KEHAMILAN
2 Juli 2020

Avokad Dapat Meningkatkan Kesuburan? Ini Kata Ahli

Begini lho penjelasan para ahli
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Bagi Moms dan Dads yang sedang merencanakan kehamilan, pola makan yang sehat tentunya menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Misalnya, dengan lebih banyak mengonsumsi sayur dan buah.

Ada banyak buah yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi selama program hamil, salah satunya adalah avokad. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa avokad dapat meningkatkan kesuburan, baik pada pria ataupun wanita.

Fakta Bahwa Avokad Dapat Meningkatkan Kesuburan

Simak ya penjelasannya di bawah ini:

1. Sumber Asam Lemak Tak Jenuh Tunggal

Alpukat Dapat Meningkatkan Kesuburan? Ini Kata Ahli 1

Foto: healthline.com

Avokad merupakan buah sumber asam lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh, terutama saat merencanakan kehamilan.

Sebuah studi yang diterbitkan di PubMed menyebutkan bahwa asupan asam lemak tak jenuh tunggal yang lebih tinggi, buah dan sayuran tinggi protein serta zat non-heme lainnya, sekaligus konsumsi susu tinggi lemak sangat direkomendasikan karena dapat meningkatkan kesuburan wanita.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih banyak lemak tak jenuh tunggal memiliki peluang hamil yang 3 kali lipat lebih tinggi setelah menjalani In Vitro Fertilization (IVF) atau program bayi tabung.

“Jenis makanan terbaik untuk dikonsumsi adalah avokad yang memiliki lemak tak jenuh tunggal sangat tinggi dan kadar rendah lemak jenis lain, serta minyak zaitun,” kata Profesor Jorge Chavarro, MD, ScD., Associate Professor of Nutrition and Epidemiology sekaligus peneliti dari Harvard School of Public Health, seperti dikutip dari Medical Daily.

Baca Juga: Tidak Hanya Lezat, Ini 3 Manfaat Avokad Bagi Ibu Hamil

2. Avokad Dapat Meningkatkan Kesuburan Karena Kaya Folat

Alpukat Dapat Meningkatkan Kesuburan? Ini Kata Ahli 2

Foto: pixabay.com/ coyot

Selain asam lemak tak jenuh tunggal, avokad juga kaya akan folat. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menyebutkan bahwa pada setiap 30 gram avokad mengandung setidaknya 27 μg folat. Jumlah tersebut diketahui lebih tinggi jika dibandingkan dengan folat yang ditemukan pada sebagian besar buah lainnya, kacang pohon, dan biji-bijian.

Di mana metabolisme folat sangat berpengaruh terhadap peluang kehamilan, karena dapat mempengaruhi fungsi ovarium, implantasi, embriogenesis, dan seluruh proses kehamilan. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah studi yang berjudul Folate Metabolism and Human Reproduction.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Avokad Untuk Balita, Moms Wajib Tahu!

3. Mengandung Vitamin E Yang Baik Dikonsumsi Selama Fase Folikuler

Alpukat Dapat Meningkatkan Kesuburan? Ini Kata Ahli 3

Foto: celegrace.com

Dalam laman Parenting disebutkan bahwa selama fase folikuler atau pra-ovulasi, sangat dianjurkan bagi para wanita untuk lebih banyak mengonsumsi minyak zaitun, avokad, kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau.

Hal tersebut karena semua makanan yang telah disebutkan kaya akan vitamin E, yang juga ditemukan dalam cairan folikel yang menampung telur yang akan dibuahi. Konsumsi makanan tinggi vitamin E dipercaya dapat melindungi sel telur yang belum dibuahi tersebut dari berbagai ancaman kerusakan.

Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan di PubMed menemukan bahwa konsumsi vitamin E dapat meningkatkan kualitas sperma, terutama meningkatkan motilitas atau kemampuan berenang sperma, yang juga sangat menentukan keberhasilan pembuahan dan peluang kehamilan.

Baca Juga: Benarkah Makan Avokad Bagus untuk Kesuburan?

4. Memiliki Kandungan L-Carnitine Yang Dapat Meningkatkan Kualitas Sperma

Alpukat Dapat Meningkatkan Kesuburan? Ini Kata Ahli 4

Foto: unsplash.com/ josefin

Oregon State University menyebutkan bahwa dalam 1 buah avokad berukuran sedang mengandung sekitar 2 miligram L-Carnitine. Ini merupakan bentuk asam amino yang diproduksi oleh tubuh manusia secara alami dan dapat pula diperoleh dari beberapa sumber makanan.

Menurut sebuah studi dalam Iranian Journal of Reproductive Medicine, asupan L-Carnitine dapat meningkatkan motalitas sperma dan kualitas kromatin (benang-benang halus yang menyusun kromosom).

Sementara dalam studi lain yang berjudul ‘The role of carnitine in male infertility’ ditemukan bahwa pemberian L-Carnitine efektif dalam menentukan peningkatan parameter sperma, khususnya pada motalitas total dan motilitas progresif. Termasuk juga dalam mengurangi kadar radikal bebas dalam cairan mani dan meningkatkan kualitas semen.

Baca Juga: Avokad, Buah dengan Berjuta Manfaat

Ternyata, sudah banyak ahli yang membuktikan bahwa avokad dapat meningkatkan kesuburan ya, Moms dan Dads? Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyertakan avokad dalam diet harian Moms dan Dads. Selain itu, lakukan pula kebiasaan hidup sehat lainnya dan rutin berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Artikel Terkait