KESEHATAN
10 Maret 2020

6 Bahan Alami untuk Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Kaki pecah-pecah seringkali membuat kita kurang percaya diri menggunakan sandal saat bepergian
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Bagi seseorang yang menjaga dan peduli terhadap penampilan akan sangat memperhatikan masalah yang terjadi pada bagian organ tubuh yang terlihat maupun tak terlihat.

Tidak hanya muncul di bagian wajah yang menjadi pusat perhatian, namun bagian bawah seperti kaki pun dapat menimbulkan masalah yang mengganggu penampilan.

Salah satunya adalah tumit kaki yang pecah-pecah. Tumit kaki pecah pecah merupakan hal yang sangat biasa terjadi, apalagi pada wanita.

Kondisi tersebut terjadi karena kulit kaki yang pada dasarnya kering, lalu tidak ada kelenjar minyak. Kekeringan pada kaki dapat menjadikan kaki mudah kapan dan retak.

Dilansir dari Woman Junction, tumit kaki pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti khusus untuk perempuan yang sering memakai heels yang menyebabkan kulit mengeras dan timbul pecahan, cara jalan yang salah, sering terkena debu, infeksi jamur, berat badan berlebih, atau karena memiliki penyakit diabetes.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Pada Pria

Mengatasi Tumit Pecah-pecah

Ada banyak cara mengembalikan kepercayaan diri karena kaki pecah-pecah, tidak hanya menggunakan obat-obatan berbahan kimia, bahan-bahan dapur yang mudah didapatkan juga dapat mengatasi kaki pecah-pecah.

Dilansir dari boldsky.com, lemon, air mawar, minyak sayur, mimba, tepung beras dan madu, cuka dan minyak mustard menjadi salah satu cara alami menyembuhkan tumit pecah-pecah.

Berikut ini ringkasan bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kaki pecah-pecah:

1. Air Lemon dan Garam

bahan alami mengatasi kaki pecah-pecah.jpeg

Lemon mengandung asam yang mampu menjadikan kulit lembap dan halus. Lemon mampu menyingkirkan sel kulit mati, sedangkan garam banyak diketahui dapat mencegah segala infeksi.

Cara mengaplikasikan bahan alami ini cukup mudah, belah lemon kemudian taburkan garam di atasnya, lalu gosokkan pada bagian tumit kaki yang pecah-pecah.

2. Air Mawar dan Gliserin

bahan alami mengatasi kaki pecah-pecah.jpg

Campuran bahan ini menjadi pilihan yang baik untuk membuat tumit kaki tetap lembap. Gliserin cukup dikenal dapat melembapkan kulit dengan cepat.

Cara mudah menggunakan bahan ini adalah dengan mencampurkan keduanya, dengan perbandingan 1:3 antara gliserin dan air mawar.

Aplikasikan larutan tersebut pada kulit kaki yang pecah-pecah. Campuran ini baiknya digunakan saat malam hari, sebelum tidur.

Pada pagi harinya dapat dilihat hasil yang dapat melembapkan dan membuat kulit kembali halus.

Baca Juga: 7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo yang Bisa Ditemukan di Dapur

3. Madu

bahan alami mengatasi kaki pecah-pecah 2.jpg

Madu memang dikenal banyak orang sebagai obat yang telah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam keluhan.

Dilansir dari The International Quarterly Journal of Research in Ayurveda, madu memiliki sifat antibakteri.

Oleh sebab itu, madu bisa menyembuhkan luka dan melembapkan kulit. Moms bisa rendam kakli dengan madu atau menggunakannya sebagai pelembap di malam hari.

Gunakan satu gelas madu ke dalam air hangat, rendam kaki dengan campuran tersebut sambil menggosok-gosok area kaki pecah-pecah untuk membuatnya terasa halus dan lembut.

4. Air Beras

bahan alami mengatasi kaki pecah-pecah 3.jpg

Ketahuilah bahwa air beras juga memiliki manfaat yang baik dalam merawat kesehatan.

Mengatasi kaki pecah-pecah juga dapat menggunakan air beras dengan cara mencampurkannya dengan madu dan cuka.

Gosokkan campuran bahan-bahan tersebut pada area kaki pecah-pecah dan diamkan beberapa saat, lalu bilas. Lakukan setidaknya dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

5. Minyak Sayur

bahan alami mengatasi kaki pecah-pecah 4.jpg

Bahan dapur ini tentu juga dapat mengatasi tumit yang pecah-pecah. Minyak kelapa, minyak almond, atau minyak zaitun juga dapat menjadi pilihan yang tepat, karena bahan ini dapat meresap jauh dalam kulit dan meningkatkan kelembapan.

6. Neem (Mimba)

bahan alami mengatasi kaki pecah-pecah 5.jpg

Neem dengan fungsi antijamur dapat membantu menyingkirkan bakteri penyebab infeksi.

Daun neem (mimba) atau daun intaran ini dapat dikombinasikan dengan kunyit yang dapat membantu mengurangi peradangan.

Cara menggunakannya cukup mudah. Haluskan daun neem dengan kunyit, kemudian oleskan ke bagian kaki yang sedang mengalami pecah-pecah.

Jika Moms mengalami tumit pecah-pecah gunakan cara alami di atas secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

(PSF/ERW)

Artikel Terkait