi. Jangan lupa meningkatkan asupan kalsium sehari-hari.

Gusi bengkak saat hamil biasanya kembali normal setelah proses melahirkan. Pendarahan pada gusi dan gusi sensitif juga seharusnya berkurang.

Hubungi dokter gigi jika pembengkakan dan iritasi terjadi semakin buruk saat hamil atau bahkan terjadi sampai setelah melahirkan.

Apakah Moms pernah mengalami kondisi gusi bengkak saat hamil? Apa yang dilakukan?

(GSA/CAR)

Artikel Terkait