2-3 TAHUN
21 Oktober 2019

Bagaimana Mengatasi Fobia Pada Anak dan Balita? Simak 7 Caranya

Mencegah munculnya rasa takut yang berlebihan.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Fobia atau takut berlebihan dapat mempengaruhi mental anak. Lantas, bagaimana mengatasi fobia pada anak kita?

Moms, setiap anak pernah punya rasa takut terhadap sesuatu. Ini hal biasa. Karena rasa takut merupakan salah satu mekanisme pertahanan diri yang bersifat alamiah. Beberapa anak bisa mengatasinya dengan baik, namun bagi beberapa anak yang lain rasa takut itu berkembang menjadi fobia berkepanjangan.

“Fobia adalah munculnya rasa takut yang berlebihan akibat suatu trauma atau peristiwa yang membekas di benaknya, sehingga mempengaruhi jiwanya. Pada balita, fobia bahkan bisa muncul hanya karena hal-hal sepele. Seperti akibat melihat reaksi yang berlebihan dari orang-orang terdekat, atau terhadap sesuatu. Misalkan fobia kecoak,” jelas Jesse Matthews, PsyD, psikiater yang berbasis di Pennsylvania.

Fobia kadang juga bisa muncul dari ketidaktahuan dan imajinasi yang berlebihan. Terutama pada anak usia sekolah. Fase dimana seorang anak akan menyerap informasi sebanyak-banyaknya. Termasuk informasi yang bersifat irasional yang tidak mampu dicernanya, yang pada akhirnya hanya menimbulkan fobia.

Baca Juga: Moms, Ini Beberapa Jenis Fobia yang Perlu Diketahui

Jenis Fobia

Phobias.jpg

Foto: scienceabc.com

Fobia secara garis besar terbagi menjadi tiga macam :

  • Fobia spesifik yaitu fobia terhadap suatu objek tertentu, seperti pada binatang, tempat tertutup, ketinggian, dan lain-lain.
  • Fobia sosial yang muncul bila berada di keramaian, takut menjadi pusat perhatian.
  • Fobia kompleks memunculkan fobia spesifik dan sosial secara bersamaan. Misalnya takut terhadap ketinggian dan ruang terbuka.

Fobia adalah kondisi saat takut melampaui batas wajar. Rasa takut yang berlebihan akan membentuk rasa rendah diri pada anak, yang pada akhirnya akan mempengaruhi perkembangan mental anak.

Baca Juga: Fobia Ketinggian, Bisakah Diatasi?

Membantu Anak Mengatasi Fobia

Jika Moms khawatir dengan mental Si Kecil yang terus-terusan tersiksa fobianya, maka Moms bisa mencoba cara-cara berikut ini.

  1. Kenalkan pada Sumber Rasa Takut
Waspada, Moms, Ini 4 Penyakit yang Disebabkan oleh Hewan! 04.jpg

Pada anak yang fobia hewan, misalnya. Berikan informasi yang banyak tentang hewan tersebut. “Anda bisa menggunakan metoda bercerita atau membacakan buku-buku mengenai hewan tersebut. Bangun ketertarikan dengan cerita, buat dia lebih mengenal ‘lawan’-nya,” kata Dr Matthews.

2. Latih untuk Mengatasi Rasa Takut

melatih anak mendengar-3.jpeg

Misalkan pada anak yang fobia ketinggian atau sosial, Moms harus sering membawanya bersosialisasi. Atau melatihnya untuk berani pada ketinggian. Lakukanlah latihan itu secara bertahap agar si kecil tidak bertambah trauma.

3. Berikan dukungan penuh atas setiap usaha yang dilakukan

Q6MF6JFNTMI6TPC4445WAPT7HA.jpg

Foto: washingtonpost.com

“Mengatasi rasa takut bukanlah persoalan mudah. Dukungan Anda akan berarti banyak bagi kemajuan putra-putri Anda. Dan menambah kepercayaan diri mereka,” terang Dr Matthews.

4. Ciptakan kondisi nyaman

Moms, Simak Aneka Cara Nyaman Meredakan Cegukan pada Balita Ini! 02.jpg

Rasa nyaman akan menimbulkan rasa aman pada anak. Perasaan ini merupakan energi yang luarbiasa yang akan membantu anak untuk selalu berusaha mengatasi rasa takutnya.

5. Jangan tertawakan

Ini 4 Cara Menumbuhkan Empati pada Anak Sejak Dini 4.jpg

Sekonyol apapun fobia yang dialami anak, menertawakannya atau mengolok-olokkannya jelas bukan tindakan bijak.

6. Pastikan si kecil merasa dicintai

Cegah Penyakit, Ajarkan Si Kecil 3 Kebiasaan Menjaga Kesehatan Jantung Anak Ini 3.jpg

“Menyadari Anda selalu ada untuknya dalam segala kondisi akan membantu anak keluar dari rasa takutnya,” ungkap Dr Matthews.

7. Jangan bosan

Mengapa? Karena mendidik anak butuh waktu yang panjang.

Baca Juga: Paksa Hadapi Ketakutan Mampu Menghilangkan Fobia?

Nah, itulah cara mengatasi fobia pada anak dan balita. Kalau Moms, sudah melakukan yang mana saja, nih?

(RYO/DIN)

Artikel Terkait