DI ATAS 5 TAHUN
1 Juni 2020

Awas, 5 Hal Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Pencernaan Anak

Pencernaan yang tidak sehat membuat anak gampang sakit
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Wina Andria
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tanpa disadari, ada banyak kebiasaan yang bisa mengganggu kesehatan pencernaan anak. Padahal, pencernaan yang sehat sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang yang optimal.

Menurut Only About Children, pencernaan yang sehat bukan hanya berperan untuk menyerap nutrisi penting secara maksimal, tapi juga mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, kelancaran fungsi sistem saraf, hingga kesehatan mental anak.

Hal yang Bisa Menganggu Pencernaan Anak

Yuk Moms, perhatikan berbagai hal yang harus dihindari berikut supaya pencernaan Si Kecil selalu sehat.

1. Sembarangan Minum Antibiotik

Awas, 5 Hal Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Pencernaan Anak 1.jpg

Foto: Infectiousdiseaseadvisor.com

Tahukah Moms, kalau bakteri di dalam usus berperan penting dalam kesehatan pencernaan anak?

Flora bakteri yang seimbang dan kuat di dalam usus dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit serta mendukung produksi hormon dan fungsi sinyal saraf yang penting untuk kesehatan fisik dan mental buah hati.

Mengutip healthline.com, sembarangan minum antibiotik bisa mengganggu keseimbangan flora bakteri di dalam usus, sehingga Si Kecil memiliki risiko lebih tinggi terkena diare parah, infeksi akibat resistensi antibiotik, dan gonorrhea yang tidak bisa diobati.

Baca Juga: 3 Masalah Pencernaan Anak

2. Pola Makan Tidak Sehat

Awas, 5 Hal Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Pencernaan Anak 2.jpg

Foto: Nytimes.com

Kualitas kesehatan anak juga sangat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsinya sehari-hari lho, Moms. Pola makan tinggi karbohidrat, gula, garam, dan lemak jenuh akibat konsumsi makanan olahan dan junk food membuat tubuh kelebihan kalori tapi kekurangan serat, nutrisi, dan air.

Selain membuat kerja sistem pencernaan melambat, tubuh juga jadi kesulitan menyerap berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memberikan energi dan mendukung tumbuh kembang.

3. Kurang Asupan Lemak Sehat

Awas, 5 Hal Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Pencernaan Anak 3.jpg

Foto: Independent.co.uk

Membatasi asupan lemak anak memang baik untuk mengurangi risiko obesitas, kolesterol, penyakit jantung, dan berbagai penyakit serius lainnya. Namun, asupan lemak sehat tetap dibutuhkan tubuh untuk kelancaran fungsi sistem pencernaan.

Secara spesifik, tubuh membutuhkan asupan asam lemak omega-3 untuk meningkatkan penyerapan berbagai nutrisi larut lemak.

Selain itu, studi dari National Library of Medicine juga menyebutkan kalau kecukupan asupan lemak omega-3 bisa mengurangi masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus besar atau ulcerative colitis.

Baca Juga: 7 Camilan yang Mengandung Probiotik, Baik untuk Pencernaan Anak

4. Cara Makan Kurang Baik

Awas, 5 Hal Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Pencernaan Anak 4.jpg

Foto: Parenting.firstcry.com

Selain makanan yang masuk ke dalam perut, cara makan yang kurang baik seperti makan sambil teralihkan perhatian atau mengunyah terlalu cepat rupanya bisa mengganggu kesehatan pencernaan anak juga lho, Moms.

Membiasakan Si Kecil makan dengan fokus tanpa teralihkan perhatian diketahui bisa mencegah masalah pencernaan seperti perut kembung dan bergas. Di sisi lain, mengunyah perlahan hingga makanan halus akan membuat makanan lebih mudah dicerna di dalam perut.

5. Kurang Aktivitas Fisik

Awas, 5 Hal Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Pencernaan Anak 5.jpg

Foto: Verywellhealth.com

Walau tampak tidak berhubungan, gaya hidup tidak aktif ternyata bisa mengurangi kualitas kesehatan pencernaan.

Alasannya, gerakan tubuh dan gravitasi membantu kelancaran gerakan makanan melalui saluran pencernaan. Berbagai hasil studi juga sudah menunjukkan kalau aktivitas fisik seperti bersepeda atau berlari dapat mencegah sembelit dan berbagai masalah pencernaan lain.

Baca Juga: Penuhi 3 Unsur Ini untuk Menjaga Kesehatan Pencernaan Anak

Supaya kesehatan pencernaan anak tetap optimal, hindari berbagai hal di atas dan pastikan Si Kecil cukup minum air ya, Moms.

Menurut Moms, apa lagi yang bisa mengganggu kesehatan pencernaan Si Kecil?

Artikel Terkait