FASHION & BEAUTY
16 Agustus 2019

4 Bahan Skincare Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam di wajah seringkali membuat kita kurang percaya diri
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kemunculan flek hitam di wajah merupakan salah satu masalah yang mengganggu penampilan seseorang.

Akibatnya beberapa orang akan merasa tidak percaya diri dengan adanya flek hitam di wajah, padahal wajah merupakah anggota tubuh yang tentunya menjadi pusat perhatian.

Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah

Cara menghilangkan flek hitam

Munculnya flek hitam terjadi karena beberapa faktor. Menurut Khalil Khatiri, M.D., ahli bedah laser kosmetik di Skin and Laser Surgery Center, di New England, flek hitam dan perubahan warna yang muncul disebabkan meningkatnya produksi melanin.

Seperti yang dilansir di Verywell Health, biasanya perubahan warna tersebut muncul setelah terpapar langsung sinar matahari atau sinar ultra violet (UV). Melanin merupakan pigmen penting yang memengaruhi warna kulit, mata, dan rambut manusia.

Peningkatan melanin ini juga berkaitan dengan faktor genetik. Bagian kulit yang memiliki melanin cukup tinggi akan merubah warnanya menjadi lebih gelap.

Warnanya memang tidak selalu hitam, kadang kemerahan, kekuning-kuningan, kecoklatan. Hal terseburt tergantung pigmen kulit seseorang.

Baca Juga: 6 Produk Skincare yang Bisa Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Ketidakseimbangan hormonal seseorang juga dapat menjadi salah satu faktor munculnya flek hitam. Bintik-bintik hitam yang muncul di permukaan wajah akan muncul juga karena pertambahan usia.

Seiring umurnya bertambah, kulit tidak dapt mereproduksi sel-sel baru seperti saat muda.

Faktor lain yang memunculkan flek hitam adalah kerusakan hati. Flek hitam muncul sebagai tanda kerusakan hati, dimana tubuh tidak mampu mengeluarkan racun dari sel-selnya.

Bahan Skincare untuk Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Ada banyak cara menghilangkan flek hitam pada wajah. Tidak melulu dengan cara modern, cara alami akan lebih baik digunakan untuk mengurangi efek samping dari bahan-bahan kimia yang terkandung.

Berikut cara-cara alami menghilangkan flek hitam yang membandel:

1. Kunyit

cara menghiklangkan flek hitam kunyit

Kunyit merupakan bahan yang sudah banyak digunakan untuk obat herbal dan perawatan kecantikan, salah satunya menghilangkan flek hitam akibat paparan sinar matahari atau ultraviolet.

Kunyit mampu memperbaiki radikal bebas, mengurangi pigmentasi kulit, dan mencerahkan kulit. Tak salah jika banyak skincare yang terbuat dari bahan ini.

Cara alami membuat masker untuk menghilangkan flek hitam menggunakan kunyit adalah mencampurkan 2 sendok teh kunyit, susu, dan perasan air lemon.

Setelah selesai mencampurkan semua bahan, oleskan ke area kulit yang terdapat flek hitam, biarkan beberapa menit, dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 7 Masker Wajah Alami dari Alpukat untuk Kulit Sehat Bersinar

2. Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Lidah buaya merupakan bahan alami yang banyak digunakan untuk bahan makanan, minuman, obat-obatan, hingga perawatan kecantikan.

Bahan alami yang baik untuk menghilangkan flek hitam pada wajah dan menyembuhkan luka.

Kandungan polisakarida dalam gelnya dapat merangsang pertumbuhan sel baru.

Gunakan gel lidah buaya yang segar untuk dioleskan ke area yang terdapat bintik-bintik hitam.

Pijat perlahan dengan jari, diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat. Perawatan dengan lidah buaya dapat dilakukan 1 sampai 2 kali dalam sehari.

3. Pepaya

cara menghilangkan flek hitam pepaya

Buah pepaya menganung papain, enzim yang mampu mengangkat sel kulit mati, membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam pada wajah.

Pepaya memiliki sifat pembersihan yang membantu membersihkan kulit dari kotoran dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Pepaya dapat dijadikan masker yang dioleskan pada bagian kulit yang memiliki flek hitam. Pepaya dapat dijadikan seperti bubur dahulu.

Setelah dioleskan, diamkan sekitar 20 menit dan bilas dengan air bersih. Perawatan dengan menggunakan pepaya ini dapat dilakukan 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Adapun cara lain, dengan menggunakan parutan pepaya hijau dengan campuran jeruk nipis yang dioleskan dan didiamkan selama 15 menit.

Baca Juga: 3 DIY Masker Alami untuk Menghilangkan Komedo

4. Jus Lemon

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Jus lemon mengandung vitamin c yang mampu menghilangkan bintik-bintik hitam di wajah.

Gunakan jus lemon dengan kapas, kemudian gosokan pada bagian yang memiliki flek hitam. lemon bisa dicampurkan dengan air mawar atau madu untuk kulit yang sensitif.

Biarkan sampai mengering dan bilas. Perawatan ini dapat dilakukan selama seminggu untuk hasil yang lebih baik.

Hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan lemon adalah kulit tidak sedang memiliki luka dan tidak membiarkan kulit terkena sinar matahari secara langsung, karena akan terjadi fotosenitif.

Bahan-bahan alami akan membantu menghilangkan flek hitam dengan menggunakannya sesuai aturan juga digunakan secara tepat.

(PSF/ERW)

Artikel Terkait