PROGRAM HAMIL
31 Oktober 2020

7 Manfaat Buah Zuriat dan Cara Penyajiannya, Simak Moms!

Buah zuriat dipercaya bisa mempercepat kehamilan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pernah mendengar manfaat buah zuriat? Buah yang dikenal dengan nama buah Adam dan Hawa ini dipercaya bisa mempercepat kehamilan lho, Moms.

Merit Research Journals melaporkan sebuah penelitian terhadap kelinci dengan suplementasi buah zuriat, menunjukan peningkatan hormon seksual pada kelinci jantan dan betina. Tak heran jika buah ini banyak dikonsumsi untuk program kehamilan.

Jika Moms ingin mencoba makan buah zuriat ini, penting diketahui ada ragam manfaat buah zuriat lain untuk kesehatan yang mungkin belum pernah Moms ketahui sebelumnya.

Kira-kira, apa saja manfaatnya ya, Moms? Cari tahu lebih lanjut berikut ini.

Nutrisi Buah Zuriat

nutrisi buah zuriat

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip jurnal Antioxidants in Foods and Its Applications, disebutkan bahwa buah zuriat memiliki protein kualitas tinggi yang bervariasi, seperti protein kasar lisin dan sistein, asam amino, lemak, serat, dan beberapa karbohidrat.

Tak hanya itu, ada juga kandungan kalsium, magnesium, kalium, natrium. Senyawa fitokimia buah zuriat seperti tanin, saponin, steroid, glikosida, flavonoid, terpene dan terpinoid ditemukan pada tingkat rendah dan sedang.

Dapat disimpulkan bahwa buah zuriat mengandung nutrisi penting dan sifat fungsional yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai penggunaan yang bermanfaat.

Lalu, seperti apa manfaat buah zuriat untuk kesehatan dan bagaimana cara penyajian yang bisa dilakukan? Cari tahu lebih lanjut berikut ini, Moms.

Baca Juga: 12 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil, Perlu Tahu!

Manfaat Buah Zuriat untuk Kesehatan

shutterstock_1459557446.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Mulai dari mencegah penuaan dini hingga meningkatkan daya tahan tubuh, ketahui apa saja manfaat buah zuriat untuk kesehatan. Siapa tahu, Moms jadi semakin ingin mengonsumsinya!

1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan yang pertama adalah mencegah penuaan dini dan antikanker. Salah satu keunggulan dari buah zuriat ini adalah kandungan antioksidannya yang tinggi, Moms.

Antioksidan merupakan zat yang bisa menangkal terbentuknya radikal bebas di dalam tubuh. Hal ini dapat menjaga kesehatan sel-sel dari penuaan dini serta serangan penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

Buah zuriat terkenal dengan potensi antioksidan, antikanker dan anti-inflamasi karena kandungan fenolik dan flavonoidnya.

Fenolik dan flavonoid pada buah ini telah dieksplorasi untuk potensi antimikroba terhadap berbagai bakteri Gram-positif dan Gram-negatif serta patogen jamur.

Apalagi, buah zuriat mengandung salah satu jenis antioksidan yang kadarnya cukup tinggi, yaitu vitamin C dan vitamin B. Dua vitamin ini dapat membantu sel melakukan regenerasi.

Baca Juga: Manfaat Buah Delima untuk Kecantikan Kulit, Wajib Tahu!

2. Membantu Kendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan yang selanjutnya adalah membantu mengendalikan kadar gula darah. Bila Moms, Dads, atau anggota keluarga lain punya diabetes, buah zuriat bisa menjadi pilihan yang baik.

Dalam Pakistan Journal Pharmaceutical Science, pasien diabetes yang makan buah ini dengan rutin punya kadar gula yang lebih stabil.

Ini karena kadar indeks glikemik buah zuriat cukup kecil dan aman bagi gula darah.

Selain itu, manfaat buah zuriat juga mengandung serat dan protein yang cukup tinggi, sehingga membuat Moms lebih tahan lapar. Dampaknya, asupan makan lebih terjaga dan gula darah lebih stabil.

3. Dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menjaga kesehatan ginjal. Bila Moms atau Dads punya masalah pada ginjal atau sistem urin, mungkin bisa mencoba makan buah zuriat setiap hari.

Pasalnya, buah ini mempunyai kandungan mineral fosfor dan kalium yang cukup tinggi. Kedua mineral ini berperan penting dalam membantu ginja menyaring air.

Para ahli menyatakan bahwa makan buah zuriat dipercaya dapat mencegah terjadinya batu ginjal atau masalah lain pada sistem urin.

4. Bantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah zuriat untuk kesehatan yang selanjutnya adalah melancarkan pencernaan.

Buah zuriat bisa diandalkan sebagai salah satu sumber serat harian. Ini karena sebanyak 22 persen kandungan gizi dari buah zuriat berasal dari serat. Hal ini menunjukkan bahwa kadar serat buah ini cukup tinggi.

Jadi, jika Moms atau sang buah hati sedang sembelit atau sulit buang air besar, coba konsumsi buah zuriat secara rutin sehingga kondisi sembelit yang dialami cepat hilang.

Baca Juga: 11+ Manfaat Kelapa Muda untuk Ibu Hamil, Luar Biasa!

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah zuriat bagi kesehatan yang lain yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Selain karena mengandung vitamin C, buah zuriat juga punya enzim yang dapat memperkuat antibodi.

