BAYI
26 Februari 2020

6 Cara Menghentikan Cegukan pada Bayi, Yuk Coba!

Meskipun cegukan tidak berbahaya, Moms bisa melakukan hal-hal ini untuk menghentikannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Orami

Si Kecil cegukan? Sebelum panik, tenang dulu, Moms. Cegukan pada bayi tidak berbahaya, kok. Tetapi, tetap perlu diperhatikan intensitas dan durasi cegukan ya, Moms.

Cegukan sebenarnya tidak ada hubungannya dengan pernapasan. Cegukan terjadi ketika ada suatu hal yang menyebabkan diafragma kejang dan pita suara tertutup. Udara yang keluar lewat pita suara tertutup inilah yang menyebabkan cegukan.

Menurut penelitian yang diterbitkan Bioessays, cegukan dapat berfungsi untuk menghilangkan udara berlebih dari perut.

Ada beberapa hal yang menyebabkan bayi cegukan, misalnya karena makan atau minum kebanyakan, makan atau minum terlalu cepat, menelan terlalu banyak udara, atau karena penurunan suhu tiba-tiba.

Cara Menghentikan Cegukan pada Bayi

Lalu, jika bayi sudah cegukan, bagaimana cara menghentikan cegukan pada bayi? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Cegukan Pada Bayi, Apakah Berbahaya?

1. Istirahat untuk Bersendawa

Jika Bayi Tidak Bersendawa, Lakukan 6 Hal Ini 04.jpg

Cara pertama untuk menghentikan cegukan pada bayiadalah dengan bersendawa. Menurut American Academy of Pediatrics, memberikan waktu bayi untuk bersendawa adalah ide yang bagus untuk menghentikan cegukan.

Apabila Moms menyusui langsung, proses sendawa bisa dilakukan ketika berganti payudara. Pastikan bibir Si Kecil tertutup di sekitar areola payudara, bukan hanya puting.

Jika Si Kecil diberi botol susu, dokter anak Christal-Joy Forgenie, MD dari New York City, merekomendasikan berhenti di tengah botol untuk bersendawa dan selesaikan menyusu setelah istirahat 5-10 menit.

“Menyelesaikan proses menyusu ketika bayi sedang rileks merupakan cara yang benar-benar bisa menghentikan cegukan,” ucap dr. Forgenie.

Moms juga bisa memosisikan ulang botol susu sehingga udara tidak berada dekat dot, tetapi berada di bagian bawah botol.

2. Gendong Bayi dengan Posisi Tegak

Cegukan pada bayi - mengatasi cegukan.jpg

Cara selajutnya untuk menghentikan cegukan pada bayi adalah menggendong bayi dengan posisi tegak. Salah satu cara untuk mengeluarkan udara dari perut bayi adalah menggendong bayi dengan posisi tegak setelah menyusu selama 20-30 menit.

Proses ini bisa menghentikan cegukan pada bayi dan membuat bayi sendawa sehingga cegukan tidak terjadi kembali.

Baca Juga: Ketahui 5 Obat Alami untuk Bayi Pilek

3. Gosok Punggung Bayi

Jika Bayi Tidak Bersendawa, Lakukan 6 Hal Ini 01.jpg

Cara selajutnya untuk menghentikan cegukan pada bayi adalah menggosok punggung bayi. Apabila cara-cara tadi sudah dilakukan dan bayi masih cegukan, Moms bisa menggosok punggung bayi atau menggoyang-goyangkannya.

Kegiatan ini bisa membuat bayi rileks sehingga cegukan bisa berhenti.

4. Gunakan Empeng

4 Beri Empeng.png

Cara selajutnya untuk menghentikan cegukan pada bayi adalah gunakan empeng. Cegukan pada bayi tidak selalu terjadi ketika atau setelah menyusui. Kadang-kadang, bayi juga bisa tiba-tiba mengalami cegukan.

Apabila hal ini terjadi, biarkan bayi mengisap empeng atau menyusu agar diafragma bisa rileks dan menghentikan cegukan.

5. Coba Gripe Water

gripe water hentikan cegukan pada bayi.jpeg

Cara selajutnya untuk menghentikan cegukan pada bayi adalah memberikan gripe water. Mungkin di Indonesia metode ini jarang digunakan, Moms. Tetapi, orang-orang di luar negeri menggunakan gripe water sebagai salah satu cara untuk menghentikan bayi cegukan.

Gripe water adalah kombinasi dari tumbuh-tumbuhan alami dan air yang diyakini oleh beberapa orang bisa membantu mengatasi kolik dan masalah sakit perut lainnya.

Bahan-bahan yang terkandung dalam gripe water biasanya jahe, adas, chamomile, dan kayu manis. Jika cegukan terjadi karena masalah perut, gripe water dipercaya bisa mengatasinya.

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini, tetapi gripe water bisa dicoba karena risikonya rendah. Moms bisa membeli online beberapa merek gripe water atau meraciknya sendiri.

Baca Juga: Jangan Panik Dulu, Ini Dia Penyebab Diare pada Bayi

6. Biarkan Berhenti Sendiri

balita cegukan bantu hentikan dengan 6 cara alami ini 3

Cara selajutnya untuk menghentikan cegukan pada bayi adalah biarkan berhenti dengan sendirinya. Moms, kebanyakan cegukan bisa berhenti dengan sendirinya. Jika cegukan tidak menganggu Si Kecil, sebaiknya biarkan cegukan berhenti sendiri.

Tapi, apabila cegukan tidak berhenti dalam waktu lama atau Moms sudah melakukan berbagai cara namun cegukan tak berhenti, segera konsultasikan ke dokter, ya. Meskipun jarang, kadang-kadang cegukan jadi gejala awal akan penyakit yang lebih serius.

Jangan Lakukan Hal Ini pada Bayi Cegukan

jangan lakukan ini pada bayi cegukan.jpg

Moms mungkin merasa perlu melakukan apapun untuk menghentikan bayi cegukan. Tetapi, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan pada bayi cegukan, Moms. Misalnya:

  • Membuat bayi kaget.
  • Menarik lidah bayi.
  • Membuat bayi meminum air dengan posisi terbalik.
  • Jangan meletakkan kain basah pada dahi bayi.
  • Menahan napas bayi - hal ini sangat berbahaya untuk dilakukan.

Itulah beberapa cara menghentikan bayi cegukan, Moms. Bayi memang sering cegukan, bahkan sejak dalam kandungan.

Seiring bertambahnya usia, cegukan akan makin jarang terjadi. Untuk itu, tidak perlu khawatir berlebihan apabila cegukan tidak menganggu aktivitas bayi, ya.

(SR/ERN)

Artikel Terkait