TRIMESTER 1
21 November 2019

4 Alternatif Bahan Skincare Aman untuk Ibu Hamil

Tidak harus terus terpaku pada retinol!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bagi Moms yang rajin menggunakan skincare anti-aging untuk mencegah kerutan dan garis halus di wajah, harus waspada nih. Sebab, bahan utama skincare anti-aging, yakni retinol, berbahaya digunakan saat sedang hamil.

Retinol bisa menyebabkan cacat pada janin, seperti kelainan tulang belakang, otak, dan kepala. Jadi hentikan pemakaian retinol saat hamil maupun ketika menjalani program hamil.

Alternatif Bahan Skincare Aman untuk Ibu Hamil

Tapi tenang Moms, karena ada beberapa alternatif bahan skincare aman untuk ibu hamil dan janin.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil

1. Kedelai

skincare aman untuk ibu hamil

Alternatif bahan skincare aman untuk ibu hamil yang pertama adalah kedelai. Ternyata, kedelai biasa dibandingkan dengan retinoic acid (bahan yang lebih keras dibanding retinol).

Menurut penelitian di International Journal of Cosmetic Science, kedelai dan retinoic acid sama-sama meningkatkan produksi kolagen di kulit.

2. Vitamin C

skincare aman untuk ibu hamil

Alternatif bahan skincare aman untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah vitamin C. Tidak hanya pada makanan, skincare yang mengandung vitamin C juga bermanfaat bagi kulit dan aman digunakan oleh ibu hamil.

Penelitian yang diterbitkan National Center for Biotechnology Information, U.S. National Library of Medicine menyebutkan bahwa aktivitas antioksidan vitamin C menjadikannya sebagai pelindung terbaik terhadap iradiasi UV.

Penelitian lain di Complementary Therapies in Clinical Practice menyebutkan bahwa Vitamin C membantu produksi kolagen, sehingga kulit jadi tetap elastis dan lembut.

Vitamin C adalah antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan garis halus dan keriput.

Joshua Zeichner, MD, asisten profesor dermatologi di Mount Sinai Medical Center mengatakan bahwa ia selalu merekomendasikan skincare dengan vitamin C pada ibu hamil. Selain vitamin C, niacinamide dan peptides juga aman serta memiliki fungsi yang serupa bagi kulit.

Baca Juga: Flek Hitam Muncul Ketika Hamil? Ini Cara Mengatasinya

3. Kojic Acid

skincare aman untuk ibu hamil

Alternatif bahan skincare aman untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah kojic acid. Retinol bermanfaat untuk menghilangkan garis halus, mencerahkan wajah, dan mengikis sel kulit mati.

Tapi tidak perlu retinol, kojic acid juga punya manfaat yang sama, Moms.

Kojic acid merupakan ekstrak dari tanaman jamur. Kojic acid bekerja dengan cara mencegah pembentukan enzim yang menimbulkan pigmentasi, sehingga kulit tetap cerah dan tanpa noda.

4. Glycolic Acid

skincare aman untuk ibu hamil

Alternatif bahan skincare aman untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah glycolic acid. Glycolic acid membuat kulit tetap bersih dengan cara mengurangi produksi minyak berlebih dan mengeksfoliasi sel kulit mati.

Tapi Moms harus memperhatikan penggunaan glycolic acid ya.

Sebab glycolic acid dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari, jadi pastikan untuk selalu menggunakan sunscreen.

“Saya biasa menyarankan pasien untuk menggunakan glycolic acid atau oleic acid untuk mengatasi jerawat. Kalau mereka memakai retinol karena manfaat anti-aging, lebih baik gunakan sunscreen, karena sunscreen adalah perawatan anti-aging yang paling efektif,” jelas Dr. Roni Munk, dermatolog dari MunkMD.

Baca Juga: 6 Penyebab Gatal-gatal pada Ibu Hamil

Itulah beberapa alternatif bahan skincare aman untuk ibu hamil. Nah, ternyata Moms tidak perlu terpaku pada retinol untuk menyelesaikan masalah kulit, sebab banyak alternatif bahan skincare aman untuk ibu hamil.

Sebelum melakukan perawatan kulit, ada baiknya Moms berkonsultasi pada dokter kandungan ya. Pastikan semuanya aman!

Artikel Terkait