PROGRAM HAMIL
23 Juli 2020

Program Hamil untuk Anak Laki-laki? Ketahui Hal-hal Berikut Ini

Ssst! Ini cara mendapatkan anak laki-laki!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Dalam proses memiliki keturunan, Moms mungkin ingin mempunyai anak dengan jenis kelamin tertentu. Tidak heran bila banyak yang memberikan tips tentang program hamil khusus untuk anak laki-laki atau perempuan.

Jika Moms dan Dads ingin punya anak laki-laki, berikut ini program hamil anak laki-laki dengan ragam metode yang bisa dicoba.

Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa posisi seks tertentu dapat memengaruhi jenis kelamin bayi, tetapi pendapat ini telah beredar secara turun-temurun.

Karena itu, tidak ada salahnya bagi Moms dan Dads untuk mencobanya. Yuk, cari tahu seperti apa penjelasannya berikut ini, Moms.

Baca Juga: 3 Hal yang Perlu Dibicarakan dengan Pasangan Sebelum Memulai Program Hamil

Program Hamil Laki-laki Menurut Dokter

program hamil anak laki-laki

Foto: Orami Photo Stock

Untuk bisa melakukan program hamil anak laki-laki, Moms perlu mengetahui penjelasannya terlebih dahulu.

Sel sperma mengandung 1 dari 2 kromosom, antara kromosom perempuan (X) atau laki-laki (Y). Karena itu, sel sperma yang membuahi sel telur ini dapat menentukan jenis kelamin bayi.

Dalam buku How to Choose the Sex of Your Baby, penulis L. B. Shettles, M.D., Ph.D., menjelaskan bahwa sperma berkromosom pria dan wanita memiliki sejumlah perbedaan utama.

Dr. Shettles menemukan bahwa sperma kromosom pria itu lebih lemah, tetapi lebih kecil dan lebih cepat jika dibandingkan dengan sel telur wanita yang lebih tangguh, dan mampu bertahan hidup lebih lama.

Mengutip Miami Obstetrics & Gynecology, untuk memastikan sel sperma berkromosom pria membuahi sel telur sebelum sperma berkromosom wanita, pasangan harus melakukan hubungan intim sedekat mungkin dengan waktu ovulasi wanita, bukan setelahnya.

"Ketika pasangan melakukan hubungan intim sedekat mungkin dengan waktu ovulasi wanita, hal ini dipastikan bahwa sperma Y mencapai sel telur sebelum sperma X (karena sperma pria berenang lebih cepat)," jelas Dr. Vazquez-Vera.

Jika pasangan berhubungan intim beberapa hari sebelum wanita berovulasi, kemungkinan sperma Y akan mati tetapi sperma X yang geraknya lebih lambat akan tetap ada di dalam tubuh wanita, sehingga tidak ada persaingan dengan sperma Y untuk mencapai sel telur terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, tips lain sebagai program hamil anak laki-laki adalah Moms perlu memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi.

Karena sperma Y tumbuh subur di lingkungan alkali, jadi wanita yang ingin hamil harus menghentikan konsumsi produk susu, yang membuat tubuh menjadi asam.

"Selain itu, wanita harus mencapai orgasme sebelum pria, karena orgasme melepaskan zat alkali. Penetrasi yang dalam direkomendasikan, ketimbang yang dangkal, karena akan menempatkan sperma pria lebih dekat ke sel telur," jelas Dr. Vazquez-Vera.

Mengutip Health, beberapa posisi seks dengan penetrasi yang dalam yaitu seperti posisi seks berdiri, doggy style, dan cowgirl yang saling berhadapan. Moms bisa mengkreasikan posisi-posisi ini untuk kenikmatan yang menyenangkan.

Baca Juga: 3 Persiapan Sebelum Program Hamil, Ini yang Harus Dilakukan

Program Hamil Laki-laki Menurut Kalender Cina

program hamil anak laki-laki-2

Foto: Orami Photo Stock

Selain dengan menggunakan beberapa tips dari dokter, program hamil anak laki-laki bisa juga dilakukan dengan menggunakan kalender Cina untuk memprediksi jenis kelamin anak.

Mengutip What to Expect, penggunaan kalender Cina untuk memprediksi jenis kelamin anak telah dilakukan sekitar 700 tahun yang lalu. Menurut legenda, kalender prediksi gender ditemukan di sebuah makam kerajaan Cina.

Pada dasarnya, program hamil laki-laki dengan kalender Cina melibatkan Moms untuk memasukkan tanggal lahir wanita dan tanggal konsepsi (atau perkiraan tanggal kelahiran bayi) ke dalam kalender, dan kemudian akan dihitung dan diketahui apakah bayinya laki-laki atau perempuan.

Namun, sebenarnya dalam jurnal National Library of Medicine disebutkan bahwa metode kalender Cina tidak lebih baik dalam memprediksi jenis kelamin bayi dibandingkan dengan melemparkan koin.

Meskipun beberapa peneliti mengklaim cara ini lebih dari 90% akurat, tetapi diperdebatkan karena tidak ada bukti ilmiah. Tidak ada salahnya bila Moms ingin mencoba program hamil anak laki-laki dengan kalender Cina.

Mengutip Mom Junction, kalender gender Cina didasarkan pada usia ibu dan tanggal konsepsi berdasarkan kalender lunar. Pada beberapa situs, tersedia kalkulator yang bisa mengkonversi tanggal-tanggal ini menurut kalender lunar.

