BAYI
9 September 2020

Apakah Bayi Benar-Benar Membutuhkan Baby Monitor untuk Hindari SIDS?

Cari tahu manfaat dan efek samping penggunaan baby monitor untuk menghindari SIDS
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memiliki bayi baru adalah pengalaman yang luar biasa. Moms dan Dads akan memiliki pengalaman berharga, bahkan saat memiliki tanggung jawab untuk mengawasi Si Kecil selama 24 jam sehari. Sebagai cara memberikan perhatian khusus, tak jarang Moms juga memilih baby monitor untuk menghindari Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) selama bayi tidur.

"SIDS atau Sindrom Kematian Bayi Mendadak merujuk pada kematian mendadak pada bayi di bawah usia 1 tahun. Sangat jarang terjadi, namun menyebabkan kecemasan pada orang tua karena alasan yang jelas," kata Gina Robinson, MD, dokter anak di Cleveland Clinic.

Menurut Centers For Disease Control And Prevention(CDC), 3.500 bayi setiap tahun meninggal karena SIDS, penyebab yang paling mungkin adalah mati lemas. Namun, haruskah Moms membeli baby monitor untuk hindari SIDS?

Apa yang Disebut Baby Monitor SIDS?

Apakah Bayi Benar-Benar Membutuhkan Baby Monitor untuk Hindari SIDS? -1

Foto: Orami Photo Stock

"Baby monitor SIDS atau monitor apnea adalah alat yang dimaksudkan untuk digunakan pada bayi yang sedang tidur untuk mengurangi risiko SIDS. Monitor akan melacak pernapasan dan detak jantung bayi yang tidur. Jika ada apnea, atau jeda pernapasan, atau detak jantung turun di bawah tingkat tertentu, monitor akan membunyikan alarm," jelas Gina.

Ada berbagai jenis baby monitor. Beberapa menggunakan kain dan monitor yang diletakkan di bawah kasur, ada juga yang memiliki jenis sensor yang pas di tubuh seperti pinggang atau kaki, termasuk kaus kaki monitor SIDS. "Jika orang tua memilih untuk menggunakan monitor, mereka harus membaca instruksi untuk memastikan penempatan sensor dan kabel yang tepat," kata Dr. Robinson.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah SIDS pada Bayi Bayi Lahir, Perhatikan ya Moms!

Apa Manfaat Menggunakan Baby Monitor SIDS?

Apakah Bayi Benar-Benar Membutuhkan Baby Monitor untuk Hindari SIDS? -2

Foto:

"Ada beberapa bayi yang pasti mendapat manfaat dari pernapasannya seperti bayi prematur, yang bisa dipantau dengan alat. Tapi tidak ada manfaat nyata untuk bayi yang sehat,” terang dia.

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan baby monitor di rumah jika bayi membutuhkan oksigen di rumah atau memiliki masalah pernapasan serius untuk menghindari SIDS.

Apa Efek Samping Menggunakan Baby Monitor SIDS?

Apakah Bayi Benar-Benar Membutuhkan Baby Monitor untuk Hindari SIDS -3.jpg

Foto: Momlovebest.com

Pada akhirnya, efek negatif mungkin lebih besar daripada manfaat baby monitor untuk menghindari SIDS. “Studi penelitian American Academy of Pediatrics (AAP) belum menunjukkan penurunan kejadian SIDS dengan menggunakan monitor rumah. Selain itu, baby monitor tidak menjamin keselamatan bayi. Bahkan ada laporan bayi yang meninggal saat sedang dipantau," kata Melissa Manrique, MD, pediatrik rumah sakit Lurie Children's di Northwestern Medicine Central DuPage Hospital.

Malah, baby monitor dapat meningkatkan kecemasan pada orang tua. Salah satunya karena sering terdengar alarm palsu, padahal kondisi bayi baik-baik saja. "Bahkan ada beberapa penelitian di National Center for Biotechnology Information yang menemukan peningkatan insiden depresi pada orang tua yang menggunakannya," kata Melissa.

Selain itu, baby monitor juga meningkatkan stres dan dapat mempengaruhi tidur orang tua. "Ada juga peningkatan gangguan tidur untuk keluarga dengan penggunaan monitor, yang menyebabkan peningkatan kelelahan pada orang tua,” jelas Gina.

