KESEHATAN
8 Mei 2020

Bagaimana Aturan Minum Obat Saat Puasa Ramadan? Ini Penjelasannya

Ketahui seperti apa aturannya berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Di bulan Ramadan 1441 Hijriyah ini, Moms atau anggota keluarga lain mungkin ada yang perlu mengonsumsi obat agar tetap menjaga kesehatannya. Tetapi, adakah aturan minum obat saat berpuasa?

Melaksanakan ibadah puasa berarti Moms harus mengonsumsi makanan saat sahur dan berbuka. Perubahan jam makan ini yang juga memengaruhi dalam konsumsi obat.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana aturan minum obat saat ibadah puasa Ramadan berikut ini.

Baca Juga: Kapan Anak Boleh Minum Obat Cacing?

Aturan Minum Obat Saat Berpuasa

aturan minum obat saat puasa-1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Canadian Pharmacists Journal, dijelaskan bahwa konsumsi obat saat puasa Ramadan bisa disesuaikan dengan dosis utamanya, sehingga jadwal minum obat dapat dilakukan antara waktu sahur dan berbuka puasa.

Mengutip Instagram @gemacermat dari Kementerian Kesehatan RI, berikut ini penjelasan tentang aturan minum obat saat puasa:

  • Obat yang diminum satu kali sehari: Diminum pada saat sahur atau berbuka puasa.
  • Obat yang diminum dua kali sehari: Diminum pada saat sahur dan berbuka puasa.
  • Obat yang diminum 3-4 kali sehari: Obat diganti sediaan yang melepaskan perlahan-lahan, atau diganti obat jenis lain dengan khasiat sama tetapi bekerja panjang.

Tetapi, bila obat tersebut tidak bisa diganti, maka konsumsi obatnya bisa dibagi dengan rentang waktu yang sama. Misalnya, obat dengan dosis 3 kali sehari, maka pembagiannya setiap 5 jam.

  • Dosis pertama: 18.00 (buka puasa)
  • Dosis kedua: 23.00 (menjelang tengah malam)
  • Dosis ketiga: 04.00 (sahur)

Karena itu, sebaiknya Moms berkonsultasi dulu dengan dokter atau apoteker terkait perubahan aturan minum obat saat puasa Ramadan.

Baca Juga: Mengantuk Saat Puasa, Kenali Penyebab dan Cara Menghindarinya

Aturan Minum Obat Sebelum dan Sesudah Makan

aturan minum obat saat puasa-2

Foto: Orami Photo Stock

Keterangan lain saat minum obat yang perlu diperhatikan adalah bila obat tersebut diminum sebelum atau setelah makan. Di bulan Ramadan, berikut ini aturan minum obat ketika berpuasa.

  • Sebelum makan. Jika obat harus diminum sebelum makan, berarti sekitar 20 menit sebelum makan sahur atau makan malam/makan besar.
  • Setelah makan. Minum obat setelah makan kira-kira sekitar 5-10 menit usai makan besar saat sahur atau buka puasa.

Tetapi, pada obat yang perlu dikonsumsi menjelang tengah malam sesudah makan, maka Moms dapat makan roti atau sedikit nasi terlebih dahulu sebelum meminumnya.

Nah, itu dia Moms aturan minum obat saat puasa yang bisa dilakukan. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mengubah waktu konsumsi obatnya, ya.

Baca Juga: Mengonsumsi Obat Bebas Bisa Mempengaruhi Kesuburan? Simak Kata Ahli

Artikel Terkait