Dalam sebuah penelitian buah zuriat dapat diolah menjadi makanan probiotik yang bisa merangsang pertumbuhan bakteri-bakteri baik. Bakteri ini yang kemudian akan membantu tubuh melawan bakteri jahat penyebab penyakit.

6. Menurunkan Kadar Lemak Jahat

Manfaat buah zuriat selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar lemak jahat. Ini merupakan khasiat lain yang tak boleh dilewatkan. Kadar lemak jahat yang terlalu tinggi dapat menyumbat aliran darah.

Dampaknya, membuat Moms berisiko memiliki penyakit jantung. Mengonsumsi buah ini membuat Moms merasakan manfaat buah zuriat dengan menambah jumlah lemak baik.

Lemak baik berfungsi membuat jantung bekerja lebih optimal dan terhindar dari beragam penyakit kronis.

Oleh karena khasiatnya ini, buah zuriat disarankan bagi Moms atau Dads yang punya riwayat tekanan darah tinggi alias hipertensi. Dengan makan buah zuriat, tekanan darah akan lebih terkontrol.

7. Meningkatkan Fungsi Hati

Manfaat buah zuriat yang dikonsumsi untuk kesehatan ternyata bisa menaikan fungsi liver, menurunkan kolestrol dan trigliserida. Hal ini dibuktikan dalam penelitian dalam jurnal Semantic Scholar.

Hasil penelitiannya menyatakan bahwa buah zuriat bisa dikonsumsi untuk kesehatan karena mampu menurunkan kadar kolestrol dan trigliserida secara signifikan.

Dalam beberapa penelitian, manfaat buah zuriat ini tidak selalu terbukti untuk kesuburan, maka hingga saat ini berbagai penelitian terus dilakukan.

Tapi, secara alami buah zuriat ini memang bisa dikonsumsi dan digunakan untuk kesehatan, hal ini terbukti dengan kandungan gizi di dalamnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Pisang untuk Kesehatan Anak, Moms Wajib Tahu!

Cara Mengonsumsi Buah Zuriat

cara mengonsumsi buah zuriat agar cepat hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah yang memiliki rasa seperti roti halia (jahe) ini bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan. Agar bisa mendapatkan manfaat buah zuriat secara maksimal, yuk simak bagaimana cara mengonsumsi buah zuriat!

1. Dimakan Langsung

Saat memakan buah tentunya kita akan menunggu buah tersebut hingga matang kemudian memakannya.

Tapi cara mengonsumsi buah zuriat ini adalah memakannya saat mentah, pasalnya semakin matang buah zuriat akan semakin sulit dikonsumsi. Buah zuriat yang telah matang lebih cocok dijadikan sebagai campuran masakan.

2. Dihaluskan

Cara mengonsumsi buah zuriat berikutnya adalah dengan cara dihaluskan. Moms bisa menghancurkan buah zuriat dengan menggunakan alat keras seperti palu, lalu haluskan hingga menjadi serbuk.

Serbuk ini bisa dicampur bersama minuman, seperti susu dan teh, atau bisa mencampurnya dengan adonan kue. Moms pun akan merasakan manfaat buah zuriat untuk tubuh.

3. Direbus Buahnya

Nah, bagi Moms yang lebih memilih untuk meminum agar dapat merasakan manfaat buah zuriat, cara mengonsumsi buah zuriat ini bisa menjadi pilihan.

Caranya, potong dua buah zuriat, gunakan pisau yang tajam ya Moms agar lebih mudah saat memotong biji buah zuriat yang keras. Lalu, potong menjadi beberapa bagian kecil (baik kulit dan isinya).

Kemudian, masukkan 6 gelas air dan rebus hingga warna air berubah seperti teh atau kecokelatan. Moms bisa langsung minum rebusan buah zuriat ini dua kali sehari, pada pagi dan malam hari bersama pasangan.

Buah zuriat yang telah direbus tersebut bisa digunakan dua hingga tiga kali rebusan atau selama air rebusan masih berwarna cokelat saat digunakan. Moms pun akan merasakan manfaat buah zuriat ini.

4. Direbus Kulit dan Bijinya

Tidak hanya buahnya, zuriat juga bisa dikonsumsi bersama kulitnya dan juga memberikan manfaat buah zuriat.

Caranya, cukup kupas dua buah zuriat, ambil kulit dan bijinya saja, lalu rebus keduanya bersamaan dengan menggunakan 5 gelas air, kurang lebih 15 menit hingga air berubah warna, diamkan selama enam jam.

Lalu, blender kulit buah zuriat saja tanpa bijinya dengan air rebusan tadi. Moms bisa menyaring dan minum secara rutin.

Nah, jika Moms dan Dads mengonsumsi buah zuriat untuk program kehamilan disarankan untuk mengonsumsinya selama 44 hari. Apabila dalam waktu tersebut Moms sudah hamil, maka penggunaannya bisa dihentikan.

Tapi Moms bisa menggunakannya untuk kesehatan dan bisa kembali dikonsumsi baik dengan dimakan langsung, dibuat serbuk, ataupun direbus untuk merasakan manfaat buah zuriat lainnya.

Itu dia Moms, ragam manfaat buah zuriat untuk kesehatan dan juga cara mengonsumsinya. Selalu ingat, konsumsi buah ini dalam porsi yang cukup dan jangan berlebihan, ya!

Artikel Terkait