KESEHATAN
24 Januari 2018

BAB Bayi Berlendir, Kenapa Terjadi dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Moms perlu waspada kalau BAB anak berlendir.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tanya:

Anak saya diare, tapi sudah berhenti. Namun sekarang buang air besarnya bercampur lendiri. Apakah karena susunya atau karena bakteri? Usia anak saya 5 bulan.

Jawab:

Lendir pada tinja bayi mungkin menandakan kelainan pada usus. Kelainan ini paling sering merupakan infeksi, yang umumnya hilang dengan sendirinya atau dengan pengobatan antibiotik dalam waktu 1 minggu. Infeksi juga biasanya disertai demam dan bayi menjadi rewel serta tampak sakit.

Selain infeksi, kelainan usus yang mendasari mungkin berupa gangguan enzim pencernaan atau alergi susu (jarang pada bayi yang mendapat ASI). Hal ini perlu dipastikan melalui pemeriksaan oleh Dokter Spesialis Anak (Sp. A). Hal ini mungkin perlu lebih diperhatikan jika anak menunjukkan tanda-tanda gangguan tumbuh kembang.

Gangguan tumbuh kembang berarti ada gangguan pada pertumbuhan (tinggi dan berat) serta pada perkembangan anak (kemampuan menguasai teknik baru, seperti berjalan, berbicara, bermain, dan lain-lain.).

Mengenai keluhan napas, hal tersebut bisa lebih dipastikan normal atau tidaknya dengan pengamatan langsung terhadap gerakan napas yang Anda maksud. Untuk itu, pemeriksaan Dokter Anak sangat penting dalam penentuan hal ini.

Berikut tips untuk Anda:

1. Berikan ASI eksklusif (hanya ASI saja) selama sekurangnya 6 bulan

2. Beri imunisasi anak sesuai jadwal

3. Timbang bayi Anda setidaknya 1 bulan sekali untuk memantau pertumbuhan normal

Dijawab oleh dr. Ayu Andrian Putri

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait