KESEHATAN
5 Maret 2019

Bagaimana Cara Memutihkan Gigi Kuning?

Bisa secara profesional maupun alami
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mempunyai gigi yang terlihat putih dan bersih menjadi idaman setiap Moms. Namun sayangnya, ada kebiasaan yang mungkin sering Moms lakukan sehingga membuat hilangnya warna cerah gigi.

Menurut dr. Henny Kartika Putri selaku General Practicioner RSU Siloam Lippo Village, selain tidak rutin menggosok gigi, ada hal lain yang menyebabkan gigi menjadi kuning.

Seperti mengonsumsi makanan dan minuman penyebab gigi kuning, faktor genetika, merokok, dan menggunakan obat-obatan tertentu.

Jika sudah begini, maka tidak heran kalau banyak dari Moms yang ingin mengetahui bagaimana cara memutihkan gigi kuning.

Ada dua cara memutihkan gigi kuning yang bisa Moms lakukan, yaitu cara profesional dan cara alami. Apa saja langkah-langkahnya dan tahapannya? Simak yuk, Moms!

Baca Juga: Jangan Malas Ke Dokter Gigi! Ini Akibatnya Jika Tak Rajin Membersihkan Karang Gigi

Cara Profesional Memutihkan Gigi Kuning

50shadeswhit

Salah satu cara memutihkan gigi kuning secara profesional adalah dengan bleaching gigi.

Bleaching gigi atau dental whitening adalah suatu prosedur dalam memutihkan gigi dengan bahan kimiawi, tujuannya untuk mengembalikan estetika gigi dan mendapatkan warna cerah pada gigi”, ujar Reiny Agustina, dokter gigi RS Siloam TB Simatupang.

Melakukan bleaching gigi sebaiknya tidak di sembarang tempat. Moms bisa mencari tahu terlebih dahulu mana dokter gigi terpercaya atau bisa datang ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan rekomendasi.

Biasanya akan timbul efek samping seperti rasa nyeri yang akan terasa selama kurang lebih 2x24 jam setelah bleaching dilakukan.

Selain itu, tingkat sensitivitas gigi juga akan naik setelahnya, karena hal ini disebabkan oleh zat kimia peroksida yang digunakan saat proses bleaching.

Selain itu, perawatan setelah Moms melakukan cara memutihkan gigi kuning dengan bleaching, biasanya tidak boleh mengonsumsi makanan dan minuman berwarna. Apalagi metode bleaching bukan cara permanen untuk membuat gigi lebih putih.

Baca Juga: Ini 5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara Alami Memutihkan Gigi Kuning

teeth whitening natural kansas city

Selain bleaching, masih ada cara memutihkan gigi kuning dengan alami.

Walaupun hasilnya tidak secepat bleaching, tetapi tidak ada salahnya Moms coba. Apalagi cara memutihkan gigi secara alami ini tidak menimbulkan risiko dan efek samping.

Moms bisa membersihkan gigi sekaligus memutihkannya dengan bahan alami seperti kulit jeruk, buah stroberi, buah pisang, lemon, apel, dan pinang.

Bahan-bahan alami ini mengandung unsur asam yang sangat cocok dipakai untuk membuat gigi lebih putih.

Selain itu, Moms juga bisa menggunakan garam, baking soda, arang aktif, yang menjadi bahan alami lain sebagai cara memutihkan gigi kuning.

Caranya pun mudah, Moms hanya perlu mengunyah, mengoleskan, atau menggosoknya pada bagian gigi yang terlihat kuning.

Lakukan secara rutin dan tetap menyikat gigi seperti biasanya. Moms juga harus menghindari penyebab gigi kuning seperti minum kopi, teh, anggur, dan merokok. Selamat mencoba, Moms!

(IRN)

Artikel Terkait