GAYA HIDUP
22 Januari 2020

4 Bahan Alami untuk Mengatasi Hb Rendah, Tidak Disangka!

Ternyata bahan alami untuk dongkrak HB rendah tidak hanya sayur bayam loh Moms...
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Orami

Hemoglobin (Hb) adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah. Sel-sel ini bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Selain mengangkut oksigen, hemoglobin membawa karbon dioksida keluar dari sel dan masuk ke paru-paru.

Karbon dioksida kemudian dilepaskan saat seseorang menghembuskan napas. Memiliki hb yang rendah dapat menyulitkan tubuh untuk melakukan fungsi-fungsi tersebut.

Dr. Charles Patrick Davis, MD, PhD, Kepala Pengobatan Darurat di UT Medical Branch dan di UTHSCSA, mengatakan tingkat hb yang rendah disebut anemia atau jumlah darah merah yang rendah dan ada banyak alasan mengapa anemia bisa terjadi.

Jumlah sel darah merah yang lebih rendah dari normal disebut sebagai penyakit anemia dan kadar hb mencerminkan jumlah ini.

"Beberapa penyebabnya yang lebih umum adalah kehilangan darah seperti cedera traumatis, pembedahan, perdarahan, kanker usus besar, atau tukak lambung, defisiensi nutrisi (zat besi, vitamin B12, folat), masalah sumsum tulang, atau struktur hemoglobin abnormal," katanya seperti dikutip dari medicinenet.com.

Menurut The American Society of Hematology, definisi jumlah Hb rendah berada di bawah 13,5 gram per dL pada pria, 12 gram per dL pada wanita, 11 gram per desiliter pada ibu hamil, dan 11.5 per desiliter anak usia 5-12 tahun, dan 11 per desiliter bayi 0.5 bulan-4 tahun.

Namun, beberapa orang terkadang memiliki jumlah Hb rendah yang alami tanpa penyebab yang mendasarinya. Beberapa yang lain lagi bisa memiliki Hb rendah, tetapi tidak pernah memiliki gejala.

Perawatan untuk orang yang memiliki Hb rendah adalah perubahan pola makan. Hal ini bisa menjadi langkah pertama untuk meningkatkan kadar hemoglobin, salah satunya makan makanan yang lebih banyak mengandung zat besi.

Zat besi berperan penting dalam produksi hemoglobin. Sebuah protein yang disebut transferrin mengikat zat besi dan mengangkutnya ke seluruh tubuh. Ini membantu tubuh untuk membuat sel darah merah yang mengandung hemoglobin.

Bahan Alami untuk Mengatasi Hb Rendah

Berikut ini adalah 4 jenis makanan sekaligus sumber protein yang bisa membantu mengatasi Hb rendah karena mengandung zat besi.

Baca Juga: 6 Tanda Penyakit Anemia yang Mungkin Tidak Moms Sadari

1. Sayuran Hijau

Sayuran Hijau Mengandung Zat Besi

Foto: Stocksnap.io

Sayuran hijau, terutama yang gelap, adalah salah satu sumber zat besi alami terbaik. Bayam, kubis, aneka sawi, dan swiss chard merupakan pilihan sayuran hijau yang bisa digunakan untuk mendongkrak Hb rendah.

Bahkan beberapa sayuran hijau seperti chard Swiss dan collard hijau serta kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan sumber folat yang baik.

Baca Juga: Nyeri Perut Mendadak, Bisa Jadi Gejala Usus Buntu

2. Daging dan Unggas

Konsumsi Daging dan Unggas

Foto: Stocksnap.io

Semua daging dan unggas mengandung zat besi, seperti misalnya daging sapi, domba, dan daging rusa yang menjadi sumber nutrisi terbaik. Akan tetapi, unggas dan ayam memiliki kandungan zat besi yang lebih rendah dibandingkan jenis daging yang lain.

Mengkonsumsi daging atau unggas dengan makanan tinggi zat besi lainnya seperti sayuran hijau, dapat meningkatkan penyerapan zat besi yang lebih maksimal dan bisa menjadi pilihan untuk mengatasi hb rendah.

3. Hati

Jeroan dan Hati yang Kaya akan Zat Besi

Foto: Sajiansedap.grid.id

Banyak orang menghindar atau tidak mau makan daging jeroan seperti hati, paru dan ampela. Akan tetapi, protein hewani ini merupakan sumber zat besi yang sangat baik terutama untuk mengatasi hb rendah.

Hati bisa dibilang merupakan daging jeroan yang paling populer, karena kaya akan zat besi dan folat. Beberapa daging jeroan lain yang kaya zat besi adalah jantung, ginjal, dan lidah sapi.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan Kaya Akan Zat Besi

Foto: Stocksnap.io

Makanan berbahan dasar kacang seperti kacang merah, buncis dan dan kedelai adalah sumber zat besi yang baik untuk vegetarian. Harga yang terjangkau dan manfaatnya yang banyak bagi penderita hb rendah, bisa menjadi pilihan terbaik untuk mengatur pola hidup lebih sehat.

Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan Rambut

Itulah beberapa 4 bahan alami untuk mengatasi Hb rendah. Selemat mencoba!

(RIE/ERN)

Artikel Terkait