KESEHATAN
2 April 2019

Ini 6 Cara Mengatasi Gejala PMS Agar Tidak Mengganggu

Menjelang menstruasi, biasanya mood jadi tidak menentu
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Setiap perempuan pasti mengalami yang namanya menstruasi dan bukan tidak mungkin juga akan mengalami Premenstrual Syndrome atau PMS.

PMS sendiri adalah kondisi gejala fisik dan emosional yang menjadi satu dan sering sekali muncul menjelang periode menstruasi.

PMS sering kali membuat wanita yang mengalami jadi uring-uringan dengan perubahan hormon tersebut.

Saat ini belum ada obat yang bisa mengobati PMS. Namun, Moms tidak bisa larut begitu saja dengan perubahan mood selama PMS.

Beberapa cara bisa Moms lakukan untuk mengurangi dan mengatasi gejala PMS, di antaranya:

1. Berhenti atau hindari rokok

Sebuah studi mengatakan bahwa lebih dari 3.000 perempuan yang merokok lebih berisiko terkena PMS daripada perempuan yang tidak merokok sama sekali.

Meskipun alasan dari studi tersebut tidak jelas, tapi berhenti atau menghindari untuk merokok dapat meminimalisir supaya Moms terhindar dari gejala buruk PMS.

2. Berolahraga

Tetap melakukan aktivitas adalah cara lain untuk menghindari dan mengatasi perubahan mood ketika PMS. Beberapa wanita biasanya melakukan aerobik.

Kegiatan ini dapat membantu untuk memompa jantung serta membantu meringankan kecemasan yang terjadi saat PMS.

Jika tidak punya banyak waktu untuk melakukan aerobik, Moms bisa melakukan lari, berenang, atau jalan cepat selama 30 menit.

Dengan melakukan beberapa hal tersebut dipercaya dapat membantu mengendalikan stres yang biasa terjadi saat PMS.

Baca Juga: Harus Tahu! Ini Arti Perbedaan Tekstur dan Warna Darah Menstruasi

3. Ubah pola makan

Selain bisa mengatasi gejala PMS, mengubah pola makan juga bisa membuat Moms menjadi lebih sehat.

Ubah pola makan dengan menghindari makanan siap saji, garam, lemak dan makanan yang mengandung banyak gula atau pemanis buatan.

Moms lebih disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Karbohidrat kompleks dalam biji-bijian dapat menyebabkan rantai reaksi kimia yang dapat mengurangi emosi serta menenangkan suasana hati.

4. Kurangi asupan kafein dan alkohol

Kafein dan alkohol sangat berpengaruh besar terhadap PMS. Ada baiknya hindari minuman atau makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan cokelat selama PMS.

5. Santai

Santai adalah suatu kondisi yang mengharuskan Moms untuk tidak memikirkan apapun. Memang terlihat mudah, namun dalam pengaplikasiannya tidak.

Hal tersebut bisa terjadi karena selama PMS pasti akan merasa tegang, cemas, emosi dan perasaan-perasaan lain yang bisa mengganggu perasaan mood.

Dengan melakukan yoga, meditasi, dan melatih pernafasan, Moms bisa jadi lebih rileks dan dapat meringankan PMS itu sendiri.

Baca Juga: Berapa Lama Harus Mengganti Pembalut Saat Menstruasi?

6. Berkumpul bersama teman-teman

Beberapa wanita yang mengalami PMS justru malah menyendiri dan berusaha mengatasinya sendiri daripada berkumpul bersama teman-teman.

Padahal berkumpul bersama teman-teman atau orang terdekat justru dapat mengatasi PMS itu.

Berbagi perhatian dengan orang dekat akan membuat Moms lebih semangat dan bahagia menjalani PMS, daripada hanya mengurung diri selama PMS.

PMS memang tidak bisa dihindari, tapi Moms tidak perlu menyerah saat PMS itu datang. Jangan anggap PMS adalah hal yang menakutkan, namun sebaliknya.

Baca Juga: 7 Cara Membedakan Gejala PMS dan Gejala Hamil

Dengan beberapa tips di atas, buat PMS menjadi lebih menyenangkan dan bukan sesuatu yang harus dihindari.

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait