TREN
3 April 2019

4 Bahan Alternatif Pengganti MSG, Tetap Enak dan Gurih!

Kenali bahan pengganti MSG yang bisa bikin Moms memasak makanan enak sekaligus sehat
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Monosodium glutamat atau MSG telah menjadi bumbu rahasia yang mampu menjadikan segala makanan menjadi lebih gurih dan lezat.

Tapi belakangan MSG kerap dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan. Terlebih, MSG identik dengan makanan cepat saji dan makanan olahan yang memang minim gizi.

“Menggunakan MSG atau glutamat secukupnya sebenarnya tidak akan berbahaya bagi kesehatan. Tapi beberapa orang sangat sensitif dengan MSG, sehingga mereka bisa merasakan beberapa masalah kesehatan seperti sesak di dada dan pusing,” ujar Vivianna Wou, ahli nutrisi di Food Advisory Group.

Kondisi ini akhirnya memaksa para Moms untuk semakin kreatif mengolah makanan menjadi enak meski tanpa MSG. Apakah bisa? Bisa kok Moms! Yuk intip beberapa alternatif pengganti MSG yang tetap membuat masakan enak dan gurih!

1. Kaldu Sapi

Foto: epicurious.com

Bukan, ini bukan kaldu sapi bubuk yang siap pakai. Kaldu sapi bisa Moms buat sendiri dari tulang sapi yang direbus lama. Kaldu sapi dapat meningkatkan cita rasa daging dalam masakan sayuran ataupun daging.

Tulang sendiri merupakan sumber glutamat, terutama tulang sapi. Tak heran jika air kaldu yang berasal dari rebusan tulang memberikan rasa yang mirip dengan MSG.

Baca Juga:7 Rempah Ini Bisa Ditanam di Rumah, Coba Yuk!

2. Kecap Asin

Foto: sciencemeetsfood.org

Kecap asin adalah salah satu bumbu yang banyak digunakan di berbagai masakan Asia dan kini telah banyak diadopsi di makanan barat.

Kecap asin mengandung natrium dan glutamat yang tinggi. Ada dua jenis kecap, yaitu hasil fermentasi dan hasil olahan kimia yang dibuat dengan protein kedelai terhidrolisis.

Jenis kecap yang difermentasi akan memiliki glutamat alami, sedangkan jenis yang kedua mungkin akan ditambahkan MSG dalam proses pembuatannya.

Bila tak ingin menggunakan MSG dalam masakan, kecap asin adalah alternatif yang baik. Tapi Vivianna Wou mengingatkan agar kita tetap menggunakan secukupnya, karena kecap asin sangat tinggi akan sodium.

3. Keju Parmesan

Foto: janeshealthykitchen.com

Keju parmesan adalah jenis keju Italia yang sangat kaya akan glutamat. Keju sebenarnya merupakan salah satu sumber MSG alami.

Dan sama seperti MSG, keju dapat dapat memberikan rasa gurih dan enak. Keju parmesan dapat Moms manfaatkan sebagai pengganti MSG dalam hidangan Italia dan beberapa hidangan Eropa lainnya.

Baca Juga: Ini 7 Jenis Keju yang Aman Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil!

4. Pasta Tomat

Foto: minimalistbaker.com

Tomat adalah sumber glutamat alami yang baik dan memberikan rasa umami dalam saus marinara dan hidangan serupa lainnya.

Untuk memberi rasa gurih yang lebih kuat, Moms bisa gunakan pasta tomat sebagai pengganti tomat segar atau saus tomat kalengan.

Bagaimana, Moms, sudah siap memasak enak tanpa MSG?

(VAN/INT)

Artikel Terkait