DI ATAS 5 TAHUN
19 Maret 2019

Awas, Ini 5 Dampak Buruk Kalau Anak Terlalu Sering Makan Gorengan

Moms, waspada penyakit berbahaya yang mengintai dibalik renyahnya gorengan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Moms, coba perhatikan apakah anak sering makan gorengan? Bukan hanya yang dibeli di restoran dan kaki lima, makanan apapun yang digoreng di rumah juga harus ikut dihitung lho, Moms.

Dibalik rasanya yang renyah, di dalam gorengan ternyata ada kandungan kalori serta lemak trans tinggi yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan anak bila dikonsumsi terlalu sering.

Ini lima dampak buruk kalau anak terlalu sering makan gorengan.

Baca Juga : Tips Agar Anak Tidak Suka Jajan Sembarangan

1. Meningkatkan Resiko Obesitas

awas, ini akibatnya kalau anak terlalu sering makan gorengan 1
Foto : Parents.com

Tahukah Moms, kalau saat digoreng makanan akan kehilangan kandungan air dan menyerap lebih banyak lemak dari minyak?

Selain itu, gorengan juga biasanya dimasak dengan balutan terigu atau adonan, sehingga membuat kalori dan kandungan lemak dalam gorengan menjadi sangat tinggi.

Bukan hanya itu, sebuah studi yang dilansir oleh National Institute of Health menyebutkan kalau lemak trans dalam gorengan juga dapat mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan dan penyimpanan lemak.

Seperti yang sudah Moms tebak, kalori tinggi ditambah dengan gangguan hormon tadi akhirnya akan meningkatkan resiko obesitas anak.

2. Meningkatkan Resiko Diabetes dan Penyakit Jantung

awas, ini akibatnya kalau anak terlalu sering makan gorengan 2
Foto : Realfood.tesco.com

Penyebab diabetes yang sesungguhnya bukanlah gula, tapi kelebihan berat badan, baik karena konsumsi gula berlebih maupun asupan kalori yang terlalu banyak.

Menurut Leah Cahill, PhD., asisten profesor di Dalhousie University, dikutip dari webmd.com, kenaikan berat badan yang ditambah dengan tekanan darah dan kolesterol tinggi akibat terlalu banyak makan gorengan dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 serta penyakit jantung di masa depan.

3. Mengganggu Kesehatan Pencernaan

awas, ini akibatnya kalau anak terlalu sering makan gorengan 3
Foto : Parenting.firstcry.com

Minyak dari gorengan juga dapat mengganggu populasi bakteri baik di sistem pencernaan, sehingga produksi enzim pencernaan jadi tidak maksimal.

Akibatnya, lemak menjadi sangat sulit dicerna tubuh dan menimbulkan mual serta membuat perut kembung.

Gangguan pencernaan akibat ketidakseimbangan bakteri dan hormon juga menimbulkan dampak buruk gorengan untuk anak lainnya, yaitu munculnya jerawat di wajah Si Kecil.

Baca Juga : Perut Kembung dan Keras pada Anak, Apakah Akibat Makanan?

4. Membuat Tenggorokan Gatal

awas, ini akibatnya kalau anak terlalu sering makan gorengan 4
Foto : Parenting.firstcry.com

Peringatan “Awas jangan makan gorengan, nanti batuk!” mungkin sudah sering Moms katakan pada Si kecil yang hobi jajan, tapi tahukah Moms apa penyebabnya?

Batuk dan tenggorokan yang terasa gatal setelah makan gorengan ternyata disebabkan oleh senyawa bernama akrolein, yang terbentuk bila minyak sudah digunakan berulang kali.

5. Menurunkan Kemampuan Belajar dan Daya Ingat

awas, ini akibatnya kalau anak terlalu sering makan gorengan 5
Foto : Scmp.com

Dari hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti di Brown University, ditemukan hubungan kuat antara konsumsi makanan berminyak dengan penurunan fungsi kognitif, ingatan jangka pendek, serta performa olahraga.

Hal itu diduga terjadi karena makanan tinggi lemak seperti gorengan menyebabkan resistensi insulin, sehingga tubuh kurang efisien dalam menggunakan glukosa yang penting bagi fungsi otak.

Tidak mau kan Moms, kalau prestasi sekolah Si kecil menurun karena terlalu banyak makan gorengan?

Melihat dampak buruk gorengan untuk anak, ada baiknya Moms mulai mencoba mengolah makanan dengan metode lain yang lebih sehat, seperti dikukus, dipanggang, atau dibakar.

Apa Moms tahu cara lain untuk membuat makanan renyah yang disukai anak tanpa digoreng?

(WA)

Artikel Terkait