KESEHATAN
28 Oktober 2019

Bagaimana Kita Tahu Jika Mengidap Gangguan Bipolar?

Deteksi gangguan bipolar segera untuk mendapatkan penanganan yang tepat
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Mungkin Moms sudah tidak asing lagi mendengar kata bipolar bukan? Namun tahukah Moms apa sebenarnya gangguan bipolar itu dan bagaimana kita bisa tahu jika mengidap gangguan bipolar?

Gangguan bipolar dikenal sebagai salah satu penyakit yang menyerang mental seseorang dan membuatnya dapat merasakan perubahan emosi secara berlebihan. Dikutip dari WHO (World Health Organization), 60 juta orang di dunia mengidap gangguan bipolar.

Dilansir juga dari theguardian.com, tercatat rata-rata pengidap gangguan bipolar adalah orang dengan umur kurang dari 30 tahun.

Perubahan mood merupakan hal umum yang dialami setiap orang. Tidak serta merta Moms mengalami gangguan bipolar karenanya.

Baca Juga: Mari Perhatikan Kesehatan Mental Anak Sejak Dini dengan 4 Cara Ini

Namun, jika Moms sering mengalami adanya perubahan mood yang drastis serta sulit untuk mengontrolnya, bisa jadi Moms mengidap gangguan bipolar.

Selain hal tersebut, Moms juga perlu tahu beberapa tanda gangguan bipolar. Terdapat dua episode dalam konteks gangguan bipolar.

Episode Manik

Listicle 1.jpg

Tanda gangguan bipolar dalam fase manik adalah penderita mengalami lonjakan perasaan bahagia secara tiba-tiba dan menjadi sangat bersemangat. Jantung berdetak hebat dan memiliki perasaan aneh.

“Pada episode manik, penderita akan merasa sangat enerjik dan berbicara sangat cepat. Penderita merasa tidak butuh tidur dan selalu bersemangat akan banyaknya ide dan pemikiran baru yang tidak ada habisnya,” jelas psikiater, Smitha Bhandari, MD.

Tidak sedikit juga yang mengalami halusinasi seperti memiliki kekuatan super atau memiliki sebuah misi rahasia yang menantang.

Ini membuat para penderita merasa dapat melakukan segalanya dan mengambil risiko buruk dalam hidupnya.

Perubahan mood secara drastis ini juga membuat penderita lebih mudah tersinggung dan marah.

Baca Juga: Ternyata, Punya Sahabat Baik untuk Kesehatan Mental

Episode Depresi

Listicle 2.jpg

Berbeda dengan episode manik, di fase ini penderita gangguan bipolar akan mengalami rasa sedih dan terpuruk yang begitu dalam pada waktu yang cukup lama.

Depresi membuat penderita gangguan bipolar menjadi tidak bersemangat menjalani hari-hari, pesimis, lemas, dan lesu.

Rasa tidak diperlukan dan tidak memiliki motivasi hidup kerap kali membuat penderita di fase ini memikirkan untuk bunuh diri.

Ciri lainnya pada episode manik, penderita menjadi mudah berhalusinasi dan paranoid.

Baca Juga: Apakah Kepribadian Ganda Bisa Disembuhkan?

Itu dia beberapa ciri yang mudah di deteksi jika Moms mengidap gangguan bipolar. Jika Moms merasakan tanda gangguan bipolar di atas, segera konsultasikan keluhan Moms kepada ahli kesehatan mental untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jangan mendiagnosis diri sendiri ya, Moms! Karena hal tersebut tidak akan menyelesaikan masalah dan malah bikin pikiran makin semrawut.

(DH)

Artikel Terkait