KESEHATAN
20 Juni 2018

Bagaimana Cara Menjauhkan Anak dari Gadget?

Bagaimana Cara Menjauhkan Anak dari Gadget?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Tanya:

Anakku sekarang umurnya 2 tahun 5 bulan dan sudah beberapa saat ini attached banget sama gadget (main game anak dan youtube, nonton video anak-anak juga).

Sekarang sudah berasa banget akibatnya, dia jadi cranky banget kalau nggak dikasih gadget. Kalau lagi nonton lalu aku minta berhenti, bisa sampai teriak-teriak menangisnya.

Nah sekarang aku dan suami benar-benar mau stop kasih dia gadget. Tapi aku bingung apakah lebih baik untuk langsung dihentikan sama sekali atau bertahap ya, misalnya sekarang hanya sehari sekali, lalu nanti seminggu sekali.

Jadi gimana cara menjauhkan anak dari gadget ya? (Joanna Alexandra)

Jawab:

Ketika anak bermain gadget apakah ibu dan ayah mendampingi?

Tidak selamanya gadget itu membawa dampak negatif pada anak, namun jika terlalu berlebihan dalam menggunakannya tentu saja memberikan dampak yang tidak baik.

Salah satunya anak bisa mengalami keterlambatan dalam berkomunikasi, kesulitan dalam bersosialisasi, gangguan konsentrasi dan lain-lain.

Berhubung usia Si Kecil masih 2 tahun 5 bulan, Moms bisa langsung menghentikannya dengan cara harus mencari aktivitas menarik lainnya sebagai pengganti, sehingga perhatian anak terhadap gadget bisa teralihkan.

Di samping itu luangkan waktu agar Moms dan Dads bisa bermain bersama dengan anak.

Moms bisa mengajak anak untuk bermain di luar rumah dan berinteraksi dengan teman-teman seusianya.

Dijawab oleh Nidya Dwika Puteri, M. Psi

Sumber: Forum Orami - Ask The Expert

Artikel Terkait