PROGRAM HAMIL
2 Desember 2019

Ketahui 4 Bahan Skincare yang Aman Saat Program Hamil

Bahan alternatif ini punya efek yang dapat merawat kulit dengan optimal
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Dalam merencanakan program kehamilan, Moms tidak hanya perlu memerhatikan asupan makanan dan pola hidup sehat, tetapi juga dalam merawat kulit.

Ada bahan skincare yang aman saat program hamil yang disarankan untuk digunakan jika Moms ingin memiliki kulit yang terawat tanpa membahayakan tubuh.

Sebelum menggunakan bahan-bahan skincare berikut ini, ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter kulit dan kandungan terlebih dahulu.

"Dapatkan rekomendasi skincare dari dokter kulit Anda dan periksa dengan dokter kandungan sebelum melakukan program kehamilan, atau segera setelah tahu Anda hamil," terang dokter kulit Dr. Jennifer MacGregor dari Union Square Dermatology, mengutip New York Magazine.

Bahan Skincare Aman Saat Program Hamil

Berikut ini bahan skincare aman saat program hamil yang bisa masuk ke dalam rejimen perawatan kulit harian.

1. Seng Oksida/Titanium Dioksida

bahan skincare yang aman saat program hamil-1

Sunscreen digunakan untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Namun, selama program kehamilan, disarankan Moms menggunakan sunscreen mineral.

"Tabir surya kimia diperdebatkan, apakah penyerapan produk pada kulit dapat memengaruhi perkembangan janin," jelas dermatologis Shereene Idriss, MD, mengutip Refinery29.

Lebih lanjut, ia menjelaskan rekomendasi bahan skincare aman saat program hamil untuk sunscreen yaitu seng oksida atau titanium dioksida.

Baca Juga: 4 Produk Skincare yang Sebaiknya Tidak Digunakan Saat Hamil

2. Vitamin C

bahan skincare yang aman saat program hamil-2.jpg

Moms mungkin memiliki produk anti-penuaan, yang sayangnya mayoritas produk anti-penuaan terbuat dari retinoid yang dianggap berbahaya.

Dalam jurnal Canadian Family Physician, disebutkan bahwa setidaknya ada 4 laporan kasus yang dipublikasikan tentang cacat lahir terkait dengan penggunaan tretinoin topikal, yang merupakan bagian dari embriopati retinoid.

Sebagai alternatif bahan skincare aman saat program hamil, Moms dapat menggunakan produk anti-penuaan dengan kandungan vitamin C.

"Cari serum dengan bahan-bahan alami seperti vitamin C dan enzim buah, yang akan membantu memudarkan bintik-bintik wajah," jelas Dr. Idriss.

Tetapi, pada beberapa wanita dengan kulit sensitif, penggunaan vitamin C dapat mengiritasi kulit. Jadi, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya ya, Moms.

Baca Juga: 5 Jenis Vitamin pada Skincare dan Manfaatnya

3. Azelaic Acid

bahan skincare yang aman saat program hamil-3.jpg

Bagi Moms yang ingin merawat kulit berjerawat, penggunaan salicylic acid mungkin akan dihentikan sementara waktu saat program kehamilan.

Untuk alternatifnya, Moms dapat menggunakan azelaic acid yang lebih aman digunakan.

Mengutip Irish Tatler, asam azelaic bekerja dengan membunuh bakteri yang ditemukan di pori-pori dan juga mengurangi produksi keratin. Biasanya produk ini diresepkan oleh dokter dengan nama "finacea."

Baca Juga: Salicylic Acid untuk Ibu Hamil, Aman atau Tidak ya?

4. Bakuchiol

bahan skincare yang aman saat program hamil-4.jpeg

Bahan skincare aman saat program hamil lain yang dapat digunakan sebagai anti-penuaan kulit adalah bakuchiol.

Bahan ini akan memberikan efek pencerah yang serupa dengan penggunaan retinol. Bakuchiol berasal dari tumbuhan yang meniru cara kerja retinol dan lebih aman digunakan.

Dalam British Journal of Dermatology, studi menemukan bahwa baik bakuchiol dan retinol secara signifikan mengurangi keriput dan hiperpigmentasi.

Itu dia empat bahan skincare aman saat program hamil yang dapat menjadi alternatif agar Moms tetap dapat merawat kulit dengan maksimal.

Artikel Terkait