Perangkat pada baby monitor juga tidak memiliki pedoman khusus dan berbeda dengan yang dimiliki rumah sakit. "Perangkat konsumen ini tidak memiliki standar peraturan yang sama dengan perangkat perawatan medis," kata Liz Foglia, MD, seorang neonatologist di Children's Hospital of Philadelphia dan Hospital of University of Pennsylvania.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Kematian Bayi Mendadak (SIDS)

Apa yang Dikatakan Sains?

Apakah Bayi Benar-Benar Membutuhkan Baby Monitor untuk Hindari SIDS -4.jpg

Foto: australiandads.co.au/bogstocl.com

Ulasan tentang penggunaan baby monitor untuk menghindari SIDS sangat luas. Namun, ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk menguji akurasi. Salah satunya sebuah studi pada 2018 yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) , yang menguji dan membandingkan seberapa baik dua monitor bayi yang populer pada keakuratan dengan detak jantung dan tingkat darah oksigen atau hipoksemia dengan monitor tingkat rumah sakit. Dan hasilnya tidak bagus.

"Tidak ada bukti bahwa baby monitor ini bermanfaat untuk menghindari SIDS pada bayi yang sehat. Bayi yang berisiko karena prematur, kebutuhan oksigen, atau masalah pernapasan serius lainnya harus mengikuti rekomendasi dokter anaknya. Ada beberapa anak yang akan dipulangkan dari rumah sakit dengan monitor atas rekomendasi dokter anaknya," kata Gina.

Selain itu, tidak ada baby monitor yang disetujui atau diatur oleh FDA dan AAP. Namun, AAP memiliki pedoman tidur yang aman yang dapat membantu orang tua mencegah SIDS. Mempraktikkan teknik tidur yang aman dan keamanan rumah sangat penting untuk mengurangi insiden SIDS. "Strategi tidur yang aman telah terbukti mengurangi insiden SIDS dan harus menjadi pilihan pertama dalam mengurangi risiko SIDS pada bayi," kata Melissa.

Baca Juga: Bayi Tidur Tengkurap jadi Penyebab SIDS?

Tips Mengurangi Risiko SIDS

sudahkah moms mengetahui jam tidur bayi sesuai usianya 4

Meski penyebab SIDS masih tidak diketahui, para peneliti telah mengidentifikasi langkah-langkah yang dapat mengurangi risiko SIDS.

Mulai dari masa kehamilan, Moms dapat mengurangi risiko SIDS pada anak-anak melalui pemeriksaan kesehatan yang rutin, nutrisi yang tepat dan menghindari penggunaan tembakau, alkohol, dan narkoba.

Mengutip dari National Sleep Foundation, berikut tips mengurangi risiko terjadi SIDS:

  • Atur posisi bayi tidur telentang. Sejak awal 1990-an, National Institutes of Health (NIH) dan American Academy of Pediatrics (AAP) mulai merekomendasikan agar bayi tidur telentang, dan jumlah kematian SIDS menurun lebih dari 50 persen.
  • Pastikan bayi tidur di kasur yang kokoh, dan di tempat tidur bayi yang telah teruji keselamatannya. Kasur lembut, sofa, kasur air, kulit domba, atau permukaan tidur lunak lainnya justru meningkatkan risiko SIDS. Penting juga untuk menyingkirkan selimut, bantal, dan boneka mainan dari area tidur bayi.
  • Pastikan kepala dan wajah bayi tetap terbuka selama tidur. Jika menggunakan selimut, jauhkan dari mulut dan hidung bayi, dan kenakan selimut tidak lebih tinggi dari dada bayi.
  • Pastikan suhu bayi tidak terlalu panas. Jaga kamar bayi pada suhu yang nyaman untuk orang dewasa, dan hindari terlalu banyak lapisan pakaian atau selimut.

Baca Juga: 4 Mitos Tentang SIDS Ini Ternyata Salah

Selain menggunakan baby monitor untuk hindari SIDS, ada baiknya Moms juga menggunakan pedoman tidur dari AAP ya.

Artikel Terkait