GAYA HIDUP
17 Februari 2020

7 Cara Alami untuk Mengatasi Vertigo, Ampuh!

Vertigo menyerang? Atasi dengan bahan-bahan alami ini saja!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Moms, pernah merasakan pusing berputar-putar sampai seperti mau jatuh? Itu namanya vertigo, Moms.

Sebenarnya vertigo bukanlah sebuah penyakit, melainkan gejala dari penyakit yang sedang diderita Moms. Umumnya, gejala vertigo bisa muncul akibat penyakit dalam telinga, otak kecil, atau bahkan maag.

Vertigo bisa terjadi karena indra berusaha memberitahu otak Moms bahwa tubuh sedang tidak seimbang. Ada vertigo yang bertahan selama beberapa detik saja, tapi ada juga yang bahkan bisa sampai berminggu-minggu.

Apabila Moms mengalami vertigo dalam jangka waktu lama, perlu dicari tahu dulu apa penyakit yang mendasarinya, barulah vertigo bisa disembuhkan.

Cara Alami Mengatasi Vertigo

Vertigo bisa menyerang kapan pun dan di mana pun, Moms. Untuk itu, apabila vertigo menyerang tiba-tiba, coba cara alami ini untuk mengatasi vertigo.

Baca Juga: Waspada, Ini Penyebab Vertigo yang Terkadang Tidak Disadari

1. Maneuver Epley

Tidur Cukup Tapi Lelah Sepanjang Hari, Gejala Apa 5.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara alami mengatasi vertigo yang pertama adalah dengan maneuver epley. Salah satu cara yang paling umum untuk mengatasi vertigo adalah dengan teknik yang disebut dengan Manuver Epley. Teknik ini merupakan serangkaian langkah yang dilakukan sebelum tidur setiap malam sampai gejala vertigo sembuh setidaknya selama 24 jam.

Sebuah laporan dari Institute for Quality and Efficiency dalam Perawatan Kesehatan mengatakan bahwa 52 dari 100 orang yang melakukan teknik Maneuver Epley ini bisa terbebas dari vertigo. Sebuah riset dari basis data National Institute of Health pun menyatakan bahwa teknik ini sangat ampuh bagi penderita BPPV.

Moms bisa melakukan teknik Maneuver Epley ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Duduk tegak di permukaan datar dengan bantal di belakang dan kaki terentang.
  2. Putar kepala 45 derajat ke kanan.
  3. Dengan posisi kepala masih miring, segera berbaring dengan menggunakan bantal. Tetap di posisi ini selama 30 detik.
  4. Perlahan, putar kepala Moms ke kiri sebanyak 90 derajat penuh, tanpa mengangkat leher.
  5. Putar bersama seluruh badan Moms, sampai semua tubuh menghadap ke kiri semua.
  6. Lihat ke bawah selama 30 detik.
  7. Perlahan, kembali ke posisi semula, duduk tegak dan menghadap depan.
  8. Lakukan teknik ini sebanyak tiga kali berturut-turut.

Moms bisa meminta bantuan orang lain saat melakukan teknik Manuver Epley ini, tentunya dengan memerhatikan langkah-langkah di atas. Perlu diingat, saat melakukan teknik ini Moms mungkin akan merasa pusing pada tiap gerakan, namun hal tersebut wajar.

2. Ginkgo Biloba

Cara alami mengatasi vertigo yang selanjutnya adalah dengan gingko biloba. Ginkgo biloba merupakan ramuan Tiongkok yang biasa dikenal sebagai ramuan untuk mengatasi gejala vertigo. Ramuan ini bekerja dengan mengatur aliran darah ke otak sehingga bisa meredakan pusing dan masalah keseimbangan.

Sebuah penelitian dari International Journal of Otolaryngology menemukan bahwa ginkgo biloba sama efektifnya dengan obat betahistine dalam mengelola vertigo.

Baca Juga: Pusing Saat Bangun Tidur, Pertanda Apa?

3. Teh Jahe

teh jahe 2.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara alami mengatasi vertigo yang selanjutnya adalah dengan teh jahe. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science menemukan bahwa jahe dapat mengurangi efek vertigo lebih baik dibandingkan melakukan teknik Manuver Epley sendiri.

Moms bisa merendam jahe dalam air mendidih selama 5 menit. Berikan madu sebagai penambah rasa. Minumlah teh jahe ini dua kali sehari untuk meredakan pusing, mual, dan gejala vertigo lainnya.

4. Almond

Cara alami mengatasi vertigo yang selanjutnya adalah dengan almond. Sebenarnya, belum ada penelitian yang menjelaskan bagaimana almond bisa mengatasi vertigo, tetapi kemungkinan kandungan vitamin di dalamnya sangat bisa memerangi penyebab vertigo.

Almond merupakan makanan yang kaya akan sumber vitamin A, B, dan E. Mengonsumsi segenggam almond setiap hari dipercaya bisa mengurangi gejala vertigo. Tak hanya itu, almond pun punya banyak manfaat positif lain bagi tubuh, Moms, misalnya mengatasi peradangan, mencegah kanker, menjaga kadar kolesterol, dan lain-lain.

kacang

5. Minum Air Putih

Riset Membuktikan, Berkumur dengan Air Garam Bisa Mengurangi Sakit Gigi Akibat Gusi Bengkak

Foto: Orami Photo Stock

Cara alami mengatasi vertigo yang selanjutnya adalah dengan air putih. Terkadang, gejala vertigo muncul hanya karena masalah simple, yakni dehidrasi atau kurang minum. Untuk itu, saat vertigo mulai menyerang, cobalah mengonsumsi air putih dan kurangi asupan garam. Perhatikan juga cuaca, kelembapan udara, dan suhu. Apabila kondisi panas, perbanyak asupan air putih Moms.

Tak jarang, dengan minum air putih sesuai kebutuhan tubuh bisa mengurangi gejala vertigo, lho.

Baca Juga: Seberapa Banyak Kita Harus Minum Air Putih Dalam Sehari? Cari Tahu Perhitungannya

6. Vitamin D

Cara alami mengatasi vertigo yang selanjutnya adalah dengan vitamin D. Moms, kekurangan vitamin D juga bisa menyebabkan gejala vertigo muncul, lho. Misalnya saja saat sedang diet dan Moms kurang mendapat asupan vitamin D.

Maka, saat vertigo menyerang, Moms bisa mengatasinya dengan konsumsi susu, jus jeruk, ikan tuna, atau kuning telur yang kaya akan vitamin D.

7. Essentials Oils

essential-oils-such-as-peppermint-are-good-for-sore-throat.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Cara alami mengatasi vertigo yang selanjutnya adalah dengan essential oils. Minyak esensial biasanya terbuat dari bahan-bahan alami dan sudah banyak dijual saat ini, Moms. Gunakan minyak esensial yang bisa mengatasi pusing seperti lavender, peppermint, ginger, atau lemon.

Moms, itulah beberapa cara dan bahan alami yang bisa digunakan saat mengatasi vertigo. Apabila kondisi tidak membaik dan semakin parah, segera konsultasikan diri ke dokter, ya.

(SR/ERN)

Artikel Terkait