KESEHATAN
26 Februari 2020

6 Bahan Alami untuk Mengurangi Gejala Menopause

Gejala menopause sebenarnya bisa dikurangi dengan bahan-bahan alami, lho, Moms
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Intan Aprilia

Menopause merupakan berakhirnya siklus menstruasi yang dialami oleh wanita pada usia 45 hingga 55 tahun.

Nah, gejala-gejala yang mengawali proses menopause menurut Office on Women's Health antara lain:

  • Hot flashes (gejala berupa rasa panas dalam tubuh disertai keringat dan detak jantung yang sangat cepat selama 2-30 menit).
  • Vagina kering dan infeksi vaginal serta infeksi saluran kemih.
  • Menstruasi tidak teratur dan dapat pula disertai pendarahan.
  • Gangguan tidur seperti susah tidur.
  • Mood swing atau perubahan suasana hati.
  • Depresi dan gangguan kecemasan.
  • Kurangnya gairah seksual

Mengurangi Gejala Menopause

Namun, jangan khawatir Moms, ternyata beberapa gejala menopause bisa dikurangi dengan bahan-bahan alami. Catat yuk bahan-bahan alami untuk mengurangi gejala menopause berikut ini.

1. Kedelai

6 Bahan Alami untuk Mengurangi Gejala Menopause 1.jpg

Foto: freepik.com

Olahan kedelai berupa tempe, tahu, dan susu kedelai ternyata bermanfaat untuk mengurangi gejala menopause lho, Moms!

Menurut artikel yang dipublikasikan oleh Harvard School of Public Health, kedelai dapat digunakan sebagai alternatif dalam terapi hormon karena mengandung phytoestrogen yang mirip dengan estrogen yang dibutuhkan oleh manusia.

Beberapa percobaan yang dimuat dalam artikel yang sama menyebutkan hot flashes dapat diredakan dengan mengonsumsi setidaknya 30 mg ekstrak kedelai.

Baca Juga: 4 Tanda Perimenopause yang Perlu Diketahui

2. Black Cohosh

6 Bahan Alami untuk Mengurangi Gejala Menopause 2.png

Foto: medicalnewstoday.com

Black cohosh (Actaea racemosa) merupakan tanaman berbunga yang tumbuh di Amerika Utara dan Kanada. Penelitian dalam Obstetric & Gynecology Journal membuktikan bahwa black cohosh efektif untuk mengurangi gejala vagina kering dan infeksi vagina lainnya.

Penelitian lainnya dalam International Journal of Reproductive Biomedicine menyebutkan bahwa black cohosh dinyatakan efektif untuk mengurangi gejala menopause seperti hot flashes, susah tidur, dan mood swings. Saat ini black cohosh lebih banyak diolah sebagai suplemen makanan.

3. Teh Hijau

6 Bahan Alami untuk Mengurangi Gejala Menopause 3.jpg

Foto: freepik.com

Jenis teh yang satu ini ternyata bermanfaat untuk mengurangi gejala menopause, Moms.

Kandungan senyawa aktif katekin atau Epigallocatechin-3-Gallate (EGCG) dalam teh hijau membantu menyeimbangkan hormon dengan meningkatkan metabolisme estrogen.

Penelitian dalam Nutrition Journal yang dipublikasikan oleh Biomed Central menunjukkan bahwa mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan metabolisme hormon estrogen pada wanita menopause.

Baca Juga: Berat Badan Naik Saat Menopause, Apa Sebabnya?

4. Ginseng

6 Bahan Alami untuk Mengurangi Gejala Menopause 4.jpg

Foto: pixabay.com

Tanaman yang tumbuh di kawasan pegunungan Asia Timur ini telah dipercaya memiliki beragam khasiat bagi kesehatan, salah satunya untuk mengurangi gejala menopause.

Salah satu manfaat ginseng yang diteliti oleh Universitas Yonsei adalah untuk mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan pembuluh darah pada wanita yang telah menopause.

Manfaat ginseng bagi wanita menopause lainnya adalah sebagai pereda hot flashes, depresi, dan gangguan kecemasan.

5. Semanggi Merah

6 Bahan Alami untuk Mengurangi Gejala Menopause 5.jpg

Foto: pixabay.com

Sama seperti kedelai, semanggi merah (red clover) kaya akan phytoestrogen yang dapat dimanfaatkan sebagai pengganti hormon estrogen dalam tubuh wanita.

Selain menjaga keseimbangan hormon, Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research juga menyatakan bahwa semanggi merah efektif untuk meredakan hot flashes yaitu sebesar 20% apabila dikonsumsi selama 12 minggu.

Menurut jurnal tersebut, gejala menopause lainnya seperti masalah kesehatan vagina dan saluran kemih juga dapat diatasi semanggi merah.

6. Dong Quai

6 Bahan Alami untuk Mengurangi Gejala Menopause 6.jpg

Foto: drweil.com

Tumbuhan yang berasal dari Asia Timur ini atau yang lebih sering dikenal dengan istilah ginseng wanita, telah digunakan selama ratusan tahun untuk mengobati berbagai penyakit.

Dong quai atau tang kuei (Angelica sinensis) bermanfaat untuk mengurangi gejala susah tidur dan meredakan hot flashes seperti yang disebutkan dalam penelitian Clinical and Experimental Obstetric & Gynecology. Penelitian tersebut menyebutkan adanya penurunan gejala hot flashes hingga 70% lho, Moms!

Baca Juga: Alami Menopause Dini, Lakukan 5 Hal Ini

Itulah beberapa bahan alami untuk mengurangi gejala menopause. Apakah Moms tertarik untuk mencobanya? Pastikan bahan-bahan herbal tersebut melalui proses pengolahan yang aman sehingga dapat dikonsumsi, ya!

Jangan lupa konsultasikan diri Moms ke dokter untuk melakukan pengobatan secara medis agar tidak khawatir saat menopause menjelang!

Artikel Terkait