FASHION & BEAUTY
19 Juni 2019

Kulit Kering? Coba 5 Bahan Skincare yang Melembapkan Ini!

Ini daftar bahan yang tepat untuk lembapkan kulit kering
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Bila Moms lelah menggunakan pelembap yang membuat kulit terasa kering atau kencang, atau mencuci wajah dengan produknya yang menghilangkan kelembapan, bisa jadi bahan yang dipilih tidak tepat.

Hanya karena produk diberi label "cocok untuk kulit kering", bukan berarti produk tersebut memberi perawatan yang dibutuhkan kulit untuk menyembuhkan dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Karenanya, penting mengetahui jenis bahan yang bisa melembapkan dan menutrisi kulit kering. Berikut bahan-bahan skincare untuk kulit kering yang harus Moms coba!

Baca Juga: 5 Penyebab Kulit Kering yang Sering Tidak Kita Sadari

1. Asam Glikolat

kulit kering.jpg

Asam glikolat merupakan salah satu bahan skincare untuk kulit kering yang direkomendasikan.

Dr. Melda Isaac, ahli dermatologi bersertifikat yang berbasis di Washington, D.C., mengatakan, "Glikol memiliki kemampuan untuk masuk ke dalam folikel rambut dan melonggarkan sebum dan protein yang terkandung di dalamnya yang dapat menyebabkan komedo dan jerawat," dikutip dari Huffington Post.

Ia menambahkan, sifat pengelupasan asam glikolat membuatnya bagus untuk menyiapkan kulit ketika hendak diberi produk perawatan kulit lainnya.

"Anda akan mendapatkan penyerapan obat jerawat lain yang lebih baik, seperti retinol, dan produk anti-penuaan dan antioksidan lainnya, seperti vitamin C," jelasnya.

2. Lidah Buaya

lidah buaya

Lidah buaya paling umum digunakan untuk mengobati kulit terbakar, tetapi juga dapat digunakan untuk melembapkan kulit kering.

Saat ini sudah banyak produk skincare untuk kulit kering yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya.

Lidah buaya juga cenderung meresap dengan cepat, bahkan dalam bentuk alami, dan sangat ideal untuk kulit sensitif.

"Lidah buaya dikenal karena sifat penyembuhan dan pengobatannya. Batangnya menyimpan air, menciptakan zat seperti gel di daun, mengandung vitamin, antioksidan, mineral, dan asam amino," kata Joel Schlessinger, MD, dokter kulit dan ahli bedah kosmetik bersertifikat yang berbasis di Omaha, dikutip dari Prevention.

Penelitian dari Indian Journal of Dermatology menyebutkan, gel dari lidah buaya telah digunakan sepanjang sejarah untuk mengobati berbagai kondisi kulit, seperti luka bakar, radang dingin, psoriasis, dan cold sore (lepuhan-lepuhan kecil dan menyakitkan, timbul di sekitar mulut, muka atau hidung).

Karena itu, lidah buaya dapat membantu mengurangi kemerahan dan menenangkan iritasi, juga aman untuk kulit berjerawat atau kulit sensitif.

Baca Juga: 3 Cara Alami untuk Atasi Kulit Kaki Kering dan Pecah-Pecah

3. Asam Laktat

Bahan Skincare yang Cocok Untuk Melembapkan Kulit Kering

Jika Moms memiliki kulit yang sensitif, cari produk perawatan kulit dengan asam laktat/lactic acid. Banyak pelembap yang mengandung asam laktat karena efektif dalam meringankan gejala kulit sensitif.

"Asam laktat adalah bagian dari kelompok asam Hydroxy Alpha (AHA), ini adalah exfoliant yang bekerja dengan menghancurkan dan melarutkan struktur sel kulit mati tanpa menyebabkan sensitivitas pada kulit," jelas Emma Hobson, Manajer Pendidikan untuk Dermalogica dan International Dermal Institute, mengutip Harper's Bazaar.

"Ketika diterapkan pada kulit, asam laktat merangsang pengelupasan kulit kusam, kulit kasar dan meningkatkan pembaruan sel dengan meningkatkan tingkat pergantian sel di lapisan epidermis kulit. Sehingga Anda memiliki sel kulit yang lebih muda dan lebih tebal," ungkap Hobson.

Moms akan sering melihat bahan ini dalam skincare untuk kulit kering dan anti-penuaan. Asam laktat bisa mengunci kelembapan dan mengembalikan kekenyalan pada kulit, juga mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan.

4. Urea

Bahan Skincare yang Cocok Untuk Melembapkan Kulit Kering

Urea adalah salah satu bahan khusus yang tidak banyak diketahui, mengutip WebMD, urea digunakan untuk mengobati kondisi kulit kering seperti eksim, psoriasis, dan beberapa masalah kuku, misalnya kuku yang tumbuh ke dalam.

Urea juga dapat membantu menghilangkan jaringan mati dalam beberapa luka untuk membantu penyembuhan luka.

Urea dikenal sebagai keratolitik, yang artinya meningkatkan kelembapan di kulit dengan melembutkan/melarutkan keratin yang menyatukan lapisan atas sel-sel kulit.

Efek ini membantu sel-sel kulit mati rontok dan membantu kulit menyimpan lebih banyak air, sehingga kulit tetap terhidrasi. Pilih produk perawatan yang mengandung urea membantu mengembalikan kelembapan kulit.

Baca Juga: Tidak Cuma Dari Dedaunan, 5 Teh Bunga Ini Juga Lezat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan

5. Teh Hijau

1 tehhijau

Bahan skincare untuk kulit berikutnya adalah teh hijau. Teh tidak hanya memiliki rasa yang luar biasa, tetapi juga memberikan sensasi relaksasi bagi kulit kering yang terasa seperti ditarik.

Kandungan teh pada produk memiliki antioksidan kuat, tetapi tidak menyebabkan iritasi dan membantu meremajakan kulit.

Menurut penelitian dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology dengan judul Practical Uses of Botanicals in Skin Care, teh hijau punya efek anti-penuaan bila digunakan secara topikal, yang dapat mengurangi peradangan dan melindungi terhadap radikal bebas.

Mengutip dari Dermstore, teh hijau dikenal untuk memperlambat proses penuaan. Selain itu, teh lain seperti teh putih, merah dan hitam kaya akan komponen anti-penuaan yang memerangi peradangan.

Saat Moms hendak membeli produk perawatan kulit, pastikan membaca label dengan seksama untuk memastikan kulit wajah mendapatkan bahan yang dibutuhkan.

Produk-produk skincare untuk kulit kering bisa memiliki lebih dari satu bahan-bahan di atas ini, atau Moms dapat mencampur beberapa produk sendiri.

Seperti menggabungkan pembersih dan lotion yang mengandung bahan-bahan berbeda, sehingga memberikan lebih banyak daya penyembuhan dan perlindungan bagi kulit kering.

Artikel Terkait