PASCA MELAHIRKAN
2 Oktober 2019

Badan Tak Lagi Menarik Usai Melahirkan? Psikolog Ungkap Cara Tingkatkan Kepercayaan Diri

Perlu lebih sering mengapresiasi diri sendiri ketimbang fokus pada sisi buruk tubuh
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Orami

Hilangnya kepercayaan diri usai melahirkan menjadi salah satu hal yang kerap terjadi pada wanita, salah satunya karena bentuk tubuh menjadi berubah.

Seperti tubuh yang bergelambir, perut melar atau buncit, bagian paha dan perut yang penuh dengan stretch mark, bisa menjadi faktor Moms kehilangan kepercayaan diri.

Lalu, bagaimana caranya untuk tetap jadi percaya diri, meskipun merasa memiliki banyak kekurangan usai melahirkan?

Psikolog Tara de Thouars, menjelaskan bahwa seorang wanita perlu memfokuskan diri ke bagian tubuh yang dirasa paling baik untuk meningkatkan percaya diri.

Baca Juga: Hamil Tua? Kenali Tanda-tanda Mau Melahirkan Ini

Fokus ke Bagian Tubuh yang Paling Disuka

hero zodiak bahagia juli 2018

"Ibu yang baru melahirkan dan merasa tubuhnya tidak sebaik dulu, sebetulnya banyak cara yang bisa dilakukan. Kita bisa fokus ke bagian tubuh yang menurutnya terbaik," jelas Tara dalam acara "Peluncuran Rexona 'Dry Serum'" Kamis, (19/9/2019) di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Ia melanjutkan, "Misalnya, 'Saya suka dengan wajah saya'. Yaudah, fokuskan ke bagian tersebut. Setidaknya, itu bisa meningkatkan rasa percaya dirinya terlebih dahulu."

Menurut Tara, penting bagi seorang wanita untuk memiliki penggambaran positif terhadap tubuh sendiri, dari sisi manapun, agar lebih percaya diri.

"Karena yang menjadi masalah adalah ketika seseorang tidak suka dengan salah satu bagian tubuhnya, ia merasa seluruh tubuhnya itu jelek," terangnya lagi.

Baca Juga: 5 Tips Menyiapkan Diri Sebelum Persalinan

Lebih Menghargai Diri Sendiri Sebagai Seorang Ibu

Pilihan Melahirkan untuk Ibu Hamil dengan Hb Rendah

Tara juga menjelaskan untuk para wanita, khususnya ibu yang baru melahirkan, untuk lebih bisa mengapresiasi diri sendiri, terlepas punya bagian tubuh yang tidak menarik usai melahirkan.

"Menjadi ibu sebenarnya adalah fase terbaik sebagai perempuan, dan itu patut diapresiasi. Jadi, meskipun tubuh kita mengalami kekurangan, bukan berarti diri kita tidak berharga," jelas Tara.

Ia melanjutkan, bahwa seorang ibu adalah sosok yang lebih berharga dari sekadar bentuk tubuh yang dimiliki.

"Intinya, tubuh itu sesuatu yang masih bisa dirawat, atau diatur, dengan olahraga misalnya. Tetapi, perasaan berharga itu tidak tergantikan," tutup Tara.

Nah, jadi jangan sampai satu kekurangan dalam diri Moms membuat Moms tidak berharga seluruhnya. Karenanya, mulai sering memberikan apreasiasi untuk diri sendiri ya, Moms!

Artikel Terkait