BAYI
26 Maret 2020

5 Bahan Skincare Berbahaya untuk Bayi Kulit Sensitif, Yuk Hindari!

Yuk, cari tahu beberapa bahan skincare yang bisa memicu alergi pada kulit bayi!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Indah
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mempersiapkan kebutuhan bayi baru lahir memang sangat seru, ya, Moms. Apalagi sekarang ini banyak sekali aneka jenis produk-produk skincare untuk bayi. Mulai dari sabun mandi sampai sunscreen untuk bayi pun ada tersedia dan dengan mudah bisa kita dapatkan.

Namun, sebagai orang tua kita mesti bijak dalam memilih berbagai produk-produk skincare untuk bayi. Kita harus mengenal berbagai jenis-jenis bahan yang terkandung dalam skincare untuk bayi, karena salah-salah bisa menyebabkan alergi pada anak.

Apalagi, jika Moms memiliki riwayat alergi akan besar kemungkinan anak juga memiliki alergi juga. Alergi akan membuat kulit anak menjadi sangat sensitif, oleh karena itu amat penting untuk mengetahui bahan-bahan yang sebaiknya mom hindari untuk menjaga kulit sensitif bayi.

Baca Juga: Ketahui Masa Kedaluwarsa Skincare Bayi

Bahan Skincare Berbahaya untuk Bayi Kulit Sensitif

Bayi sebenarnya tidak memerlukan banyak skincare. Menurut Kate Püttgen, M.D., seorang pakar dermatologis dari Johns Hopkin's Children Centre, aturan dasar dalam memberikan dan memilih skincare untuk anak adalah less is more dan bland and simple.

Kita tidak memerlukan memberikan skincare anak secara berlebih dan sesering mungkin, karena dikhawatirkan minyak alami dari kulit akan terbuang sehingga menyebabkan produksi minyak akan berlebih atau justru akan sebaliknya menjadi semakin kering.

Selain itu, carilah produk skincare dengan bahan seminimal mungkin (bland and simple). Dikutip dari Women's Voices for The Earth, ada beberapa bahan skincare berbahaya untuk bayi, terutama yang memiliki kulit sensitif.

Apa saja? Berikut ulasannya.

1. SLS

4 Cara Aman Mandi Bubble Bath untuk Anak

Photo: Orami Photo Stock

Bahan skincare berbahaya untuk bayi kulit sensitif yang pertama adalah SLS. SLS atau Sodium Lauryl Sulfate dan turunannya seperti SLES, sodium dodecyl sulfate, sodium PEG lauryl sulfate, merupakan bahan sintetis yang banyak digunakan sebagai bahan dasar shampo atau sabun.

Sifatnya yang mampu menghasilkan banyak busa mampu membersihkan apa saja menjadi lebih mudah, selain itu SLS juga murah. Namun, bagi penderita kulit sensitif SLS bisa mengiritasi kulit karena cenderung mengangkat semua minyak alami dalam kulit dan membuat kulit cenderung menjadi sangat kering.

Untuk itu, pada bayi yang kulitnya masih amat sangat sensitif, hindarilah produk yang mengandung SLS sebagai bahan dasarnya.

2. Pewangi Sintetis

top image rahasia parfum tahan seharian

Photo: Orami Photo Stock

Bahan skincare berbahaya untuk bayi kulit sensitif yang selanjutnya adalah pewangi sintetis. Pasti gemas kalau produk bayi tidak wangi bayi dan kurang afdol kalau bayi tidak wangi selayaknya wangi bayi yang banyak terkandung pada produk skincare.

Namun, pewangi sintetis yang banyak terdapat di produk bayi rupanya bisa berbahaya bagi kesehatan, yakni bisa menganggu sistem pernapasan serta merupakan salah satu alergen berbahaya untuk kulit bayi sensitif.

Penderita eksim dianjurkan untuk menghindari produk yang mengandung pewangi karena bisa membuat eksim semakin parah.

Baca Juga: Phenoxyethanol pada Skincare, Pengganti Paraben yang Aman untuk Kulit Bayi

3. Paraben

bahaya-pewarna-pada-skincare-bayi-Hero.jpg

Photo: Orami Photo Stock

Bahan skincare berbahaya untuk bayikulit sensitif yang selanjutnya adalah paraben. Paraben merupakan bahan yang sifatnya mengawetkan suatu produk. Produk berparaben cenderung lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Namun, paraben bisa mengiritasi kulit bayi yang sensitif. Selain itu paraben juga dikaitkan dengan penyebab masalah hormon juga memicu kanker.

4. Mineral Oil

4 Rekomendasi Baby Oil Alami untuk Bayi

Photo: Orami Photo Stock

Bahan skincare berbahaya untuk bayi kulit sensitif yang selanjutnya adalah mineral oil. Mineral oil banyak dipakai untuk berbagai produk kecantikan yang berfungsi melembapkan seperti krim, pelembab, juga baby oil. Pada produk bayi, mineral oil banyak dijumpai pada krim popok, baby oil, lotion dan juga tisu basah.

Mineral oil banyak digunakan sebagai bahan dasar kosmetik karena murah dan juga sifatnya yang melembabkan. Namun, mineral oil ternyata punya dampak buruk jika terlalu banyak dan sering digunakan, karena mineral oil itu sifatnya melapisi kulit sehingga bisa memblokir pori-pori dan menghalangi minyak alami kulit berproduksi dan kulit tidak bisa bernafas.

Kotoran dan minyak yang terendap di kulit bisa membuat kulit mengalami berbagai masalah, seperti jerawat pada orang dewasa. Pada bayi bisa terjadi ruam, gatal, serta eksim.

5. Pewarna Sintetis

pewarna pada skincare

Photo: Orami Photo Stock

Bahan skincare berbahaya untuk bayi kulit sensitif yang selanjutnya adalah pewarna sintetis. Produk bayi yang mengandung pewarna tentu tampak lebih menarik, namun pewarna sintetis cukup berbahaya bagi penderita kulit sensitif karena sama hal nya dengan pewangi sintetis, pewarna sintetis juga merupakan salah satu pemicu alergi (alergen).

Pewarna sintetis ini biasanya mengandung logam berat dan juga bersifat carcinogenic atau berpotensi untuk menyebabkan kanker.

Baca Juga: 4 Produk Skincare Bayi untuk Traveling, Jangan sampai Ketinggalan!

Nah, itulah beberapa bahan skincare berbahaya untuk bayi, terutama yang berkulit sensitif. Mulai sekarang, yuk hindari bahan-bahan berbahaya tersebut, Moms!

Artikel Terkait