KEHAMILAN
2 Juli 2019

Atasi Susah Tidur Saat Hamil Muda Dengan Cara Ini

Susah tidur menjadi hal umum yang dialami ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Tahukah Moms bahwa sebagian besar perempuan mengalami masalah tidur selama kehamilan?

Wanita hamil cenderung mendapatkan lebih banyak tidur selama trimester pertama mereka tetapi mengalami penurunan besar dalam kualitas tidur mereka.

Ternyata kehamilan bisa membuat Moms merasa lelah sepanjang hari.

Baca Juga : Benarkah Ibu Hamil Makanan Empuk Bagi Nyamuk?

Penyebab Susah Tidur Saat Hamil Muda

Lakukan Ini untuk Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil Muda 01.jpg

Foto: Medical News Today

Ternyata, ada banyak hal yang jadi penyebab susah tidur saat hamil muda.

Menurut Debra Rose Wilson, PhD, MSN, RN, IBCLC, AHN-BC, CHT, seorang associate professor dan praktisi kesehatan holistik, perubahan kehamilan menjadi hal yang paling menyebabkan masalah pada ibu hamil.

Misalnya saja perut ibu hamil yang harus sering buang air kecil atau mual muntah yang akan mengganggu tidur di malam hari.

“Sakit punggung, nyeri payudara, kram kaki, sesak napas hingga mulas menjadi hal yang kerap mengganggu ibu hamil,” tambahnya sebagaimana dikutip dari healthline.com.

Penyebab lain dari insomnia dapat berhubungan dengan stres.

Moms mungkin merasa cemas tentang persalinan dan melahirkan, atau khawatir tentang bagaimana Moms akan menyeimbangkan bekerja dengan menjadi ibu baru.

Pikiran-pikiran ini dapat membuat Moms terjaga di malam hari.

Baca Juga : Mengungkap Mitos Kehamilan Khas Indonesia

Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

shutterstock_554478352.jpg

Foto: shutterstock

Moms bisa melakukan kebiasaan baik sebelum tidur. Kebersihan tidur mengacu pada kebiasaan yang membuatnya lebih mudah tertidur.

Kebersihan tidur yang baik menandakan otak untuk tenang dan mulai tidur. Moms bisa membiasakan hanya tidur di tempat tidur dan tidak di tempat lain.

Buat jadwal bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap hari.

Jangan lupa untuk menjaga agar kamar tidur tetap gelap dan dingin. Buat tempat tidur senyaman dan senyaman mungkin.

Tak hanya itu, jangan gunakan layar di tempat tidur, seperti ponsel atau televisi. Bangunlah jika Moms tidak bisa tidur setelah 15 hingga 30 menit.

Asupan makanan atau minuman juga penting. Batasi cairan termasuk kafein sebelum waktu tidur.

Kebiasaan lain untuk membuat Moms tidur nyenyak di antaranya mendapatkan pijatan untuk mengurangi stres atau mandi air hangat sebelum tidur.

Suplemen makanan juga membantu. Namun, orang yang sedang hamil tidak boleh menggunakan suplemen makanan tanpa terlebih dahulu berbicara dengan dokter.

Baca Juga : Posisi Tidur Yang Baik Bagi Ibu Hamil

Moms bisa berkonsultasi pada dokter sebab suplemen makanan dianggap sukses mengatasi ibu hamil susah tidur.

Penelitian terbatas menunjukkan bahwa orang yang mengalami susah tidur bisa jadi mengalami kekurangan zat besi dan asam folat. Maka, Moms bisa mengambil suplemen jika diperbolehkan.

Atau Moms juga bisa meningkatkan konsumsi makanan yang memang mengandung tinggi zat besi dan asam folat.

Cara terakhir yang bisa Moms coba adalah mencoba rileksasi.

Meditasi dan relaksasi dapat mengatasi susah tidur saat hamil. Latihan relaksasi dapat membantu menenangkan pikiran yang cemas.

Sebuah studi tahun 2015 dalam jurnal Obstetric Medicine menyimpulkan bahwa meditasi dapat membantu insomnia pada kehamilan.

Studi ini mengatakan bahwa meditasi adalah cara nonfarmakologis untuk mengelola insomnia.

Moms juga bisa melakukan relaksasi dengan teknik sendiri misalnya dengan yoga atau cukup mendengarkan musik yang menenangkan.

Susah tidur saat hamil menjadi hal yang umum dialami ibu hamil. Namun, hal ini perlu diatasi sebab istirahat yang cukup juga akan membantu tumbuh kembang janin.

Di saat hamil, memang sangat wajar timbul banyak kekhawatiran baru mengenai kesehatan tubuh serta janin. Oleh sebab itu, lebih baik Moms bergabung dengan WhatsApp Group Orami Moms Community.

Di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

Moms juga akan bertemu dan bisa berbagi pengalaman dengan ibu hamil lainnya, lho. Moms pun tidak akan merasa sendirian dalam menghadapi berbagai masalah seputar kehamilan.

orami wag

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

(GSA/CAR)

Artikel Terkait