BAYI
3 Desember 2019

Baby Bonding Tips Untuk New Dads, Lakukan Ini!

Dicoba ya buat para Dads!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Para new Moms, dalam banyak kasus, lebih mudah melakukan bonding dengan bayi kecilnya melalui aktivitas harian seperti mengganti popok, menyusui hingga menenangkan buah hatinya saat menangis.

Berbeda dengan new Dads yang justru sering kali kesulitan untuk melakukan bonding dengan Si Kecil. Tetapi itu bukan berarti Dads tidak bisa menjalin ikatan yang kuat dengan buah hatinya.

Meskipun mungkin tidak semudah membangun ikatan antara Moms dan Si Kecil, tips dari berbagai sumber berikut ini dapat membantu kesuksesan baby bonding bagi Dads:

1. Memandikan Bayi

baby bonding bagi dads

Foto: kidsactivitiesblog.com

Memandikan bayi mungkin menjadi salah satu aktivitas harian yang paling ditakuti Dads. Alasannya tidak lain adalah karena khawatir akan menyakiti bayi kecilnya. Padahal aktivitas ini ternyata sangat direkomendasikan sebagai baby bonding bagi Dads.

Beyondblue.org.au menyebutkan bahwa memandikan bayi dapat sangat berguna untuk membangun ikatan, mengembangkan hubungan fisik dan emosional yang kuat dengan bayi, sekaligus dapat membantu Dads mempelajari bahasa bayi.

Baca Juga: Kok Suami Susah Bonding Dengan Anak? Lakukan 5 Cara Ini

2. Melakukan Kontak Fisik Sesering Mungkin

baby bonding bagi dads

Foto: healthylivingmadesimple.com

Selama hari-hari dan minggu-minggu pertama kehidupan bayi, kekuatan sentuhan dapat membuat Moms dan Dads lebih dekat dengan Si Kecil. Gendong Si Kecil sesering mungkin, belai punggungnya, dan ayun dengan lembut di lengan Dads.

“Ikatan memiliki banyak kaitan dengan kontak dan keterlibatan,” kata dokter anak David Hill, penulis buku Between Us Dads: A Father’s Guide to Child Health, seperti dikutip dari WebMD. “Jika Dads melakukan kontak fisik dengan bayi, akan terbangun sebuah ikatan.”

Selain itu, Emily Borman-Shoap, dokter spesialis anak dan direktur medis untuk perawatan bayi baru lahir di University of Minnesota Amplatz Children’s Hospital, mengatakan pada WebMD bahwa kontak kulit dengan kulit sangat bagus dilakukan sebagai baby bonding bagi Dads ataupun Moms.

“Bayi merasa terhibur oleh gerakan naik-turun dada orang tuanya saat bernapas. Mereka mendengar detak jantung orang tuanya dan itu membantu mereka mengatur suhu tubuh, terutama untuk bayi kecil yang dirawat di NICU.”

Baca Juga: 3 Bentuk Sentuhan yang Bisa Memperkuat Bonding Ibu dan Bayi

3. Jaga Bayi di Malam Hari Selagi Moms Beristirahat

baby bonding bagi dads

Foto: verywellfamily.com

Dalam laman Parents dikatakan bahwa mengambil bagian untuk menjaga bayi, mengganti popok, atau menenangkan bayi di malam hari selagi Moms beristirahat juga merupakan cara jitu untuk baby bonding bagi Dads. Ini akan memberi Dads dan Si Kecil waktu yang berharga untuk berduaan.

Namun, pastikan untuk terlebih dahulu meminta Moms menyiapkan beberapa botol ASIP di lemari es untuk persediaan jika sewaktu-waktu Si Kecil merasa lapar.

Baca Juga: 5 Manfaat Pijat Bayi, Bisa Memperkuat Bonding!

4. Ambil Bagian Dalam Rutinitas Tidur Si Kecil

baby bonding bagi dads

Foto: babyboxco.com

Jadwal tidur yang teratur sangat penting untuk membantu bayi tidur nyenyak sepanjang malam.

Dads dapat mengambil bagian dalam rutinitas sebelum tidur Si Kecil untuk lebih dekat dengannya seperti memandikan bayi, mengganti popok, membacakan dongeng atau menidurkan bayi.

5. Menenangkan Bayi yang Rewel

baby bonding bagi dads

Foto: babycentre.co.uk

Ketika Si Kecil rewel, jangan langsung memanggil Moms untuk menenangkannya. Karena ini dapat menjadi momen baby bonding bagi Dads. “Jangan khawatir jika Dads tidak selalu bisa menenangkan Si Kecil,” kata David Miller, MD, seorang dokter keluarga di Scripps Clinic Rancho Bernardo, seperti dikutip dari scripps.org.

“Menjaga dan menenangkan bayi yang rewel, bahkan jika mereka terus menangis dapat membantu memperkuat ikatan antara Dads dan bayi. Si Kecil bahkan bisa merasa lebih nyaman karena lengan Dads lebih besar dan kuat sebagai tempat tidurnya. Lutut Dads juga lebih kuat untuk membantu menimang Si Kecil dengan lembut. Bernyanyi, bersenandung dan berjalan-jalan adalah taktik jitu lainnya.”

Baca Juga: Ini 5 Cara Bonding Menyenangkan dengan Si Kecil

6. Menghibur Bayi dengan Wajah Konyol

baby bonding bagi dads

Foto: spokesman.com

Biarkan kekonyolan mengalir dari dalam diri Dads. Buat ekspresi wajah yang lucu, julurkan lidah atau angkat alis Dads. Bayi umumnya akan meniru untuk melakukan hal yang sama atau menunjukkan wajah antusias saat melihat Dads melakukannya.

Seiring bertambahnya usia Si Kecil, Dads juga dapat mengajaknya untuk bermain ciluk ba dan berbagai permainan ringan lain yang dapat meningkatkan kedekatan dengan Si Kecil.

Intinya, semakin sering Dads menghabiskan waktu bersama Si Kecil, ikatan yang terjalin juga akan berkembang dan menjadi semakin kuat. Selain itu, saran baby bonding bagi Dads yang terpenting menurut Dr. Miller adalah, “Jadilah dirimu sendiri dan biarkan ikatan itu terjadi seiring waktu. Para Dads perlu merasa santai, menjadi diri mereka sendiri dan menikmati waktu istimewa ini.”

RGW

Artikel Terkait