KESEHATAN
12 September 2019

Badan Terasa Ringan dan Pusing? Bisa Jadi Gejala Darah Rendah

Jangan sepelekan dan cari tahu penyebabnya
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Orami

Apa Moms pernah merasa pusing, kepala juga terasa ringan, atau merasa akan pingsan? Hal tersebut adalah keluhan umum yang sering terjadi di antara orang dewasa . Meskipun tidak termasuk penyakit berat yang dapat mengancam jiwa, tetap saja kita perlu waspada.

"Jangan abaikan hal tersebut. Bahkan jika sakit kepala ringan terjadi tanpa sebab yang jelas, tetap saja hal tersebut dapat membuat kita jatuh dan mengalami cedera serius. Terlebih lagi bisa saja penyebab sakit kepala ini dapat mengancam jiwa," kata Dr. Shamai Grossman, associate professor of emergency medicine di Harvard Medical School.

Namun bisa juga sakit kepala ini terjadi sebagai tanda jika Moms memiliki tekanan darah rendah. Bagi sebagian orang, tekanan darah rendah dapat menyebabkan seseorang pingsan.

Baca Juga: Tekanan Darah Rendah Saat Hamil, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Apa itu Tekanan Darah Rendah?

badan terasa ringan dan sakit kepala, tekanan darah rendah

Foto: self.com

Tekanan darah rendah mungkin terlihat sebagai masalah yang sepele, dan bagi sebagian orang hal ini tidak akan menimbulkan masalah yang besar.

Namun di sisi lain, tekanan darah rendah yang tidak normal (hipotensi) dapat menyebabkan badan terasa ringan, pusing, hingga pingsan.

Tekanan darah seseorang dinyatakan sebagai tekanan darah sistolik atau diastolik, contohnya, 120/80.

Tekanan darah lebih rendah dari 90 milimeter merkuri (mm Hg) untuk angka atasnya, (sistolik) atau 60 mm Hg untuk angka bawah (diastolik), umumnya dianggap sebagai tekanan darah rendah.

Penyebab tekanan darah rendah sangat beragam, mulai dari dehidrasi hingga gangguan medis berbahaya. Sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa yang menyebabkan tekanan darah rendah, sehingga bisa diobati.

Gejala Tekanan Darah Rendah Lainnya

badan terasa ringan dan sakit kepala, tekanan darah rendah

Foto: medicalnewstoday.com

Penyakit apapun itu, tentu memiliki gejala atau tanda, begitu pula dengan darah rendah. Nah, selain badan terasa ringan dan pusing, apa gejala tekanan darah rendah lainnya? Berikut gejala darah rendah mengutip dari Mayo Clinic.

Baca Juga: Benarkah Daging Kambing Bisa Jadi Obat Darah Rendah?

  • Mual, akibat sakit kepala yang dirasakan secara terus-menerus, Moms akan merasa mual dan ingin muntah.
  • Pingsan, terjadi jika pusing yang dirasakan sudah begitu hebat, sehingga tubuh tidak mampu bertahan lagi.
  • Dehidrasi dan haus yang tidak normal, menurut Dr. Grossman, segelas air mungkin cukup untuk membuat kita merasa lebih baik. Namun jika Moms belum makan atau minum banyak selama berhari-hari, dibutuhkan lebih dari segelas untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.
  • Dehidrasi terkadang dapat menyebabkan tekanan darah turun. Namun, dehidrasi tidak selalu menyebabkan tekanan darah rendah. Demam, muntah, diare parah, dan olahraga berat bisa menyebabkan dehidrasi.
  • Kurang konsentrasi.
  • Penglihatan mulai kabur.
  • Tubuh terada dingin, berkeringat, dan kulit pucat.
  • Napas cepat dan pendek.
  • Badan terasa lelah dan nyeri.
  • Depresi.

Itulah beberapa gejala umum yang menunjukkan bahwa seseorang menderita darah rendah. Apakah Moms pernah mengalaminya?

Artikel Terkait