PARENTING
16 Juni 2019

Bagaimana Cara Membicarakan Keuangan dengan Pasangan?

Jangan sampai ada salah paham
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam sebuah hubungan jangka panjang, akan ada keadaan di mana Moms dan Dads harus saling membicarakan hal-hal yang kadang tidak menyenangkan.

Salah satu hal yang bisa membuat keadaan menjadi tegang adalah ketika sudah membicarakan tentang keuangan.

Uang adalah hal yang bersifat personal dan bisa menjadi sensitif, dan kadang untuk terbuka mengenai permasalahan uang bisa menjadi hal yang sangat susah untuk dilakukan.

Menurut Brianna McGurran, ahli keuangan di NerdWallet menyatakan bahwa salah satu hubungan yang sehat adalah pasangan yang saling mendukung keinginan satu sama lain dan saling terbuka mengenai kondisi finansial yang sebenarnya. Lantas bagaimana cara membicarakan keuangan yang baik dengan pasangan?

Baca Juga: Cara Menentukan Investasi Paling Tepat untuk Dana Pendidikan Anak

1. Angkat Topik Ini Saat Memang Sudah Benar-benar Siap

cara membicarakan keuangan

Pertama-tama, jangan buru-buru langsung membicarakan keuangan ketika memang tidak siap. Setiap hubungan bergerak dengan kecepatan masing-masing, dan itu terserah Moms dan Dads untuk memutuskan kapan waktu yang tepat untuk memulai pembicaraan mengenai uang.

Tak perlu langsung membicarakan keuangan, namun perhatikan kebiasaan finansial pasangan. Apakah pasangan terlalu boros, memiliki utang atau memiliki investasi?

Baca Juga: 5 Trik Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Satu Gaji

2. Tentukan Tujuan Utama dan Fokus, Jangan Sampai Obrolan Merembet Ke Mana-mana

cara membicarakan keuangan

Ketika mulai membicarakan keuangan pertama kali, Moms tak harus langsung menggali semua target finansial hingga dalam-dalam.

Mulailah dengan membicarakan tentang target finansial secara individu, atau target kecil yang bisa dicapai bersama sebagai pasangan.

“Buat pembicaraan dengan tujuan memperkuat hubungan. Jaga percakapan dengan terbuka, empati, dan rasa ingin tahu, bukan dengan ketakutan atau menyalahkan pasangan. Bila jadi terlalu berat dan intens, tunda pembicaraan dan coba lagi di lain hari,” saran McGurran.

Untuk tahap awal, bicarakan target finansial 5 tahun ke depan. Mendiskusikan tujuan finansial adalah kebiasaan baik yang bisa dimulai di awal hubungan.

Baca Juga: Si Kecil Sudah Siap Sekolah? Atur Keuangan Dana Pendidikannya

3. Jika Sudah Mulai Dibicarakan, Tetap Jaga Agar Percakapan Soal Uang Terus Dilakukan Secara Teratur

cara membicarakan keuangan

Tentu saja, membicarakan keuangan tak bisa dilakukan sekali duduk, karena hubungan tak berlangsung sebentar saja.

Moms perlu menilik ulang semua pembicaraan finansial lebih sering, terlebih jika memang ada rencana untuk menyatukan dengan pemasukan pasangan.

“Uang harus selalu menjadi topik yang berkesinambungan, jadikan percakapan tentang uang sebagai sesuatu yang dianggap rutinitas, meskipun hanya beberapa menit dalam satu minggu, penting untuk membicarakan apa yang sedang terjadi dalam kehidupan keuangan masing-masing,” ujar McGurran.

Untuk hubungan jangka panjang, penting untuk mampu membicarakan keuangan, tak peduli sesulit apa pun itu, dengan pasangan. Mungkin bukan jenis percakapan yang gampang dilakukan di awal-awal, tapi kesabaran membuahkan hasil.

(SN)

Artikel Terkait