DI ATAS 5 TAHUN
28 Maret 2018

Awas! 4 Tempat Main di Area Publik Ini Berpotensi Tularkan Virus dan Penyakit Lainnya pada Anak

Mom harus pastikan lingkungan main Si Kecil aman
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh ade.ryani
Disunting oleh ade.ryani

Melihat Si Kecil berlarian riang di tempat bermain anak, bercanda, dan tertawa dengan teman-temannya merupakan pemandangan yang sangat menyenangkan untuk dilihat, ya Moms?

Selain bagus untuk perkembangan otak dan tubuhnya, Moms juga bisa mendapatkan udara segar sekaligus dan waktu untuk rehat sejenak.

Tapi apakah Moms tahu, kalau ternyata tempat bermain anak dapat menyebarkan virus yang berbahaya bagi buah hati?

Dilansir dari ABC News, tempat bermain anak yang dipakai oleh khalayak umum biasanya memiliki tingkat kebersihan yang rendah dan berpotensi menularkan berbagai macam penyakit.

Dan menurut laporan yang dilansir dari ABC News, ada beberapa tempat bermain anak yang rentan menyebarkan virus. Dimana saja itu?

1. Taman Kota

awas tempat main di area publik ini berpotensi tularkan virus dan penyakit lainnya 1

foto: pinterest.com

Taman kota yang merupakan salah satu tempat yang paling sering dipakai oleh publik. Mulai dari orang dewasa, balita, hingga hewan peliharan pun sering kali melakukan aktivitas di sana.

Makanya tidak heran kalau taman kota merupakan tempat bermain anak yang rentan membawa penyakit, karena memang tidak ada jaminan kebersihan dan kesehatan yang disediakan oleh pengelola.

Tapi, jika Moms ingin mengajak buah hati ke taman kota sah saja, kok. Dan sebagai bentuk pencegahan penularan penyakit, jangan biarkan ia lalai mencuci tangan setelah beraktivitas, terutama setelah menyentuk benda-benda yang ada.

Baca Juga : Agar Rumah Tak Berantakan, Yuk Ciptakan Tempat Bermain Anak di Rumah!

2. Playground

awas tempat main di area publik ini berpotensi tularkan virus dan penyakit lainnya 2

foto: thespruce.com

Moms tahu kan playground khusus anak balita yang berada di mall atau tempat perbelanjaan lainnya?

Ya, playground ini juga termasuk salah satu tempat bermain anak yang memiliki risiko banyak penyakit lho, Moms.

Selain karena alat-alat yang jarang atau sulit untuk dibersihkan, kebanyakan playground tidak memiliki ruang pemisah antara anak yang sehat dengan anak yang sakit. Akibatnya anak rentan terkena penyakit menular, apalagi jika daya tahan tubuhnya sedang rendah.

Baca Juga : Duh! Anak Bisa Tertular Penyakit dari Playground Umum Akibat Hal Ini

3. Sandboxes & Pantai

awas tempat main di area publik ini berpotensi tularkan virus dan penyakit lainnya 3

foto: pwap.com

Nah, sandboxes atau tempat anak bermain pasir pun ternyata tidak luput dari risiko berbagai penyakit, seperti parasit Toxocara misalnya.

Parasit ini memang biasanya berada di tempat yang dekat dengan tanah atau pasir. Jika parasit ini masuk kedalam tubuh, dia akan masuk dan dan dapat menyerang otak secara langsung. Waduh, berbahaya sekali, ya? 

Baca Juga : 6 Spot di Rumah yang Membahayakan Si Kecil

4. Halaman Rumah

awas tempat main di area publik ini berpotensi tularkan virus dan penyakit lainnya 4

foto: youtube.com

Benar lho Moms, halaman rumah juga termasuk tempat bermain anak yang punya resiko berbagai macam penyakit. Meskipun resikonya tidak sebesar tempat bermain lainnya, tetap saja si kecil dapat terkena penyakit muntaber hingga cacingan yang berasal dari tanah, binatang dan tanaman sekitar rumah.

Sebenarnya tidak apa-apa kok Moms membawa si kecil ke tempat bermain anak. Asalkan Moms selalu menjaga kebersihannya, dan terus memperhatikan agar dia tidak menyentuh sesuatu yang berpotensi memiliki banyak kuman. Jangan lupa juga untuk selalu cuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas ya, Moms!

Nah, apakah Moms punya cara jitu biar si kecil tetap sehat saat dibawa ke tempat bermain anak?

(WA)

Sumber: abcnews.go.com, nytimes.com

Artikel Terkait