3-12 BULAN
8 November 2019

4 Rekomendasi Baby Oil Alami untuk Bayi

Minyak-minyak terbuat dari bahan alami, sehingga aman untuk digunakan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Menggunakan minyak pada kulit bayi telah lama terbukti bermanfaat bagi bayi dan ikatan ibu dan anak. Tahukah Moms bahwa kurang lebih, minyak digunakan sebagai garis perlindungan pertama untuk kulit bayi.

Kulit bayi jauh lebih sensitif daripada kulit orang dewasa, sehingga kulit mereka membutuhkan lapisan perlindungan tambahan yang akan berfungsi sebagai penghalang bagi kuman untuk masuk dan menjaga kelembapan.

Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

Menerapkan baby oil pada kulit bayi, akan memberi kehangatan pada tubuh Si Kecil dan mencegah banyak masalah seperti kekeringan, ruam, iritasi, dan gatal-gatal pada bayi.

Apa saja baby oil alami yang bisa kita gunakan untuk kulit bayi?

Mineral Oil

baby oil alami

Minyak mineral didasarkan pada kandungan yang disebut petrolatum yang sangat efektif dalam bertindak untuk melindungi kulit dari unsur-unsur luar seperti kotoran atau infeksi.

Karena didasarkan pada petrolatum atau parafin cair, risiko tengik itu jauh lebih rendah daripada minyak yang dihasilkan dari tanaman. Baby oil alami ini tidak memiliki rasa, bau atau warna, dan secara luas dikenal sebagai hypoallergenic.

Vegetable Oil

baby oil alami

Dilansir dari situs Baby Centre, baby oil alami lainnya adalah vegetable oil atau minyak nabati, seperti sunflower oil dan grapeseed oil, yang mengandung asam linoleat tinggi untuk membuat kulit Si Kecil lebih lembut dan halus.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minyak Telon Bayi Untuk Si Kecil

Asam linoleat adalah asam lemak esensial yang membantu melindungi elemen penghalang kulit bayi kita. Minyak nabati yang biasanya mengandung asam linoleat tingkat tinggi bisa Moms temukan dalam sunflower oil dan grapeseed oil.

Coconut Oil

baby oil alami

Sebagai baby oil alami, coconut oil adalah pilihan yang tepat. Coconut oil mengandung asam oleat, asam lemak yang sama yang ditemukan dalam minyak zaitun yang dapat diserap dengan baik oleh kulit bayi, namun dalam jumlah yang relatif rendah.

Tentu akan lebih aman untuk menggunakan produk organik dan alami pada kulit bayi dibandingkan dengan produk yang sangat wangi atau diproses dengan bahan kimia.

Baca Juga: 5 Cara Memakai Minyak Zaitun Pada Wajah Sebelum Tidur

Avocado Oil

baby oil alami

Avokad memiliki manfaat yang luar biasa. Buah ini tidak hanya lezat dan bergizi, tetapi juga bisa dijadikan sebagai bahan perawatan kulit yang luar biasa. Selain itu, avocado oil juga merupakan bahan alami, jadi aman untuk digunakan pada bayi, bahkan ibu.

Bahan ini tidak hanya memiliki manfaat avocado oil, tetapi juga diformulasikan secara khusus untuk menjaga dan melindungi kulit halus bayi Moms.

Itu dia Moms beberala baby oil alami yang bisa dipilih sebagai alternatif baby oil untuk Si Kecil.

Artikel Terkait