3-12 BULAN
3 November 2019

4 Bahan Skincare yang Baik untuk Kulit Bayi

Skincare yang terbuat dari bahan alami, memiliki risiko iritasi lebih kecil
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Mampu merawat dan membesarkan bayi kita merupakan salah satu pengalaman paling berkesan dan memuaskan yang pasti akan dirasakan oleh orang tua! Kita tahu bahwa saat merawat bayi, Moms ingin merawat Si Kecil dengan cara terbaik.

Namun, dengan banyak produk perawatan kulit di pasaran yang mengandung wewangian sintetis dan bahan-bahan yang berpotensi berbahaya, bayi dapat mengalami reaksi yang tidak berbahaya, termasuk iritasi kulit, ruam, masalah pernapasan, dan banyak lagi.

Untungnya, bahan perawatan kulit alami tersedia banyak dipasaran dan memberikan cara yang mudah dan efektif untuk melindungi kulit buah hati kita.

Lalu apa saja bahan skincare untuk bayi yang baik? Berikut bahan-bahan yang bisa Moms coba.

Baca Juga: 4 Cara Tepat Merawat Kulit Bayi

Aloe Vera

aloe-vera-leaves-beauty-treatment_23-2148173833.jpg

Dilansir dari Baby Center, bahan skincare untuk bayi yang baik salah satunya adalah tanaman lidah buaya, karena mengandung gel alami yang membantu merawat berbagai kondisi medis kulit, saluran pencernaan, dan banyak lagi. Lidah buaya juga merupakan bahan skincare yang aman untuk kulit bayi.

Lidah buaya sangat efektif dalam memerangi ruam pada bayi. Ruam ini dapat membakar kulit bayi dengan bercak merah yang gatal.

Alergi dan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga dapat menyebabkan masalah kulit seperti eksim dan memperburuk iritasi kulit Si Kecil. Gunakan gel lidah buaya pada kulit bayi kita untuk menenangkan iritasi tanpa efek samping.

Coba pakai gel lidah buaya juga untuk merawat luka kecil, luka bakar, dan memar pada kulit anak. Bahan ini juga dapat menenangkan gatal-gatal pada bayi yang disebabkan oleh gigitan nyamuk atau serangga.

Minyak Alpukat

Bahan skincare untuk bayi

Minyak alpukat, yang kaya akan vitamin E, bisa digunakan sebagai bahan skincare untuk bayi yang baik bagi kulit, dan berjemur. Ini adalah minyak bermanfaat yang memperkuat penghalang kulit.

Produk-produk yang mengandung minyak alpukat, akan dengan mudah diserap ke dalam kulit Si Kecil, menciptakan pengalaman pijatan yang sangat menenangkan dan menghibur bagi kulit bayi.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Cara Tepat Merawat Kulit Bayi dengan Dermatitis Atopik

Lilin lebah (Beeswax)

Bahan skincare untuk bayi

Lilin lebah adalah bahan skincare untuk bayi yang biasa berupa salep alami yang membantu menenangkan kulit yang mudah teriritasi.

Mungkin orang tua khawatir apakah aman jika lilin lebah digunakan sebagai bahan produk. Tetapi dalam bentuk perawatan kulit bayi, lilin lebah 100% aman untuk bayi.

Minyak Zaitun

Bahan skincare untuk bayi

Dilansir dari Baby Bare Organics, minyak zaitun adalah pelembut alami, atau pelembut kulit, yang mengandung beberapa asam lemak esensial yang dibutuhkan kulit kita termasuk asam oleat, palmitat, dan linoleat.

Bahan skincare untuk bayi Ini juga merupakan pembangkit antioksidan yang kaya akan vitamin E serta polifenol dan fitosterol.

Antioksidan ini membantu memulihkan kulit agar tetap halus & kenyal, menenangkan iritasi, dan memberikan manfaat anti-penuaan.

Baca Juga: 5 Masalah Kulit Bayi Baru Lahir yang Umum Terjadi

Itu dia Moms beberapa bahan skincare untuk bayi yang baik bagi perawatan kulit Si Kecil. Jika Moms membeli produk anak, jangan lupa perhatikan bahan-bahan ini ya.

Artikel Terkait