KEHAMILAN
27 Maret 2020

5 Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat Saat Hamil, Ayo Gunakan

Madu memiliki sifat antibakteri yang bisa atasi jerawat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Perubahan hormon selama kehamilan wajar terjadi. Dampaknya, Moms bisa mengalami beberapa perubahan pada kondisi kulit, salah satunya muncul jerawat saat hamil.

Mengutip March of Dimes, wanita yang berjerawat selama menstruasi kemungkinannya lebih besar mengalami jerawat saat hamil. Untungnya, hal ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang setelah hormon kembali normal.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil

Cara Alami Menghilangkan Jerawat Saat Hamil

Di masa kehamilan, Moms juga tidak bisa sembarang memilih skincare, karena ada beberapa bahan skincare yang berbahaya bagi kandungan. Karena itu, cara alami yang paling aman dilakukan.

Jika Moms ingin mengatasi jerawat, berikut ini cara alami menghilangkan jerawat saat hamil yang mudah dilakukan.

1. Cuka Sari Apel

cara alami menghilangkan jerawat saat hamil

Foto: Stock Photos

Campurkan cuka sari apel mentah dan air dengan perbandingan 3 banding 1. Ini akan menghasilkan toner yang kaya akan enzim alami dan asam alfa hidroksi.

Menggunakan bola kapas, rendam dengan campuran cuka sari apel yang diencerkan dan oleskan ke kulit untuk menyerap minyak.

Tetapi, hentikan perawatan dengan bahan ini jika terjadi kekeringan kulit yang berlebihan. Jangan gunakan cuka murni pada kulit, karena sangat asam dan dapat menyebabkan luka bakar.

2. Minyak Kelapa

cara alami menghilangkan jerawat saat hamil

Foto: Stock Photos

Dalam International Journal of Molecular Sciences, minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Selain itu, bahan ini juga menenangkan kulit dan sangat mudah diserap.

Moms bisa mengoleskan minyak kelapa murni sebelum tidur sebagai cara alami menghilangkan jerawat saat hamil.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kelapa bagi Bayi

3. Madu

cara alami menghilangkan jerawat saat hamil

Foto: Stock Photos

Dalam jurnal Pharmacognosy Research madu memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang juga menenangkan kulit dan dapat mengatasi jerawat saat hamil secara alami.

Untuk mengaplikasikannya, bilas terlebih dahulu wajah dengan air hangat. Lalu, oleskan madu langsung ke daerah berjerawat. Biarkan di kulit selama 20-30 menit. Bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

4. Buah Asam

cara alami menghilangkan jerawat saat hamil

Foto: Stock Photos

Asam alfa hidroksi ada dalam buah jeruk seperti lemon dan jeruk nipis. Ketika jus lemon atau jeruk nipis dioleskan ke kulit, itu membantu membuka pori-pori dan melepaskan sel-sel kulit mati.

Sifat astringen dan antibakteri dari buah asam ini menjadikan kedua buah jeruk ini efektif sebagai exfoliant.

Peras jus dari lemon atau jeruk nipis, dan oleskan langsung ke bintik-bintik dengan bola kapas. Biarkan selama 10 menit atau sampai kering, lalu bilas dengan air dingin.

Baca Juga: Tak Hanya Menyegarkan, Ini Dia Manfaat Jeruk Nipis!

5. Oatmeal dan Timun

cara alami menghilangkan jerawat saat hamil.jpg

Foto: oureverydaylife.com

Timun dan oatmeal menawarkan sifat menyejukkan dan menyejukkan bagi kulit. Kombinasi dua bahan ini dapat menjadi cara alami menghilangkan jerawat saat hamil yang ampuh dan mudah.

Masukkan 1 timun yang diiris tipis, 1/4 cangkir yogurt tawar, 2 sdm madu, 1/4-1 cangkir oatmeal ke dalam blender. Lumatkan hingga halus. Lalu masukkan ke dalam kulkas selama 5-10 menit.

Langsung oleskan ke wajah secara merata, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas wajah hingga bersih.

Itu dia Moms, cara alami menghilangkan jerawat saat hamil dengan bahan yang mudah didapatkan dan dibuat. Selamat mencoba!

Artikel Terkait