Misalnya, jika tanggal lahir Moms menurut kalender masehi adalah 15 Januari 1989, maka berdasarkan kalender Gregorian-Lunar, tanggal lahir Moms adalah 8 Desember 1988 (31 tahun).

Demikian juga, jika tanggal konsepsi adalah 5 Juni 2018, maka tanggal konsepsi menurut kalender lunar adalah 22 April 2018. Dari kedua tanggal ini, diketahui Moms cenderung memiliki bayi perempuan.

Baca Juga: Masih Mempertimbangkan Program Hamil IVF? Simak Penjelasannya di Sini!

Makanan Program Hamil Laki-laki

program hamil anak laki-laki-3

Foto: Orami Photo Stock

Pola makan juga dapat memengaruhi stamina dan kondisi basa tubuh. Hal ini penting diperhatikan jika Moms ingin melakukan program hamil laki-laki karena kondisi asam dianggap dapat membunuh sperma kromosom laki-laki.

Untuk mendapatkan anak laki-laki, cobalah diet sehat selama beberapa minggu sebelum konsepsi untuk menjaga kondisi tubuh tetap dalam keadaan basa. Salah satunya dengan meningkatkan asupan natrium dan kalium (potasium).

Pada jurnal Proceedings of the Royal Society B: Biological Sciences, dinyatakan bahwa wanita yang punya anak laki-laki kemungkinan mengonsumsi makan dengan kandungan tinggi kalium, kalsium dan natrium.

"Kami dapat mengonfirmasi kisah para istri tua bahwa makan pisang dengan asupan kalium yang tinggi dikaitkan dengan memiliki anak lelaki, seperti halnya asupan natrium yang tinggi," jelas Spesialis Biologi Mamalia di Universitas Exeter, Fiona Mathews.

Berikut ini beberapa tips mengonsumsi makanan untuk program hamil anak laki-laki.

1. Konsumsi Makanan Tinggi Kalium

Makanan yang bisa dikonsumsi untuk program hamil anak laki-laki yaitu dengan memilih makanan tinggi kalium.

Mengutip Baby Foodie, Moms perlu mengonsumsi banyak pisang, kacang putih, salmon, alpukat, almond, apel, dan jamur.

2. Makan Lebih Sering

Wanita yang menjaga kadar glukosa tinggi memiliki peluang lebih besar untuk hamil anak laki-laki. Ini berarti, Moms perlu sering makan makanan kecil setiap beberapa jam.

Tetapi, pastikan makanan yang dikonsumsi baik makanan utama atau camilan penuh dengan nutrisi. Moms bisa memilih makanan yang kaya kalium untuk untuk program hamil anak laki-laki.

3. Sarapan dengan Sereal

Untuk beberapa alasan, wanita yang makan sereal untuk sarapan juga lebih mungkin mengandung anak laki-laki daripada wanita yang makan satu mangkuk atau kurang setiap harinya.

Makan banyak sereal untuk sarapan mungkin efektif, karena sereal diperkaya dengan kalium yang juga dapat membantu berkontribusi untuk mengandung anak laki-laki.

Baca Juga: 5 Jenis Sumber Nutrisi untuk Program Hamil yang Wajib Moms Penuhi

Biaya Program Hamil Laki-laki

program hamil anak laki-laki-4

Foto: Orami Photo Stock

Bila Moms ingin melakukan program hamil untuk anak laki-laki, maka ada beberapa jenis biaya program hamil dan kebutuhan yang diperlukan. Mengutip Life Pal, berikut ini beberapanya:

1. USG

Pemeriksaan USG dilakukan untuk melihat perkembangan janin yang ada di dalam rahim. Moms tentu sudah familiar dengan USG 2D dan 3D, tetapi seiring perkembangan teknologi, ada juga USG 4 simensi.

Berikut kisaran harga melakukan USG:

  • USG Puskesmas: gratis menggunakan BPJS atau KIS
  • USG di Bidan: mulai dari Rp100.000
  • USG 2D: Rp200.000 hingga Rp500.000
  • USG 3D: Rp500.000 hingga Rp750.000
  • USG 4D: Rp450.000 hingga Rp1,5 juta.

2. Konsultasi dengan Dokter

Konsultasi dengan dokter untuk program hamil bayi laki-laki bisa bermacam-macam. Tergantung di rumah sakit atau klinik, serta daerah konsultasinya.

Tetapi, kisaran biaya jasa konsultasi dengan dokter kandungan di daerah Jakarta bisa sebesar Rp250.000 hingga Rp550.000.

3. Bank Sperma dan Embrio

Jika Moms ingin melakukan program hamil dengan bank sperma dan embrio, metode ini bisa dilakukan dengan kisaran harga mulai dari Rp1,6 juta-an. Sementara, jika ingin melakukan program pembekuan embrio, tindakan ini bisa memakan biaya mulai dari Rp6 juta-an.

4. Bayi Tabung

Moms bisa menggunakan metode bayi tabung untuk program hamil. Ini merupakan metode yang paling mahal, dengan kisaran harga bisa mencapai puluhan juta Rupiah.

Itu dia Moms, beberapa program hamil bayi laki-laki yang bisa dilakukan. Semoga berhasil mendapatkan keturunan anak laki-laki bersama pasangan, ya!

Artikel Terkait