KESEHATAN
13 Juni 2019

Atasi Jerawat di Bokong Dengan 4 Cara Ini

Mandi setelah berkeringat bisa mengatasi jerawat bokong
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Jerawat di bokong memang menyebalkan. Pernahkah Moms mengalami hal yang satu ini?

Ternyata, jerawat bokong ini menurut dokter kulit dari Kota New York, Debra Jaliman, adalah folikulitis. “Benjolan kecil tersebut terbentuk oleh sel-sel kulit mati dan bakteri yang terdapat di dalam folikel rambut,” jelasnya.

Fakta lainnya adalah wanita yang bekerja lebih rentan terkena jerawat di bokong. Simak beberapa penjabaran dari Jaliman untuk membasmi jerawat di bokong Moms.

Baca Juga : 5 Bentuk Bokong Wanita dan Celana Dalam yang Sesuai

1. Gunakan Sabun yang Mengandung Benzoil Peroksida

Untuk membasmi jerawat pada bokong, Moms harus menyingkirkan folikulitis terlebih dahulu karena membuat bagian tersebut mengering dan mengelupaskan kulit mati yang menyumbat folikel.

2. Buka Pori-Pori Dengan Bantalan Yang Telah Diberi Asam Salisilat

Untuk mencegah perkembangan penyumbatan pori-pori mendatang, bubuhi asam salisilat pada bantalan dan gunakan beberapa kali dalam seminggu.

Meskipun jerawat di bokong tak sesakit jerawat di tubuh lain, tetapi jerawat di bokong juga memerlukan pembersihan yang sama seperti bagian tubuh lain.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Usir Jerawat Membandel di Wajah

3. Gunakan Lotion Yang Mengandung Asam Laktat

Tahukah Moms, asam laktat yang terdapat pada lotion tertentu akan mengelupaskan sel-sel kulit mati di bokong dengan lembut.

Seperti yang Jaliman katakan, itu akan membantu Moms untuk menyingkirkan benjolan-benjolan yang mengganggu.

4. Selalu Mandi Setelah Berkeringat

Apakah Moms tidak mengganti pakaian Moms setelah pergi gym? Dan Moms duduk dengan menggunakan pakaian dalam yang sama? Jaliman mengatakan, kebiasaan buruk itu dapat menyebabkan jerawat pada bokong.

“Yang baik adalah mandi setelah berolahraga atau beraktivitas yang mengeluarkan banyak keringat. Jadi, jangan duduk dengan menggunakan pakaian Moms yang basah yang dipenuhi dengan bakteri,” jelasnya.

Baca Juga: 3 Kesalahan Memakai Makeup yang Bikin Wajah Jerawatan

Dia merekomendasikan untuk menggunakan puff yang biasa digunakan untuk mandi. Dengan menggunakan puff tersebut dapat menghilangkan keringat, bakteri, ataupun sel-sel kulit mati yang ada pada permukaan kulit.

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait